Resep Lapis Legit

Artikel ini bagian 1 dari 5 artikel dalam seri Lapis Legit

Lapis legit adalah kue yang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya. Lapis legit ini aku buat dengan oven listrik. Setelah 3 kali uji coba, akhirnya berhasil juga menaklukkan Lapis Legit ini.

Resep ini aku modifikasi sedikit dari resepnya Hadi Tuwendi dan setiap praktek aku cuma pakai setengah resep. Dan hasilnya ada putih telur dari 90 butir telur tersimpan di freezer kulkas. Udah dibuat lidah kucing, macaroons, brownies putih telur, dikukus, pepe lapis, huaaah masih banyaakk!! Aku dah sampe mati gaya mo diapain lagi tuh putih telur yang masih tersisa! Ada ide??

Ingredients:
700 gr butter (lebih baik menggunakan butter kalengan)
900 gr kuning telur (kurang lebih dari 60 butir )
430 gr gula halus
50 gr susu bubuk full cream
60 gr terigu
3 sdm susu kental manis
1 sdt bumbu spekoek
1 gr garam
1 sdt vanilla essence (Flavour) — aku tidak pakai
2 sdt pewarna kuning (egg colour yellow) – tidak pakai
Kenari/almond slice (untuk taburan) — tidak pakai

How-to:

Campur butter dengan garam, kocok dengan kecepatan sedang, lalu tambahkan susu kental manis, kocok sampai kental, sisihkan. Di tempat terpisah, kocok kuning telur dan gula halus sampai adonan kental dan mengembang, sisihkan. Di tempat lain, campur semua bahan kering (terigu, spekuk dan susu bubuk).

Setelah itu campur kocokan kuning telur ke kocokan butter, secara bertahap dan berselang-seling dengan memasukkan bahan kering. Kocok rata dengan mixer kecepatan rendah.

Siapkan loyang 20x20x7cm (kalau pakai setengah resep) atau loyang 22x22x8cm (kalau satu resep). Loyang dialasi kertas roti dan dioles mentega tipis-tipis.

Gunakan satu sendok untuk memasukkan adonan. Aku biasanya menggunakan cup pengukur (measurement cup) ukuran 1/4 cup untuk tiap lapisnya.

Untuk 2-3 lapis pertama, hidupkan api atas dan bawah (ini kalau pakai oven listrik kayak punyaku ya). Karena oven listrikku itu panasnya kurang rata, sehingga ketika memanggang lapisan pertama tanpa menghidupkan api atas, niscaya permukaannya tak kunjung mengering.

Setelah 3 lapis, matikan api bawah dan teruskan perjuanganmu (hihihi) memanggang selapis demi selapis adonan lapis legit sampai habis semua adonannya. Setelah habis, hidupkan api bawah dan panggang lagi selama 10 menit. Ohya, kalau permukaan lapis legitnya sudah mengering di tahap ini, tutupi dengan aluminium foil ya, supaya tidak gosong.

Selamat berjuang, eh mencoba :D Aku kumpulkan tips sukses Lapis Legit berdasarkan pengalamanku dan nasihat serta masukan dari pakars, tips sukses lapis legit bisa dilihat di sini!

Artikel ini sudah dibaca 37821 kali. Semoga bermanfaat :D

Artikel dalam Serial ini: Memanggang Lapis Legit dengan Baking PanLapis Legit Lembab dan Manis

  • Betty

    Hai mba salam kenal, resepnya sangat membantu :D Btw putih telur yg sisa byk itu bisa dibuatkan angle food cake juga (kayak chiffon cake tp terbuat dari putih telur)

    • cakefever

      Hai Betty … iya bener juga … Kalau praktek lapis legit lagi ntar dicoba

  • mayang

    Mba mau tanya. Panas oven nya brp derajat.. per lapisnya brp menit ya di ovennya.. makasih

    • cakefever

      Panas Oven 180C … tiap lapisnya tak sampai 5 menit kalau ovennya cukup panas. Harus ditungguin di depan oven dan dilihat jangan sampai gosong atau terlalu matang. Dari hasil nongkrong di depan oven itu, Mayang akan bisa tahu butuh berapa menit untuk tiap lapisnya sesuai dengan kondisi oven Mayang …

  • widha

    tanya kak…..bumbu spekoek yg paling enak merknya apa ya? klo di semarang ada ga ya?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      katanyaaaa bumbu spekuk yang enak itu yang diramu pak Yongki Gunawan .. klo aku biasanya nyari bumbu spekuk yang gak ada kapulaganya, karena aku kurang suka kapulaga … gak bisa sebut merek, Wid.. karena jarang beli merek tertentu :D

  • Lina

    kalo pake oven litrik tapi apinya adanya atas dan bawah langsung ga ada yg terpisah bisa ga yah, tq salam kenal sebeumnya

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      bisa… alas saja bagian bawah loyang dengan loyang atau tumpukan kertas koran, supaya kue tidak terpanggang terus dari api bawahnya …

  • Lina

    halo mbak salam kenal, aku adanya oven listrik api atas dan bawah langsung, ga ada yg atas atau yg bawah aja, masi bisa berhasil bikin lapis legitnya, triknya gimana ya, thank you, maklum dinegri orang lg kepengen lapis legitt

  • Maria

    Terima kasih mba resep lapis legitnya, saya sudah coba praktekan dan langsung sukses. Rasanyapun maknyooss dech, yang nyoba langsung ketagihan dan order sama saya. Padahal biasanya kalomau makan lapis legit yang enak saya selalu pesan sama orang….kapan2saya mau coba resep yang lainnya.

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      ikut senaang :)

  • ningsih

    makasih yaa resepnya

  • sekar

    makasih, . .tante . . .
    tugas pkk ku dh selesai . . . :D

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Tugas PKKnya tentang apa, sekar? Cara membuat lapis legit yah?

  • umm saleem

    wah mba enak banget nih kelihatannya..tapi sayang kok gak pake putih telur?percaya deh mba..lapos legit lebih enak kalau putih telur..jadi lebih gurih mba..hehe aq di ksh tau masternya pembuat kue lapis sih dsni…:P

    • http://www.cakefever.com cakefever

      hehehe… minta resepnya yang dair master lapis legitnya donkk.. ntar aku coba bikin .. ;)

  • Naila

    Waduuuh..! Ketinggalan nie,ada lapis legit! boleh gak ya.. coba resep sambil tanya2?

  • ningrum

    sist lapis pasti enk tuh,rasa’nya kaya’nya sama kaya yg di tk roti holand.. Mau tny nich,klu pki open biasa bisa nga ya..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      yang penting ada api atasnya ya Ning…

  • Pauline

    say resepnya manteb bgt nih…. jd pengen langsung nyoba bikin tp ovenku lg rusak parah :( hiks… btw, sisa putih telurnya dibikin merengue aja… bisa dipake buat his kue or jd cemilan ;)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      betul betul .. salah satu ide menghabiskan putih telur

  • Ikiz

    Hi…salam kenal semua. Aku baru kali ini caritau resep dan cara bikin lapleg. Bujugbuneng, pantesan harganya selangit! Aku mau coba resep ini, 1/4 resep pake loyang ukuran berapa ya? Thank u…

  • ono

    abis nyoba td…sukses :D hehehe makasih nona dah share resep

  • filly

    Haloo there!

    Sebelomnya makasih ya udah share resep dan tipssnya, detail and jelas.

    Saya ada pertanyaan nih: saya baca resep lapis legit yg laen ,ada yg harus dipisah jadi dua bagian (setengah bagian pake spekuk, setengahnya lagi polos)
    Saya tertarik pengen bikin resep yg ini, apa resep ini juga perlu di bagi 2?
    Mana yg lebih enak resepnya camilia ato yg diatas?
    Terima kasih sebelumnya!

    • filly

      ooh iya maap lupa pertanyaan selanjutnya: apa selama pemanggangan pintu ovennya ditutup ato tidak? Ada yg kasih tau saya , pintunya ga usah ditutup, apa benar? terima kasih ya

      • http://www.cakefever.com cakefever

        pintu dibuka itu mungkin karena waktu panggangnya kan singkat-singkat, jadi pegel kalo mesti buka tutup pintu oven :d

        Kalo aku, pintu oven tetap aku tutup… gak nahan panasnya buu… :D

      • filly

        Makaih ya Ferona, udah reply! :)
        Saya mau coba resep kamu dulu deh. Ohh iya Ferona, itu loyang yg ukuran 22×22 tuh ga ada ditempatku. Kalo misal mau pake full resep mending ke loyang 20×20 or pake loyang 24×24 ya? mana baeknya ya? Takut gagal neeh, bisa nangis dehh telorr sayang banget, itu ayam2 bisa protes..lol.

      • http://www.cakefever.com cakefever

        24×24 bisa, nanti lapis legitnya jadi lebih tipis … kalau 20×20 ada kemungkinan adonan berlebih, jadi malah bingung adonan sisanya mau dikemanain… kalo saranku mending ke 24×24, paling tidak gak ada adonan yang berlebih …

      • filly

        Makasih banyakk yaa..tar aku kasih tau jadinya gimana ya..selama ini masih belom sempat bikin.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      aku gak bagi dua… semuanya aku campur spekuk :D

      kalo menurutku masih lebih enak resepku yang ini http://www.cakefever.com/lapis-legit-ala-cakefever/

  • Keisya

    Sis, kalau bikin lapis gini pake oven listrik bisa gk ya? merk ovenku oxone gitu. takut gagal,malah buang2 bahan. dirimu pake oven model apa say? thx ya..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      yang penting otriknya punya api atau pemanas di bagian atas ndak? klo ada, bisa … tapi loamaaaaa buaannggeett… Aku pernah bikin pake otrik, dan setelah itu kapok :))

  • Devina

    mbak mo nanya nih. kalau hasil lapleg nya bisa ga seret dimakan itu komposisi apanya yg hrs dibyk in ya? krn saya bikin sll dienggorokan rasanya seret gitu. terima kasih.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lapis legit yang lembut itu pertama kudu pake kuning telur semua, kudu banyak butternya (pakailah butter, jangan margarin) laluuu perhatikan waktu panggang. Kalo kelamaan, lapis legit akan tegang dan keras… Coba deh resepku yang http://www.cakefever.com/lapis-legit-ala-cakefever/ dijamin gak akan seret asalkan pas panggang tiap lapisnya jangan kelamaan supaya lapis legitnya gak tegang :D

  • via

    kayu manis bubuk saja sudah bisa ya mbak, hmmm mau coba deh….doain berhasil ya mbak..thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      VIa.. udah berhasil belum??

  • via

    Salam Kenal
    mbak, liat foto2xnya udah ngiler…pengen coba..cuman itu takut ga berhasil apalagi bahannya super banyak telur +mentega.kalo coba 1/2 resep bisa ga ya ?trus kalo ga ada bumbu spekuknya ato rempahnya bisa ga ya mbak?karna disini susah cari rempah spekuk.tolong dibantu ya mbak

    thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      aku biasanya cuma pakai kayu manis bubuk saja kalo lagi gak ada spekuk …

  • atie

    Mbak, salam kenal. oke2 bgt resepnya. Aku kepengen bikin lapis legit, bahan ada semua kecuali kertas roti. Kalo ga pake kertas roti, loyang lgsg oles mentega bisa ga?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Kuatirnya nanti lengket lapis legitnya kalo gak dialas kertas roti.

  • santo

    mba nanya klo pake oven biasa yang pake kompor bisa buat ga ya??
    tku b4

    regards
    Santo

    • http://www.cakefever.com cakefever

      oven biasa yang pake kompor? maksute kompor yang ada ovennya di bawah kah? atau oven yang ditangkringkan di atas kompor?

      Kedua-duanya so pasti bisa, San :)

  • melia

    mbak, salam kenal..mau nanya nie..kalo pake oven gas yang api atas dan api bawah nya ga bisa dinyalain bersamaan, gimana ya manggang nya?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lapis legit bisa gini urutannya:
      3 lapis 1 : api bawah.
      Lapisan berikut sampai habis: api atas.
      Setelah itu nyalakan api bawah, panggang 10menitan utk mematangkan seluruh adonan

      Semoga bermanfaat!

  • ika

    mbak..aku pengsan bacanya saat melihat jumlah telur. ampun deh.. tp soal rasa aku bisa bayangin cuma kalo utk bkin, mending kaboor aja. aku tdk sesabar itu dan takut kolesterol naik. hehehe.
    tp prnh nyoba lapis legit yg beli di foodhall, ga tahu di bgn mananya foodhall krn saat itu mkn d t4 sepupu, ukuran kecil-rasanya enak bangettt dan harganya juga selangitttt. ini pasti krn telornya itu ya?

    salut deh sama orang yg bisa memasak lapis legit. so far, yg susah bg aq itu cheese cake krn butuh kesabaran, oalah ternyata yg ini butuh super sabarrrrrrrrrrrr.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      telor dan butternya yang mana tahaann… butternya kan juga banyak banget tuh Ka. Apalagi kalo pake butter wysman yang mahal … phew!

  • Effy

    Salam kenal…
    Mbak kalau dilihat dari fotonya uenak bgt ya …cm enggak tahan sama bahan kuenya hik..hik…mbak mau tanya (maklum masih pemula) ada resep kue contoh : – 4 kuning telur
    – 3 telur utuh

    maksudnya apa ya mbak ?

    Thx..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Artinya, total telur yang dipakai sebanyak 7 butir telur. Namun nantinya dari 7 telur itu, hanya 3 yang dipakai utuh bagian kuning dan putihnya. Sementara yang 4 butir telur, hanya diambil kuning telurnya saja, putih telurnya dipisahkan dan jangan dicampur dalam kocokan telurnya. Mudah2an penjelasanku yang ribet bisa dimengerti ya :D

  • Vivien

    Mbak mau tanya nih…tadi ak bikin nih tapi kok tepinya kurang masak ya…apa apinya kurang merata ya?padahal aku juga pakai api yg atas…tolong sarannya mbak…sebab ak mau kepingin bikin kek ini lagi sih.soalnya emang enak banget hehehe

    • http://www.cakefever.com cakefever

      tepi kurang masak itu dimatangkan dengan memanggang pakai api bawah selama 15 menit setelah lapisan atas terakhir selesai ya, Vien…

  • http://dapurbundaika.blogspot.com ika mahanani

    sukaaa bangets ma lapis legits huhuhu…tapi yang bikin bete adalah proses manggangnya yah…seharian boooo…rugi bangets kalo gak jadi ^_^’
    Resepnya ini serupa dgn resep yang aku pakai pas kursus..banyak telor dan sedikit tepung…lebih enak dimakan setelah 2 hari…nyummmy…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      setelah coba berkali-kali, total dari persiapan sampai selesai melapis sekitar 2-3 jam… hehehe. Lumayaann :D

  • Me

    mbak, tadi aku pakai resep sodara aku. hasilnya berminyakkkk bgt.. malah jadi ga enak yah, eneg.. tapi herannya lapleg aku selalu membal.. ga lemes lembut bgt kayak yg biasa aku beli.. kenapa ya mbak? oia, hasilnya lapleg-nya mbak gmn? penasaran bgt sm resepnya mbak camelia.. hehe..

  • Me

    iya mbak, mencair setelah dituang.. untung ga bantet hasilnya.. haha..
    linknya yg ini mbak : http://camelia-at-home.blogspot.com/2009/08/lapis-legit-ii.html
    dicoba yukk mbak.. biar ada pembandingnya.. hehe..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      hohoho, menteganya banyaak yaaa… boleeh deh dicoba. Baru beli Wysman 200 gram tadi, bisa dicampur dengan butter lainnya … terigunya agak banyak ya. Oke deh, jadi project wiken :)

  • Me

    mbak, aku uda nyoba resepnya, rasanya enakkkkkkkkkkk bgt!! cuma sayangnya kurang berminyak yah.. hehe.. jdny aku mau nyoba resepnya mbak camelia, secara butternya 2x lipet dari resep pak HT.. hehe.. ayo ikutan mbakk.. biar bisa dibandingin.. btw, lapisan adonan ku pas dituang ke loyang kok mencair yah? normal ga mbak? lapisannya jadi tipis bgt gitu.. huhu..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      aku kebetulan gak terlalu suka lapis legit yang terlalu berminyak. Yang penting kudu lembut. Supaya berminyak tapi gak berlebihan, saat menyetrika aku mengolesin butter lagi siy … pake wysman, biar berasa “bau sapi”-nya hihihi. Resep Camelia yang mana niy, kirim linknya dunk … boleh juga diujicoba ;)

      Soal adonan yang mencair kalo dituang ke loyang, jelas saja tho jeng. Pan loyangnya panas abis dikeluarkan dari oven? adonannya jadi rada mencair gitu. Atau apakah ini maksute adonannya mencair sebelum loyangnya dimasukkan ke oven ya?

  • Me

    mbakk, ayo barengan sama aku buatnya!! aku jg mau buat weekend ini.. hehe.. oia, itu setrikanya di semua bagian lapis legit ato cuma di bagian yg bergelembung aja? haduhh mbak, deg2 serr akuu.. sayang wysman-nya kalo smpe gagal.. hehe..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Iya niiyy.. mau belanja telur dulu. Kali ini nekad mau coba satu resep … hmmm 60an kuning telur, glek! Banyaak yaaa… Setrikaan itu fungsinya untuk meratakan dan merapikan, jadi setrikain aja ke seluruh permukaan supaya rata. Nanti kalau dah dicoba Me jadi tau deh, kudu gimana nyetrikanya .. Yuk maree, belanja telur dulu … hehehe

  • Me

    Mbak, rasa lapleg ini gmn yah? enak bgt ga? lembut, berminyak?
    aku mau bikin nih tapi takut ga enak hasilnya. hehe..
    oia, cara pakai setrikaan lapleg gmn ya? ditekan2 saja atau dimajumundurin spt setrika beneran? thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lembutttt, asal gak kelamaan panggang tiap lapisnya. Lapis legit yang over-baked jadinya tegang, hehehe. Kalau semua prosedur pembuatannya diikuti, lapis legit ini lembab dan berminyaknya passs… mantap deh pokoke ;)

      Setrikaan lapis legit ditekan-tekan saja. Kan fungsinya supaya tiap lapisan itu bisa merekat dan merapat sempurna. Kalau aku, alasnya itu aku olesin butter dulu sebelum ditekan-tekan, supaya lapis legitnya lebih lembab, berminyak, mantap. Jadi kepengen bikin lagi … weekend buat aahh ;)

  • http://www.aviekitchen.blogspot.com avie

    salam kenal…
    wuiih top bgt bisa bikin lapis legit pakai oven listrik…sudah lama pengin coba bikin kendalanya aku pakai oven listrik,jadi nggak pede bikin…
    kira-kira kalo untuk lapis legit ini pakai api bawah n atas dengan setting n suhu berapa ya..??
    oven-ku sharp double grill,masalahnya buku manualnya hilang…jadi selama ini kalo panggang kue pakai setting mix atau convectional…
    tks atas pencerahannya ya…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lapis legit harusnya pakai api atas saja. Suhunya sekitar 180-220C. Pokoke panas tinggi. Setelah semua lapis selesai, baru api bawah dinyalakan, dipanggang 10-15 menitan …

  • rina

    Kompor listrikku nggak ada setelan api atas & bawah. Jadi kalau dinyalain otomatis api atas bawah nyala bersamaan.
    Gimana dong, please advise…Thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      @Rina, hmmm coba di rak bawahnya ditaroh loyang yang diisi pasir atau kertas tebal. Maksudnya itu untuk menghindari panas bawah langsung kontak dengan loyang lapis legitnya. Karena panas bawah tidak bisa dimatikan, mau ndak mau harus ada penghalangnya. Karena lapis legit manggangnya lama, kalau api bawah ikut-ikutan manggang, kuenya jadi over-baked dan jadi tegang kuenya :D

