Friday, September 30

Resep Banana Cake dengan Keju dan Ovomaltine

Resep Banana Cake atau Kue Bolu Pisang adalah resep andalan saat melihat pisang di rumah yang mulai terlihat menghitam karena terlalu matang. Pisang yang sangat matang ini adalah kuntji kenikmatan bolu pisang yang tidak bisa digantikan dengan essence atau perasa pisang lainnya. Kalau pisangnya belum terlalu matang, sebaiknya dibiarkan dulu sampai menjadi terlalu matang demi tercapainya rasa ultimate dari si Bolu Pisang ini.

Kembali ke Resep Banana Cake ini. Banana Cake yang sering aku beli dan coba, baik itu di cafe atau bakery biasanya terasa agak padat dan moist seperti biasanya tekstur butter cake. Pada dasarnya aku ini penggemar cake yang ringan-ringan kayak kapas gitu, maka aku kurang cocok dengan tekstur Banana Cake atau Banana Bread yang ada di pasaran.

Banana Cake Original dengan tambahan topping selai Ovomaltine | Foto: Cakefever.com

Karena itu aku modifikasi sedikit resep Banana Cake yang ada disini, untuk mendapatkan tekstur ringan yang aku sukai. Resep yang aku modifikasi ini tidak menggunakan baking powder sebagai pengembang, melainkan hanya mengandalkan kocokan putih telur dan kocokan margarin yang dikocok sampai mengembang dan berwarna pucat.

Karena tidak menggunakan pengembang tambahan maka nantinya ketika cake ini dingin, tinggi cake bisa jadi akan sedikit menyusut. Karena itu aku tidak menyarankan menggunakan loyang yang tingginya lebih dari 4 cm. Aku menggunakan loyang brownies yang tingginya 4 cm, supaya ketika tingginya menyusut, cakenya akan baik-baik saja. Walau pun tinggi cake menyusut, tekstur ringan si banana cake akan tetap nyata bedanya dibandingkan dengan resep banana cake atau banana bread lainnya yang mengandalkan baking powder untuk pengembang cake.

Baca Juga:  Resep Kue Lapis Surabaya Yang Lembut & Legit
Kocokan Putih Telur Soft Peak Untuk Banana Cake
Kocokan Putih Soft Peak | Katerina Holmes – Pexels

Untuk memastikan tekstur ringan dari banana cake ini didapatkan, maka pastikan telah mengocok putih telur sampai Soft- Peak, yaitu sudah cukup kental dan kaku tapi masih mengkilap dan terlihat lentur, seperti gambar di atas ini.

Penggunaan Hollman pada resep di bawah ini sepenuhnya karena selera aku saja. Hollman itu butter yang wanginya kuat banget, sehingga penggunaan hanya 1 sendok makan saja sudah cukup membuat perbedaan pada wangi kue. Kalau mau mengganti dengan butter merek lain, boleh saja. Atau mau pakai full margarin saja juga ok saja kok.

Hollman kemasan 800 gram | Ledolci

Hollman dijual dalam kemasan wadah plastik seperti gambar di atas dengan ukuran 800 gram, bisa dibeli di sini. Namun bila ingin membeli dalam kemasan repack 500 gram juga bisa di sini. Hollman ini bisa disimpan di suhu ruang saja, tidak perlu di dalam kulkas. Kalau suhu ruang agak panas, Hollman bisa terlihat mencair. Untuk memadatkannya lagi, pindahkan tempat penyimpanan ke ruangan lain yang lebih sejuk.

Resep Banana

Hasil: 2 loyang 30x10x4 cm

Bahan-bahan:

6 kuning telur
4 putih telur (dikocok terpisah sampai soft peak)

200 gram margarin
1 sdm butter hollman (ini untuk menambah aroma butter)
100 gram gula pasir
50 gram gula palem

Baca Juga:  Resep Castella Cake Super Lembut dan Fluffy Seperti Bantal

Aduk dan ayak:
180 gram tepung terigu
20 gram tepung maizena
20 gram susu bubuk full cream

200 gram pisang ambon yang sudah sangat matang
20 gram keju cheddar parut (campur dan aduk rata di dalam adonan)

Topping:
Banana Cake: 50 gram keju cheddar parut untuk topping

Cara Membuat Banana Cheese Cake:

  1. Olesi loyang dengan minyak dan lapisi alas dan dinding loyang dengan kertas roti atau baking paper.
  2. Panaskan oven suhu 180C.
  3. Haluskan pisang dengan garpu.
  4. Kocok Margarin, butter hollman dengan gula pasir dan gula palem sampai pucat mengembang.
  5. Masukkan kuning telur, kocok dengan mixer sampai pucat. Setelah itu matikan mixer.
  6. Masukkan tepung-tepungan yang sudah diayak dan aduk balik dengan spatula sampai rata tercampur.
  7. Di wadah yang lain, kocok putih telur sampai soft peak. Lalu masukkan kocokan putih telur ini ke adonan margarin. Aduk balik dengan spatula sampai rata dan terasa ringan.
  8. Masukkan pisang dan keju cheddar parut, aduk balik dengan spatula. Keju cheddar parut tetap dipakai walaupun untuk banana chocolate cake ya, karena ini untuk menambah rasa gurih pada cake.
  9. Masukkan adonan kedalam dua buah loyang ukuran 30x10x4cm atau satu loyang 24x24x4cm, lalu taburi dengan keju parut (Bila ingin topping keju parut yang tidak crispy dan tidak ikut dipanggang, maka topping keju parut bisa juga diberikan saat banana cake sudah matang)
  10. Panggang selama 30-40 menit. Cek kematangan dengan tes tusuk, bila tidak ada lagi adonan basah yang menempel lagi di lidi berarti sudah matang.
Baca Juga:  Cara Mudah Buat Kue Bolu Hanya dengan Rice Cooker

Tambahan untuk Banana Cake:

  • Tambahkan 100 gram Dark Compound parut kedalam adonan. Atau supaya lebih seru, 50 gram coklat compound itu dipotong dadu untuk isian, dan 50 gram lagi diparut. Atau bisa juga potong dadu seluruhnya, sesuaikan selera.
  • Tambahin topping choco chips di permukaannya. Atau olesi dengan selai ovomaltine… waduuhhh seloyang bisa abis sendiri iniii ….

Versi lain dari Banana Choco adalah dengan memberikan isian keju dipotong dadu yang lebih banyak ke dalam adonan, dan juga menambahkan coklat. Sehingga dalam satu cake terdapat coklat dan keju bersamaan. Hmmm yummmy banget.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^