Sudah lama aku ingin mencoba membuat cake yang berisi campuran buah. Benar-benar buah, dan bukannya hanya sekedar essence buah. Sejauh ini percobaanku sudah cukup berhasil untuk Banana Chiffon Cake, Carrot Cakefruit cake (dengan buah kering) dan sekarang aku ingin membuat Apple cake.

Buah Apel menjadi pilihanku sebenarnya karena aku merasakan buah apel lokal kita yaitu Apel Malang, rasanya masam segar dan daging buahnya rada keras sehingga cocok sekali untuk dijadikan bahan dasar Apple Cake ini.

Nah semakin sering aku memperhatikan resep cake dengan buah segar,  aku memperhatikan bahwa tidak terlalu banyak resep cake di kalangan Food Blogger Indonesia yang mencampurkan buah asli ke dalam adonan.

Kenapa ya? Mungkin karena sebagian besar kita lebih suka menyantap cake yang lembut. Apabila adonan cake kalau sudah dicampur dengan buah, apalagi kalau jumlah buahnya cukup banyak, maka umumnya cake akan menjadi lebih padat dan lebih lembat (moist).

Padahal produksi buah lokal kita banyak lho, namun resep kue dengan menggunakan buah segar tidak sebanyak resep kue di luar negeri yang menggunakan aneka macam buah.

Baiklah cukup penjelasan singkat mengenai motivasiku mencoba membuat Apple Cake 😉

Nah setelah googling ke sana kemari, aku melihat link resep Apple Cake dari Smitten Kitchen – Moms Apple Cake. Smitten Kitchen ini salah satu food blogger favoritku kalau ingin melihat proses bikin kue yang menyenangkan. Foto-foto di Smitten Kitchen sangat menarik dan membuatku syiriiikkk abweeesss sebab belum bisa membuat foto sekeren Smitten Kitchen hehehe.

Berikut adalah adaptasi resep Apple Cake dari Smitten Kitchen yang aku modifikasi sesuai seleraku.

Resep Apple Cake

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Potong-potong apel malang lalu campur dan aduk rata dengan kayu manis & gula pasir:
8 Apel Malang berukuran besar 
1 sdm Kayu Manis Bubuk
5 sdm gula pasir

390 gram tepung terigu serbaguna, ayak
1 sdm  Double Acting
1 sdt garam
200 gram minyak sayur atau minyak goreng
390 gram gula pasir
58 gram juice jeruk atau juice lemon
2 sdt vanilla extract
4 butir
1 cup kacang mede, sangrai dan potong-potong kecil-kecil

Cara Membuat:

1. Panaskan suhu 170 -180 C. Siapkan loyang tulban. Loyang tulban ini loyang yang bagian tengahnya berlubang ya. Potong apel bentuk dadu, masukkan campuran gula dan bubuk kayu manis lalu aduk rata. Sisihkan.

2. Aduk rata tepung terigu, Double Acting dan garam. Di wadah lainnya, kocok rata minyak sayur, jus jeruk, gula dan vanilla extract sampai gula larut. Masukkan campuran minyak ini ke bahan kering, aduk rata dengan spatula lalu masukkan satu per satu. Pastikan sudah tercampur rata dengan adonan lainnya.

3. Tuang separuh adonan ke loyang, masukkan sebagian apel susun rata. Lalu tuang sisa adonan dan susun lagi sisa apel berikutnya. Panggang sekitar 1.5 jam (tergantung masing-masing ya), lakukan tes tusuk untuk memastikan kue sudah matang.

Catatan :

Karena satu resep ini hasilnya bisa memenuhi satu loyang tulban chiffonku (cake besar) dan juga resep ini masih percobaan jadi aku bikin setengah resep saja yang aku panggang di loaf pan. Tadinya sempat kuatir bagian tengahnya tidak matang, tapi ternyata 1.5 jam di dalam oven bisa mematangkan semua bagian sampai ke tengah kue.

Baca Juga:  Resep Pennylane’s Chocolate Cookies Chewy & Mantap

Kalau lihat di Smitten Kitchen, apelnya dipotong agak besar. Sedangkan aku memotong apel seukuran dadu. Dan hasil akhirnya membuatku rada tercengang. Ternyata potongan apel tersebut bukannya tenggelam atau tersebar rata, tapi malah mengambang semua ke permukaan kue. Lha ya pantesan si Deb memotong apelnya rada gedean, supaya bisa ditata layer … hahaha, sotoy siiy akunya 🙂

Next percobaan aku mau coba buat apelnya disusun layer seperti si Deb SmittenKitchen. Jadi di permukaan atas cake diberi topping apel, penasaran hehehe.

Hasil akhir dari cake yang aku buat ini, padat, moist dan apel banget. Setelah dingin aku bungkus dengan plastik lengket (cling wrap) dan disimpan di kulkas. Besoknya baru dimakan, rasanya lebih mantap.

Beberapa tester dari resep ini mengatakan rada kemanisan … 😀 Kalau untukku rasanya sudah pas. Yeah lidah memang beda-beda. Silakan mencoba, bila memang kemanisan, bisa dikurangi gulanya yaa …

Artikel Lainnya:

20 Comments
  • srie handayani
    says:

    mba fero, kue apple ini enakan mana antara german apple cake dengan smitten kitchen?

  • syareefaelva
    says:

    iya mba Ferona,,kemaren bbrp kali kontak goldoven juga ga bisa. kuciwa nih pdhl lg pengen mesen buat acara keluarga. kok ga ada info sama sekali…

    • Ferona
      says:

      Waduuw sebelumnya mohon maap Syareefa, Goldoven lagi aku tutup dulu yaah … Insya Allah kalau sudah buka lagi, akan dikabari 🙂

  • dita
    says:

    Mba fero, aku baru mau bikin resepnya, aku juga udah baca konversi yg mbak tulis..
    Tapi aku masih kurang paham, kalo 2 3/4 tepung itu berapa gram ya? 1/4 cup orange juice brp ml? 1 cup minyak sayur juga brp ml ya?
    Maaf borong ya mba.. Makasih infonya 🙂

  • saree
    says:

    allow mbae…kmrn a dah sukses bkin creamy english fruit cake, eunak bgz scara mang a doyan cake or roti buah, dr dl pengen nyoba resep apple cake, tp kl googling resepx pny org bule sma tp skrg tenang wae..kan da cr konversi ukuran dr mba 🙂 btw da g mba resep apple pie, pengen bkin d tp resepx dr mba, kl pny mba da tips2x 🙂 tanks bgz y mba..

    • Ferona
      says:

      Aku juga pengen bikin apple pie, saree… tapi blum nemu resep yang meyakinkan .. nanti kalau aku sudah coba, aku share yaa di sini …

  • Uun
    says:

    kak orange juice nya pake yang dari buah asli atau yang udah kemasan gitu (misal sunquick)? kalau pake jeruk asli bisa jeruk apa aja atau harus pake yang sekelas jeruk ponkam ntu?

  • melany
    says:

    Tertarik bgt dgn resep cake apel ini…kayanya seger2 gitu..
    Cmn aku rada bingung dgn takaran 1 cup itu segimana ya mba,pk cup gmn ya..maap newbie bgt sih aku…

  • Emily
    says:

    salam kenal mbak…aku baru nemu blog ini n aku tertarik bgt,br td aku buat resep mbak ini tp aku pk apel malang (kebetulan ada di kulkas) n gulanya aku pk 240gr, hasilnya alhamdulillah enak tp apelnya jd coklat bgt n cakeku apelnya ngambang di permukaan

    • cakefever
      says:

      Apel itu ternyata ringan ya, makanya dia ngambang, dan tidak tenggelam di adonan … hahaha aku juga baru tau setelah praktek bikin apple cake ini … 🙂

  • affien
    says:

    Mbak aku udah coba resep ini, Alhamdulillah sukses mbak, persis sama yang mbak saranin, applenya aku potong agak besar dan dibuat layer gitu…jadinya cake yang seger…hehehee…aku ijin copas ya mbak buat di blog. Berkat mbak jadi berani bikin blog, terinspirasi ni..Thanks ya mbak buat ilmunya…

    • cakefever
      says:

      mantap! aku malah belum coba lagi bikin dengan potongan apel yang gede deh. Pengen coba pake apel Granny Smith.. tapi rada susah nyarinya di sini nih…

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^