Tips Sukses Membuat Kue Soes Untuk Pemula

Penasaran dengan Beard Papa Soes, akhirnya aku punya kesempatan untuk mencoba membuat sesuai dengan resep Beard Papa Soes yang ada di sini. Dan hasil akhir percobaan pertamaku ini adalah penemuan kue kering baru, hahaha …

Setelah telur semua dimasukkan dan dikocok, aku curiga dengan adonan yang terlalu encer. Tapi yawdah-lah, lanjooott…

Ini dia kue soes gagal, tipis seperti cookies
Ini dia kue soes gagal, tipis seperti cookies

Pas disemprot ke loyang, tambah curiga-lah awak. Macam mana mau dispuit ala soes kalo adonannya encer banget begini? Tapi yawdah la yaw, tarik Mang! Mo diapain lagi, lha wong aku juga sebelumnya tidak pernah melihat seperti apa adonan soes yang sebenarnya.

Lalu setelah topping disemprot ke atas adonan encer itu, aku sudah sangat yakin kalau adonan itu tidak akan menjadi Soes … Gimana mau menggembung jadi soes kalo adonannya super encer begini?

Tapi maju terus pantang mundur!! Panggang! — sambil harap-harap cemas.

Setelah adonan semakin memipih, maka aku pun memutuskan untuk membiarkan adonan dipanggang lebih lama sampai pinggiran menyoklat dan soes-wanna-be itu menjadi crunchy. Voila! Aku punya resep kue kering baru … bwahahaha…

Baca Juga:  Aneka Tips Sederhana Agar Kue Bolu Lembut dan Mengembang

Apa itu Kue Soes

Tips Sukses Membuat Choux Pastry | Massimo Adami – Unsplash

Kue Soes atau Choux Pastry adalah kue pastry berasal dari Eropa, tepatnya dari Perancis. Disebut juga PÂTE À CHOUX, merupakan adonan terigu yang dimasukkan kedalam mentega yang telah direbus dengan air, lalu kemudian dicampur dengan telur sehingga saat dipanggang akan menggelembung membentuk rongga di dalam kue. Adonan kue Sus ini mengembang dan menggelembung tanpa penambahan pengembang apa pun. Gelembung di dalam rongga kue ini memungkinkan kue sus diisi macam-macam filling atau topping. Vla Vanilla adalah isian kue sus yang paling populer.

Tantangan utama dalam pembuatan kue sus atau Choux Pastry ini adalah membuat adonan yang tepat dan dipanggang dengan suhu yang panasnya cukup pula sehingga adonan bisa menggelembung. Kue Sus yang benar bila bagian luarnya crispy dan bagian dalamnya yang berongga memiliki tekstur yang lembut.

Setelah tanya sana-sini dengan para pakar, aku pun menduga adonan soes yang terlalu encer itu akibat memasukkan telur ketika adonan masih hangat/panas. Diduga adonan yang masih panas menyisakan uap air sehingga adonan menjadi lebih encer ketika dikocok bersama telur.

Baca Juga:  Perbedaan Cara Membuat Saus Karamel dan Sirup Karamel

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kue Sus

1. Didihkan Mentega dan Air

Mentega dan air mesti dididihkan sampai benar-benar mendidih, lalu tepung dimasukkan saat panci masih berada di atas kompor, kecilkan saja apinya. Aduk-aduk adonan sampai kalis, angkat lalu dinginkan sampai benar-benar dingin sebelum dicampur dengan telur. Kalau dicampur masih panas, uap di adonan akan menyumbang cairan di adonan sehingga adonan menjadi encer seperti kesalahanku di atas.

2. Jangan Mengocok Telur Terlalu Lama

Jangan terlalu lama mengocok campuran telur, kita tidak sedang bikin sponge cake kok hahaha. Kalau pakai mikser, lakukan pengocokan dengan speed / kecepatan paling rendah karena tujuan pengocokan hanya untuk mendinginkan campuran telur. Bahkan sebenarnya untuk memastikan adonan terigu sudah dingin, sebaiknya adonan dikocok/diaduk tanpa telur dulu dengan beater supaya uap panas dari adonan bisa cepat keluar. Tapi jangan pula terlalu lama mengaduk adonan terigu matang ini sebab bisa membuat mentega terpisah dari adonan. Setelah tidak lagi terasa panasnya, barulah masukkan telur.

Baca Juga:  Mengenal Teknik Memanggang Au Bain Marie & Tipsnya

3. Perhatikan Ukuran Telur

Telurnya jangan yang berukuran besar-besar, nanti adonan terlalu lembek karena kebanyakan telur. Memang yang paling akurat adalah resep kue soes yang menggunakan berat gram untuk telurnya. Untuk amannya pilih saja telur ukuran sedang ya.

4. Pastikan suhu oven sudah sangat panas

Masukkan adonan kue ke oven dan panggang ketika oven sudah mencapai suhu tinggi. Minimal setel panas oven di 200 C. Bahkan kalau bisa saat memanaskan setel sampai 220 – 250 C, nanti setelah adonan masuk boleh diturunkan jadi 200 C kalau takut gosong. Jangan lupa untuk memanaskan oven minimal 20 menit sebelum memanggang dan jangan sekali-sekali membuka pintu oven saat sedang pemanggangan kalau tidak ingin melihat kue soes menjadi kempes.

Nah itu tips sukses kue soes berdasarkan pengalaman kegagalanku sendiri saat membuat kue soes. Semoga membantu teman-teman semua 🙂

By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

33 Comments

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading