Pengganti Cream of Tartar dan Manfaatnya Dalam Baking

adalah salah satu bahan yang kerap digunakan dalam pembuatan kue. Walaupun namanya , tapi bahan ini sama sekali tidak ada cream-creamnya loh. Cream of tartar itu berbentuk bubuk, entahlah nem kenapa namanya bisa jadi cream of tartar.

Apa itu Cream Of Tartar?

Cream of tartar adalah tartaric acid dalam bentuk bubuk atau powder. Cream of tartar awalnya adalah produk sampingan dari proses fermentasi wine atau anggur. Oleh karena itu Cream of Tartar biasanya tidak halal. Tapi saya sudah melihat ada cream of tartar yang berlabel halal di Indonesia, kemungkinan besar Cream of Tartarnya tidak lagi dibuat melalui proses fermentasi wine. Jadi kalau mau beli cream of tartar yang halal, perhatikan saja logo halal di kemasannya seperti pada gambar di bawah ini.

Cream of Tartar berlogo Halal MUI | foto: tokopedia.com/variabakingstore

Fungsi Cream of Tartar dalam makanan

1. Menstabilkan kocokan Meringue dan

Fungsi dari cream of tartar dalam per-baking-an umumnya adalah sebagai penstabil hasil kocokan putih telur. Meringue yang dibuat dari kocokan putih telur plus gula, hasilnya akan lebih mengembang lembut dan stabil dengan menambahkan cream of tartar. Ya Cream of Tartar memang sangat membantu ketika kita harus berurusan dengan resep-resep kue yang gampang kempes seperti meringue atau souffle.

Baca Juga:  Cara Mudah Membungkus Loyang Au Bain Marie

Penggunaan Cream of Tartar di meringue adalah 1/8 sendok teh untuk tiap putih telur dari 1 butir telur. Cream of tartar mencegah protein dalam putih telur saling menempel sehingga menghasilkan konsistensi meringue yang lebih mengembang halus dan kaku. Dengan menambahkan cream of tartar, putih telur juga akan lebih cepat mengembang.

Cream of tartar juga bisa menjaga kestabilan kocokan , tambahkan sedikit saja, sejumput gitu kira-kira untuk membantu whipped cream cepat mengembang dan tidak cepat kempes.

2. Mencegah gula dalam adonan mengkristal

Kemampuan cream of tartar dalam mencegah gula dalam adonan menjadi kristal sering dimanfaatkan dalam pembuatan candy atau permen lunak. Juga untuk yang menggunakan banyak gula pasir dan ingin mendapatkan efek chewy bukan crispy dari tersebut juga biasanya akan menambahkan cream of tartar.

3. Sebagai pengganti untuk mengembangkan kue

Untuk mengembangkan kue, cream of tartar tidak bisa bekerja sendiri. Ia butuh ditambahkan . Jadi sebenarnya itu adalah yang sudah ditambahkan Baking Powder. Kalau di dapur sedang kehabisan Baking Powder, dan adanya cuma Baking Soda dan Cream Of Tartar, maka bisa dibuat substitusinya. Untuk 1 sendok teh Baking Powder bisa diperoleh dari 1/4 sendok teh Baking Soda ditambah 1/2 sendok teh cream of tartar.

Baca Juga:  Tips Memilih Toples Kue Kering Agar Lebih Tahan Lama

4. Membuat masakan sayur-sayuran tampak berwarna cerah

Saat merebus sayuran, dapat ditambahkan sejumput cream of tartar agar sayuran tetap berwarna cerah.

Pengganti Cream of Tartar

Tapi kalau pun tidak ada cream of tartar di rumah, bahan ini banyak sekali penggantinya yang kemungkinan besar sudah ada di rumah kamu.

1. Lemon Juice

Takarannya adalah untuk 1 sendok makan Cream of Tartar, diganti dengan 2 sendok makan lemon juice. Gunakan langsung kedalam kocokan putih telurmu.

2. Cuka masak putih

Takaran cuka masak putih 1:1 dengan cream of tartar. Hanya saja saya tidak sarankan untuk dipakai dalam membuat kue karena kuatirnya aroma dan rasa cuka yang khas kecut dan asamnya itu bisa mengganggu rasa kue secara keseluruhan.

3. Abaikan saja

Serius kok. Tanpa cream of tartar, meringue kamu akan tetap mengembang sempurna. Whipped cream kamu juga akan lembut memesona. Asalkan kamu menggunakan bahan yang segar dan wadah yang bersih dari lemak dan minyak.

Nah itu dia bahan pengganti cream of tartar apabila penggunaan cream of tartar ditujukan untuk menstabilkan kocokan putih telur atau meringue. Jadi gak usah panik mencari penggantinya bila tidak ada di rumah, ecuali kamu mau pakai cream of tartar untuk tujuan yang lain ya … ^_^

Baca Juga:  Perbedaan Cara Membuat Saus Karamel dan Sirup Karamel

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya