Kue German Apple CakeDi percobaan yang lalu aku sudah membuat Jewish Apple Cake dengan Resep dari Smitten Kitchen.  Sebenarnya menurutku Apple Cake ala Smitten Kitchen ini rasanya sudah cukup enak tapi masih harus dimodifikasi lagi supaya sesuai dengan seleraku. Tapi sebelum memulai modifikasi, aku ingin mencoba lagi resep Apple Cake dari sumber yang lain.

Setelah bertapa dan dapat wangsit dari mbah Gugel, maka aku sampailah di Allrecipes.com melihat resep German Apple Cake yang direview oleh hampir 600-an orang. Wow! It’s must-try-! — Ok, kemarin Jewish Version dan sekarang German version!

Bahan – bahan :

Resep Aslinya dari Allrecipes.com adalah sebagai berikut:

Resep dengan ukuran asli
2 eggs
1 cup vegetable oil
2 cups white sugar
2 teaspoons ground cinnamon
1/2 teaspoon salt
1 teaspoon extract
2 cups all-purpose flour
1 teaspoon baking soda
4 cups apples – peeled, cored and diced
Setelah dikonversi ke timbanganku:
* 2
* 200 gram minyak sayur
* 400 gram gula pasir
* 2 sdt  bubuk
* 1/2 sdt gram garam
* 1 sdt extract
* 280 gram tepung terigu serbaguna
* 1 sdt baking soda
* 500 gram apel – kupas, potong dadu

Cara Membuat:

  1. Panaskan suhu 180 C. Olesi dinding dan alas loyang ukuran 9×13 inci dengan minyak dan pasang kertas di alasnya.
  2. Kocok minyak dan dengan mixer sampai creamy. Masukkan gula dan vanila extract lalu kocok sampai gula larut.
  3. Campur tepung terigu, garam, baking soda dan bubuk, aduk rata. Masukkan bertahap ke dalam kocokan telur dan aduk rata. Adonan akan terasa berat, masukkan apel ke dalam adonan dan aduk rata.
  4. Panggang di suhu 180C selama 45 menit atau sampai ketika dilakukan tes tusuk, sudah tidak ada adonan basah yang lengket di sticknya.
  5. Dinginkan Apple Cake di wire rack dan ketika sudah dingin, ayak gula tepung di atas permukaan cake.

Dan yang aku lakukan adalah …

Pertama-tama, ketika konversi sudah dilakukan, yang aku lakukan adalah tercengang! Jumlah gula dibandingkan dengan terigunya kok ya banyak bangeett! Minyaknya juga! Ya ampyuun, ini apa beneran jadi cake atau puding nantinya ya?

Baca Juga:  Resep Cookies Marshmallow Brownies yang Bikin Nagih

Mulai curiga dengan konversi-nya si Allrecipes.com tapi males juga mau ngecek lagi ke tools konversi lainnya, hihihi … Akhirnya pake jurus sotoy mode on! Langsung modifikasi resep sendiri, dan jadilah seperti ini:

2 telur
170 gram minyak sayur
1 sdt kayu manis bubuk campur ke tepung
1 sdt kayu manis bubuk tabur ke apel yang sudah dikupas dan potong dadu
300 gram gula pasir + 50 gram gula palem (aduk rata, lalu sebanyak 4 sdm aku taburi ke apel)
1/2 sdt garam (campur saat telur dikocok)
250 gram terigu
1 sdt vanila extract
1 sdt Baking Soda (bukan baking powder lho ya)
4 apel Granny Smith

Okeh, nah lalu proses pembuatannya mengikuti resep asli. Hanya saja aku menggunakan loyang kotak 22 inci. Jadinya kue lebih tipis, karena di resep rata-rata pakai loyang bundt yang tengahnya berlubang.

Waktu panggang di resep hanya 45 menit dengan suhu 175C, tapi aku gak percaya! Aku panggang di 175C selama 1 jam, tapi pas dites tusuk kok masih basah adonannya? Sementara permukaannya sudah kering! Nah lho!

Loyang aku pindahkan dari rak tengah ke rak bawah, lalu suhu aku naikkan 180C dan dipanggang lagi selama 20 menit. Okeh! Pas tes tusuk, akhirnya tidak ada lagi adonan basah yang lengket.

Angkat! Dinginkan sebentar, balik dan keluarkan dari loyang. Taburi gula halus.  Potong segera, hmmmm enaak!! Permukaan kue yang crunchy berpadu dengan cake yang moist dan apel granny smith yang asam-manis segarrr … makan sepotong takkan pernah cukup!

Di hari pertama, kue ini enak sekali menurutku karena permukaan kue yang crunchy masih ada dan sangat menyenangkan perpaduan cruncy dan moist ini di lidah. Namun hari kedua, lapisan crunchy sudah tidak ada, karena cakenya sudah mulai basah. Jelas saja basah karena apelnya gede-gede aku potong hihihi. Next percobaan aku akan coba untuk memotong apelnya tipis-tipis dan dibuat layer di tengah saja …

Di hari kedua aku bawa German Apple Cake hasil modifikasi ini ke kantor, dan langsung habisss gak pake basa-basi. Hanya saja bagi mereka yang kurang cocok dengan yang manis-manis, merasa kue ini kemanisan. Padahal sudah aku kurangi 50 gram gulanya, gimana klo dicemplungin 400 gram gula putih semua ya?? Langsung sakit gigi!

Baca Juga:  Resep Cream Cheese Brownies Yang Legit Ala Cakefever

Yang mau coba, silakan pilih mau pakai yang resep asli atau resep modifikasi yang aku coba sendiri. Kalau nyoba resep asli, please share ya hasil akhirnya bagaimana. Apakah menjadi moist sekali atau sempurnaaa 😀

Artikel Lainnya:

15 Comments

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^