  • rina

    ak udah praktekin mbak, tapi hasil yang di lapisan bawah kenapa jadi lebih keras dan gosong ya??? Trus adonan memang jadinya kental ya?? Untuk pengovenan setiap lapisnya butuh berapa lama??? Aku pake kompor listrik tapi gak ada api atas , api bawah. Haruskah tiap lapisnya ditekan2??
    Maaf lagi byk nanya. ;D

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Rina pakai api bawah terus ya selama pemanggangan? Kalo iya, itu penyebab lapis legitmu bawahnya keras. Lapis legit mesti pakai api atas, mbakyu … jadi pakai api bawah itu hanya untuk beberapa lapis pertama aja, setelah itu matikan api bawah trus pakai api atas sampai semua lapisan selesai. Setiap lapisnya kalau suhu 200-230C cukup lima menit, pokoke tiap ditekan-tekan sudah gak lengket lagi. Ditekan sih perlu supaya lapisnya rapat dan padat. Aku gak pernah absen nekan-nekan sih. Adonanku gak terlalu kental, tapi juga gak cair … :)

  • rina

    butter sama margarin (blue band) beda ya mbak. Kalau butter nya diganti margarin bisakah??? Kalau gak pake bumbu spekuk enak gak ya??? Kalau nyoba setengah resep dulu pake loyang 18×18 kebesaran gak mbak??? Pake tepung terigunya memang dikit banget ya??? Tx a lot sebelumnya,..maaf banyak nanya……;D

    • http://www.cakefever.com cakefever

      @Rina, butter dan margarine memang beda. Nanti aku buat tulisan khusus tentang beda butter dan margarine. Tapi utk penggunaannya di resep bisa saling menggantikan. Nanti biasanya rada beda di rasa akhir dan tekstur. Konon kabarnya yang pakai butter lebih lembut dan yummy. Tapi itu masalah selera yaa… Utk 1/2 resep bisa pakai loyang 18×18. Terigunya memang cuma sedikit, banyakan kuning telurnya. Makanya lapis legit yg enak itu, lembyuuut … gak tegang, hihihi. Kalo gak pake bumbu spekuk, hmmm jadi bukan lapis legit nanti namanya, hehehe. Kalo gak suka spekuk, ganti kayu manis aja sedikit. Paling tidak ada aroma kayu manisnya deh :D

  • Yonas alexander

    Aduh telurnya apa isa diganti / dikurangi yach… kalo utk makan sendiri no problem tapi kalo di jual tidak masuk

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Masuk kok … lapis legit 20 cm dijual 300ribuan … ehm, coba itung2… harga telur sekilo sekitar 15ribuan kan sekarang … ;) hehehe. kalo lapis legit kita enak, biar mahal tetap ada aja yang mau beli lohh … Kalo mau ngurangin telurnya bisa2 aja. Ada kok lapis legit irit telur. Yang jelas, rasanya juga jaauuuhhh sama yang boros telur begini lohh…

  • lydia

    Wuih keqnya resepnya enak yaaa
    Bole donk di contek :) tapi mau tanya nih,
    Kalo pake sendok makan,1 lapis kira” brp sendok ya?
    Thxxx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Wah belum pernah coba. Lagipula daripada repot pake sendok makan, mending pakai sendok sayur itu loh jeng… Kan lebih gampang tinggal satu kali nyentong aja. Tujuan menggunakan satu macam sendok penuang agar lapisannya sama tebalnya. Kalo mau kira-kira aja juga bisa, tapi ntar ada yang tebal dan ada yang tipis …

  • YOAN

    Hi…saya baru mau coba nih bikin lapis legit sendiri klo ada yg ga bisa boleh donk nanya2…..susah banget ya …

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Boleehh.. so’ atuh dicoba. Kalau ada kesulitan, ntar aku coba bantuin. Menurutku susah sih ndak, tapi memang kudu sabar dan hati-hati …

  • Sollun

    wuich….uenak tnan tapi kok bhn2ny banyk n mahal sma jd takut nyoba neh

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lapis legit resep yang aku coba memang boros telur dan butter ya, tapi rasanya mantap. Ada juga sih resep yang irit telur, tapi aku sendiri blum pernah coba… :D