Resep Carrot Cake

Jeng Rini pelanggan setia kue Goldoven suatu hari bertanya apakah aku juga menjual Carrot Cake.

Hmmm dulu aku pernah buat carrot cake siy, pake resepnya siapa gitu. Tapi hasil akhirnya masih belum memuaskan, rasanya rada aneh dan akhirnya resep itu terlupakan olehku.

Naah karena Jeng Rini terlihat antusias dengan Bolu Wortel alias Cake Wortel yang tampaknya enaaagh itu, maka dari itu aku pun menjadi penasaran pengen bikin Carrot Cake yang enak.

Cumaa repotnya kalo bikin kue yg belum pernah nyicipin versi enaknya, mau nge-benchmarknya bingung kemana, mosok harus ke Amsterdam tempatnya dulu Jeng Rini makan kue wortel yang lekkeer itu?

Truss mulai percaya Cake Wortel ini pasti spesial rasanya, karena aku melihat di lemari pendingin supermarket terkenal ada frozen Carrot Cake! Waah kalo kue ini rasanya biasa-biasa aja, mosok iya sampai ada versi bekunya? So pasti kue ini punya penggemar tersendirinya 🙂

Baidewei eniwei baswei, aku riset resep sana-sini … dari mulai resep Martha Stewart, Joy of baking sampai ke Epicurious kujelajahi untuk melihat-lihat komposisi resepnya. Rata-rata isinya sama sih, cuma beda di komposisinya dan penambahan unsur-unsur buah kering seperti kismis dan kacang.

Dan di bawah ini adalah resep Carrot Cake yang sudah aku sesuaikan dengan seleraku 🙂

Bahan-bahan Carrot Cake:


6 butir telur
200 gram gula pasir
100 gram gula palem
2 sdt garam

260 gram tepung terigu protein serba guna
2 gram Baking Powder Double Acting
1 gram cinnamon bubuk (bubuk kayumanis)

450 gram wortel (parut halus dan jangan diperas airnya)
150 gram minyak sayur

100 gram keju cheddar parut untuk topping

Cara Membuat Carrot Cake

  • Kocok telur, gula, garam hingga kental dengan speed tinggi. Masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental dan meninggalkan jejak.
  • Ayak bahan kering, kemudian masukan kedalam adonan dengan speed rendah hingga tercampur rata.
  • Masukkan wortel parut, aduk rata dengan spatula.
  • Masukan minyak perlahan ke dalam adonan hingga tercampur rata.
  • Tuangkan kedalam loyang bundar 20-22 m yang telah dialasi kertas.
  • Panggang dengan suhu 180ºC selama 30 – 45 menit (lakukan tes tusuk).

Dan hasilnyaaa kuenya memang enaaak… Sepotong tak pernah cukup! Apalagi makannya dengan teh hangat. Wuiiihh … saking enaknya, aku udah ndak semangat lagi mau buat cream cheese frostingnya. Lha wong cakenya begini saja sudah enak kok!

Hasil akhir Carrot Cake dengan resep ini adalah cake yang moist dan lembut. Tidak ada jejak bau langu wortel karena tertutupi wangi kayu manis (cinnamon) yang menguar. Plus karena aku mengganti sedikit gula pasir dengan gula palem, membuat rasa manis kue ini pas dan mantap.

Kalau mau coba resepnya, pakai wortel import yang gede dan warnanya oranye menyala itu yaa… Rasanya lebih manis dan warnanya cantikkk … 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: