Saturday, June 25

Cara Membuat Adonan Martabak Manis Mengembang dan Bersarang

Martabak manis merupakan camilan yang jadi kesukaan keluarga Indonesia sejak dahulu kala. Citarasa manis gurih yang nikmat dari martabak manis nggak bakal membuat kita heran kenapa bisa makanan yang satu ini disukai banget di Indonesia. Tapi, di balik kenikmatan dan citarasa kompleksnya, denger-denger, martabak manis itu sudah dibuat, lho. 

Adonan martabak manis yang mengembang dan bersarang kerap menjadi primadona bagi para penggemarnya. Terus, gimana sih, cara bikin adonan martabak manis yang bisa mengembang dan bersarang, seperti yang biasa kita beli di abang-abang martabak? Cakefever punya cara membuat adonan martabak manis mengembang nih, buat kamu. Yuk, ceki-ceki di bawah ini!

Kenapa Adonan Martabak Manis Tidak Bisa Mengembang?

Penyebab Adonan Martabak Manis Tidak Mengembang (sumber: @kupang.foodies on Instagram)
Penyebab Adonan Martabak Manis Tidak Mengembang (sumber: @kupang.foodies on Instagram)

Siapa sih, yang nggak suka makan martabak manis? Apalagi kalau malam hari perut sedang lapar, ngemil martabak manis adalah opsi yang ciamik pol, deh. Kecintaan orang-orang terhadap martabak manis turut membuat kita untuk coba bikin martabak manis sendiri di rumah. Dengan harapan, martabak manis buatan kita bisa seenak dan sesempurna martabak manis yang biasa kita beli di abang-abang martabak.

Baca Juga:  Resep Lapis Legit Lembab dan Manis

Tapi, ternyata cara membuat adonan martabak manis itu nggak semudah yang kita kira, lho. Banyak orang yang bilang kalau cara membuat adonan martabak jadi mengembang itu adalah hal yang sulit. Adonan martabak manis yang nggak bisa mengembang pun punya penyebabnya tersendiri, diantaranya:

  • Adonan yang sudah jadi nggak diistirahatkan terlebih dahulu, karena nggak sabar jadi keburu langsung dipanggang, deh. Hehe.
  • Baking powder yang dimasukkan ke adonan martabaknya kurang.
  • Loyang martabak belum panas, tapi sudah dituangin adonan.
  • Baking powder dimasukkan sejak awal, seharusnya baking powder ini dimasukinnya agak belakangan.
  • Api terlalu besar saat memanggang adonan martabak manis.

Jadi, kalau teman-teman setia Cakefever pengen menciptakan adonan martabak manis yang mengembang, sebaiknya hindari penyebab-penyebabya di atas, ya!

Cara Membuat Adonan Martabak Mengembang dan Bersarang

Cara Membuat Adonan Martabak Manis (sumber: @martabakpandawa.salaman on Instagram)
Cara Membuat Adonan Martabak Manis (sumber: @martabakpandawa.salaman on Instagram)

Setelah tahu apa saja penyebab adonan martabak manis nggak bisa mengembang, yuk, cari tahu gimana cara membuat adonan martabak manis yang mengembang dan bersarang, seperti yang banyak dijual di pasaran. Cekidot!

Baca Juga:  Resep Kue Onbitjkoek, Kue Rempah Belanda yang Enak

Bahan: 

Cara Membuat:

  • Pertama, kita campurkan semua bahan yang ada, kecuali baking powder. Bisa diaduk menggunakan whisker biasa atau mixer, aduk rata sampai adonannya nggak bergerindil alias halus banget. Kalau sudah tercampur rata, diamkan adonan selama 45 menit, jangan lupa ditutup dengan kain bersih.
  • Setelah menunggu 45 menit, tambahkan baking soda dan aduk adonan hingga tercampur rata. Diamkan lagi adonannya selama 15 menit.
  • Kalau sudah 15 menit, aduk-aduk lagi adonannya sebelum dipanggang supaya banyak udara yang masuk.
  • Adonan martabak manis mengembang dan bersarang sudah jadi, tinggal dipanggang menggunakan teflon sampai matang, dan diberi topping hingga jadi martabak manis sempurna ala abang-abang martabak.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang penyebab adonan martabak tidak mengembang, dan cara membuat adonan martabak manis jadi mengembang dan bersarang. Saat membuat adonan martabak manis, teman-teman setia Cakefever harus esktra telaten karena cara membuatnya yang gampang-gampang susah. Jangan lupa hindari penyebab-penyebab adonan martabak tidak mengembang yang sudah dijelaskan di atas, ya. Selamat mencoba!

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel

Baca Juga:  Resep Lapis Surabaya Istimewa dengan Kuning Telur semua

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^