Tuesday, May 24

5 Jenis Pastry Populer yang Enak dan Banyak Disukai

Pastry merupakan istilah yang memiliki banyak arti. Pastry bisa saja mengacu pada jenis adonan kue untuk membuat pai, quiche, dan kue tar. Selain itu, pastry juga termasuk dalam kategori kue yang dipanggang dan terbuat dari tepung terigu, gula, susu, lemak, mentega, serta bubuk pengembang dan telur. 

Pastry memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Ada berbagai macam jenis pastry yang banyak disukai, buat Kamu yang belum mengetahuinya berikut 5 jenis pastry yang wajib kamu kenali.

Perbedaan Pastry dan Bakery

Kedua jenis kue ini cukup mirip dan membuat banyak orang tidak dapat membedakannya. Kita bahas yuk perbedaan pastry dan bakery. Pastry berasal dari bahasa Perancis yang berarti kue, sedangkan bakery merupakan bagian dari pastry. Bakery memiliki pengertian dibakar atau dipanggang, artinya bakery harus melalui proses pemanggangan. 

Dari segi bahan, pastry terdiri dari margarin, tepung, gula, darn air sedangkan bakery terdiri dari telur, tepung, gula, susu, garam, dan lemak. Setelah mengetahui perbedaannya, yuk ketahui jenis-jenis pastry.

Jenis-Jenis Pastry

1. Pastry

Croissant Pastry
Pastry (Sumber: Pixabay)

Bagi kamu yang senang sekali berkunjung ke coffee shop, jenis pastry ini mungkin tidak asing dan banyak ditemukan. pastry banyak dikonsumsi sebagai makanan pendamping dengan teh atau di pagi hari.

Terbuat dari dan lemak, membuat rasanya sangat gurih dan nikmat. Bentuk pastry yang banyak ditemui di toko ataupun di coffee shop adalah berbentuk bulan sabit. Apakah pastry ini salah satu favorit kamu?

Baca Juga:  Tips Aman Menyimpan Tepung Agar Tahan Lama

2. Danish Pastry

Danish Pastry
Danish Pastry (Sumber: Pixabay)

Pembuatan danish pastry sangat mirip dengan croissant dengan waktu pengerjaan yang lebih lama. Adonan dari danish pastry tersebut dari ragi yang membuat adonan nya semakin mengembang dan lembut.

3. Short Pastry

Short Pastry
Short Pastry (Sumber: Pixabay)

Pastry dengan potongan buah-buahan ini paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dengan sedikit asam dari buah-buahan terasa sangat sempurna. Dibandingkan dengan pastry yang lain, kandangan short pastry ini lumayan lebih tinggi dibandingkan dengan pastry lain. Jadi bagi penggemar jenis ini, jangan terlalu ketagihan ya!

4. Puff Pastry

Puff Pastry
Puff Pastry (Sumber: Pixabay)

Dibalik etalase coffee shop dan bakery maka pastry ini akan mata siapapun untuk melihat dan memakannya. Pastry jenis ini terbuat dari terigu dan lemak yang renyah. Pastry ini dibuat dengan cara dipanggang, rasa yang dihasilkan sangat manis dan sedikit asin. Sangat lezat jika ditemani teh ataupun kopi.

5.Choux Pastry

Choux Pastry
Choux Pastry (Sumber: Pixabay)

 

Jenis pastry yang satu ini mungkin lebih dikenal sebagai kue sus dibandingkan choux pastry. Berbeda dengan pastry yang lain, choux pastry dibuat dengan cara dimasak di panci tanpa dilipat atau digiling. Cara memasak chouc pastry sangat mudah kok, yakni masak dan air hingga meleleh lalu tambahkan tepung terigu. Aduk sampai bahan tercampur rata dan bentuk. Tekstur dari pastry ini sangat lembut dengan isian krim yang sangat nikmat.

 

Semua jenis pastry memiliki rasa yang sangat nikmat dan lezat. Jika kamu hanya menyukai salah satu jenis pastry dan belum mencoba jenis yang lain seperti harus pertimbangkan untuk mencobanya karena semuanya rasanya tidak akan mengecewakan. Selamat mencoba!

A communication student who likes talking and writing.
Siti Haliza
Latest posts by Siti Haliza (see all)
Baca Juga:  Jangan Salah, Ini Perbedaan Pastry dan Bakery yang Harus Kamu Ketahui

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^