Cara Memanggang Kacang

Memanggang kacang, apakah itu kacang mete, kacang kenari, almond dan lain-lainnya sepintas pekerjaan mudah. Tapi buat newbie in the kitchen seperti aku yang memulai semua pengalaman membuat kue dari NOL BESAR, ternyata memanggang kacang pun bukan perkara mudah.

Problem utama yang sering timbul adalah kacang dipanggang terlalu matang sehingga berwarna terlalu dan bahkan menjadi hitam gosong 😀 Kalau untuk jadi isian kue, mungkin kacang yang terlalu gelap ini tidak terlalu masalah asalkan rasanya tidak berubah menjadi pahit. Tapi kalau kacang panggangnya mau dijadikan topping, waladalah jadinya jelek donk!

Berikut aku sampaikan catatan-catatan bersumber dari kegagalan panggang dan masukan-masukan dari berbagai sumber.

Untuk memanggang kacang, taburkan kacang menjadi satu lapisan di atas loyang kaleng yang cukup besar, jangan menumpuk kacang terlalu tebal agar hasil panggang merata. Lalu panggang kacang di suhu sekitar 170C – 175C selama 15 – 20 menit. Selama pemanggangan kacang harus sering diaduk agar tidak gosong di satu sisi.

Selain dipanggang, kacang juga bisa digoreng kering (goreng dengan minyak sedikit). Panaskan minyak jangan sampai mendidih, masukkan kacang ke wajan berminyak begitu mulai bercahaya. Kecilkan apinya dan sering-sering diaduk selama 4-8 menit.

Microwave juga dapat digunakan untuk memanggang kacang. Metode ini belum pernah aku praktekkan, tapi aku share di sini saja ilmu yang aku dapat dari seorang teman pakar baking. Memanggang kacang di microwave membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Namun Microwave harus di set tiap 2 menit, karena kacang harus diaduk tiap 2 menit (hati-hati ketika mengaduk karena piring dan kacang akan menjadi sangat panas).

Untuk semua metode tersebut, pindahkan kacang ke wadah lain bila sudah terlihat agak mengilap karena proses pematangan akan terus berlangsung dalam sisa panas. Letakkan kacang di atas kertas roti sampai dingin. Setelah itu untuk menjaga kerenyahannya masukkan dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas.

Artikel Lainnya:

6 Comments

  • Putu Anasita Vira Saraswati 11/09/2011 at 14:3132 Reply

    Delicious

    (^_^). Love. [*_*]

  • mou mou 17/06/2011 at 22:5802 Reply

    mbak fe, kalo ditulis bahwa kacang dipanggang selama kurleb 15-20 menit dan harus sering diaduk itu dipanggang dalam oven? trus ovennya dibuka gitu? thanks mbak

    • cakefever 22/06/2011 at 14:3442 Reply

      yang dalam oven? gak usah dibuka ovennya. ketika sedang diaduk saja dibuka. Dalam 15-20 menit, paling tidak ada 3-4 kali pengadukan …

  • pungky 19/05/2011 at 09:3705 Reply

    numpang belajar yabunda hi hi panggil apa ya?.kalo kacang nya di goreng sangan gimana?sama gak ya dengan di panggang.trus klo cookies pake selai kacam ma kacang oven kering yang di haluskan, lebih ok yang mana ya.maturnuwun

    • cakefever 27/05/2011 at 23:5559 Reply

      sangrai yaaa… hmmm, mirip-mirip sih sama panggang …

      Kalo untuk cookies aku biasanya kacangnya dipanggang dalam oven trus baru dihaluskan. Gak pernah nyangrai, jadi gak tau perbedaannya …

  • Mrs.P 15/11/2010 at 07:5613 Reply

    Halo mbaaa….makasi ya tips panggang kacangnya, ak link yaa

Leave a Comment

%d bloggers like this: