Cupcake dan Muffin, Bedanya Apa ya? Yuk, Cari Tahu!

Muffin dan cupcake merupakan dua jenis kue lezat yang banyak disukai berbagai kalangan. Kedua jenis kue ini sekilas miris, dan terlihat tidak memiliki perbedaan. Kedua kue ini hadir untuk menjadi makanan penutup atau dessert pada acara tertentu ataupun sekadar menjadi cemilan yang nikmat. Meskipun terlihat mirip, ternyata kedua jenis kue ini berbeda loh.  Apa perbedaan cupcake dan muffin? Ayo, kita cari tahu. 

Sejarah Pembuatan Cupcake

Cupcakes
Cupcakes (Sumber: Pixabay)

Cupcake merupakan kue dengan ukuran kecil yang dilapisi kertas dan terkadang disebut sebagai kue cangkir. Kue ini pertama kali hadir di Amerika dan merupakan referensi untuk kue yang dibakar dalam ukuran kecil. 

Dalam buku Recipes karangan E. Leslie, cupcake pada waktu itu dibuat dengan cara menggunakan cangkir untuk mengukur bahan-bahannya. Alat pemanggang yang digunakan untuk membuat cupcake adalah tungku tradisional yang membuatnya lama ketika dimasak. Permasalahan ini kemudian membuat cupcake dicetak pada cangkir agar mempersingkat waktu memasaknya. 

Biasanya cupcake akan disajikan dengan berbagai toping dan cream yang membuatnya memukau dan menarik mata. Perlu diketahui, untuk menghias cupcake dibutuhkan keahlian khusus agar hasilnya menjadi cantik dan sempurna.  Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cupcake adalah tepung terigu, gula, dan mentega. 

Baca Juga:  Ketahui Cara menyimpan Susu Yang Benar

Lalu, Apa Perbedaan Cupcake dengan Muffin?

Perbedaan muffin dan cupcake
Kue muffin dengan choco chips (Sumber: Pixabay)

Hampir mirip dengan cupcake, ukuran kue muffin juga berukuran kecil. Gaya khas penampilan muffin terlihat pada bentuk yang terlihat berbeda. 

Proses pembuatan cupcake dan muffin juga mengandung bahan yang berbeda. Jika cupcake menggunakan bahan layaknya kue pada umumnya, muffin menggunakan bahan dasar tepung gandum, minyak sayur, dan tambahan buah-buahan yang membuat kue ini menjadi lebih sehat dibandingkan cupcake yang sangat tinggi gula. 

Bahan yang berbeda akan menghasilkan tekstur yang berbeda. Cupcake menggunakan mentega, hal ini membuat teksturnya menjadi lembut di lidah sedangkan muffin memiliki tekstur yang cukup padat. 

Pada proses pembuatannya kedua kue ini menggunakan teknik yang berbeda. Cupcake menggunakan metode creaming yakni mengocok lemak pada bersamaan dengan gula. Hal ini menghasilkan kue yang lembut. Berbeda dengan muffin, teknik yang digunakan adalah metode blending yakni mencampurkan adonan dari mentega yang dilarutkan dengan gula lalu dituangkan pada tepung. 

Alat yang dibutuhkan pun cukup berbeda, pengolahan adonan muffin cukup menggunakan spatula, sedangkan membuat cupcake harus menggunakan mixer. 

Baca Juga:  Tips Sederhana Mengubah Resep Kue Sesuai Kebutuhan

Nah itu tadi perbedaan muffin dan cupcake. Kemungkinan besar sih Kamu pasti sudah mencoba kedua jenis kue tersebut. Menurut Kamu, diantara cupcakes atau muffin, mana yang paling paling Kamu suka?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya