Resep Fruit Cake

Awalnya aku mencari resep Fruit Cake tanpa rhum. Trus nemu blognya Mbak Widya Hidayat yang ada resep Rich Fruit Cake. Dibaca-baca, ternyata tidak pakai rhum. Baiklah aku coba membuatnya, dan ternyata rasanya enak.

Dari beberapa kali percobaan, ternyata tantangan terbesar bikin Fruit Cake adalah bagaimana caranya membuat buah-buahan kering yang dicampur ke dalam adonan, tidak turun ke dasar kue.

Bahan-bahan Fruit Cake:

200 gram mentega
75 gram gula palem
75 gram gula pasir
4 butir telur
200 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
25 gram susu bubuk
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt Baking Powder
50 gram madu
350 gram dried fruit mix (aku pakai cherry, kismis, orange peel)
50 gram kenari atau almond sangrai hingga matang

How-To:

  • Kocok mentega, gula palem, dan gula pasir sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  • Masukkan sisa tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder bergantian dengan larutan madu sambil diayak dan dikocok perlahan.
  • Tambahkan fruit mix dan almond. Aduk rata. Tuang di loyang 20x20x4cm yang dioles margarine dan dialasi kertas roti.
  • Oven selama 55 menit dengan suhu 170 C sampai matang.
    Keluarkan dari loyang, biarkan dingin.

Notes:

  • Untuk membuat dried fruit (buah kering) bisa tersebar di cake, aku mencampur semua tepung dengan dried fruit cake dan diaduk rata sampai seluruh buah kering terselimuti dengan tepung.
  • Yang suka rhum, akan lebih wangi dan lembut bila buah kering direndam dengan rhum dulu semalaman. Karena aku tidak mengonsumsi rhum, maka buah kering aku rendam di jus apel paling tidak 24 jam di kulkas. Ini akan membuat buah kering jadi lebih lembut. Sebelum dicampur ke tepung, ditiriskan dulu. Ohya, cari jus apel yang bukan terbuat dari konsentrat. Jus apel seperti ini biasanya di supermarket disimpan di lemari pendingin.

Resep asli: Cantiknya Kue-kue Mungil -Sedap
Resep disini sedikit dimodifikasi dari resep asli di blog Widya Hidayat

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: