Tuesday, May 24

Mengenal 5 Macam Pisau Dapur dan Fungsinya

Bagi pemula, membeli peralatan memasak yang sesuai dengan kebutuhan adalah prioritas. Daripada terlanjur banyak membeli kemudian jarang digunakan, tentu akan percuma, kan? Belum lagi, perawatannya yang tidak bisa disepelekan. Beberapa peralatan memasak dengan fungsi tertentu mengharuskan perawatan khusus.

Salah satu alat memasak krusial adalah pisau. Karena banyaknya jenis pisau yang beredar, kita seringkali kebingungan dengan fungsi aslinya. Apa saja macam macam pisau dan fungsinya? 

Macam-macam Pisau dan Fungsinya

Dalam satu set pisau, Anda akan menemukan macam macam pisau dengan bentuk yang unik serta ukuran yang berbeda. Tentu saja setiap pisau telah didesain khusus untuk fungsi tertentu. Apa saja macam macam pisau? Adakah gambar macam macam pisau dan fungsinya supaya mempermudah dalam mengenali pisau tersebut? Cake Fever telah menyiapkan uraian lengkapnya pada artikel berikut. 

1. Paring Knife

Paring Knife
Paring Knife (Sumber: Titan Baking)

Macam macam pisau pertama yang akan dibahas kali ini adalah pisau iris atau paring knife. Sebenarnya dalam segi tampilan, pisau ini sangat persis dengan chef’s knife atau pisau serbaguna. Namun, perbedaan yang paling jelas ialah ukurannya yang lebih kecil.

Paring Knife hanya berukuran kurang dari 20 cm. Pada badan pisaunya, terdapat lengkungan yang memudahkan proses mengupas atau mengiris. Anda dapat menggunakan pisau ini untuk mengupas buah atau membuat irisan garnish pada makanan.  

2. Cleaver

Cleaver
Cleaver knife (Sumber: India Mart)

Macam macam jenis pisau yang kedua adalah pisau cleaver atau pisau daging. Pisau yang berbentuk persegi panjang dengan mata pisau sangat tajam ini memiliki ukuran yang cukup berat. Gagangnya pun tebal dan kokoh. Hal ini bukanlah tanpa sebab, pisau cleaver lebih berat dibandingkan pisau yang lain karena kegunaannya untuk memotong-motong daging dan tulang.

Baca Juga:  Kenali Jenis Pengayak Tepung Si Kunci Sukses Membuat Kue

Selain itu, pisau ini juga memiliki sebutan lain, yaitu Chinese Chef’s Knife. Pisau cleaver kerap kali digunakan oleh chef atau resto-resto masakan chinese. Mereka menggunakan pisau ini untuk beragam fungsi, mulai dari mencincang bahan makanan seperti sayur mayur, sampai untuk memotong daging yang  besar.

3. Cheese Knife

Cheese Knife
Cheese Knife (Sumber: Christofle)

Varian atau macam macam pisau yang selanjutnya yaitu Cheese knife atau pisau khusus untuk memotong keju. Cheese Knife memiliki bentuk yang unik dengan bagian tengah pisau yang bolong-bolong. Pisau ini telah dibuat khusus untuk memotong keju yang bertekstur lembut sehingga keju yang dipotong tidak mudah hancur.

Pisau ini memiliki ukuran mulai dari 6 cm. Cukup kecil memang, tetapi karena penggunaannya hanya untuk memotong bahan makanan yang bertekstur ringan, maka ukurannya pun tidak perlu terlalu besar. Tak hanya untuk keju, Anda bahkan dapat menggunakan keju ini untuk mengupas bahan makanan lainnya.

4. Bread Knife

Bread Knife
Bread Knife (Sumber: Michael Hession on The New York Times)

Bread knife atau serrated knife adalah satu dari macam macam pisau yang akan Anda jumpai di toko atau bakery. Pisau dengan ukuran 30-50 cm ini berfungsi memotong dan mengiris kue dengan tetap menjaga teksturnya supaya tidak hancur. 

Bread knife memiliki ujung yang tumpul dan mata pisau yang bergerigi. Mata pisau inilah yang memudahkan dalam memotong roti. Tak hanya untuk roti, Anda tetap dapat menggunakan pisau ini untuk kebutuhan lain, memotong sayuran contohnya. 

5. Chef’s Knife

Chef's Knife
Chef’s Knife (Sumber: The Manufactum)

Chef’s Knife dengan kegunaan yang sangat versatile ini bisa ditemukan dengan mudah dapur rumah Anda. Karena kegunaannya yang beragam, pisau ini menjadi pilihan bagi mereka yang tidak mau ribet perihal jenis-jenis pisau. Chef’s knife telah banyak dijual di pasaran secara eceran, berbeda dengan jenis pisau khusus yang biasanya dijual per set. Anda sudah bisa mengupas bawang, mengiris dan mencincang daging, hingga memotong bahan makanan lainnya hanya dengan bermodalkan pisau ini. Untuk beberapa pekerjaan berat, Anda tetap bisa menggunakan chef’s knife, tetapi dengan tenaga dan waktu yang lebih.

Baca Juga:  Yuk Kenal Lebih Dalam Dengan Oven Tangkring

Chef’s knife memiliki mata pisau yang sangat tajam. Ukurannya pun ideal untuk digenggam saat digunakan. Biasanya, pisau ini memiliki panjang 20-30 cm.

 

6. Mincing Knife

Mincing Knife
Mincing Knife (Sumber: emga.com)

Macam macam pisau yang keenam adalah pisau dengan bentuk  yang unik dan dua pegangan. Mincing Knife berukuran besar dengan mata pisau yang melengkung dan tajam. Anda harus memegang kedua gagangnya saat proses mencincang.

Pisau ini cukup mudah digunakan. Hanya dengan menggoyangkan ke dua arah, bahan makanan akan dicincang halus. Namun, pisau ini jarang digunakan untuk keperluan rumahan..

7. Boning Knife

Boning Knife
Boning Knife (Sumber: Boker USA)

Seperti namanya, boning knife dirancang khusus untuk memisahkan daging dari tulangnya, sehingga tidak ada daging yang terbuang percuma karena tidak bisa dilepas dari tulangnya. Pisau ini memiliki bentuk yang melengkung serta runcing di bagian ujung. Ukurannya pun tidak terlalu besar. Hanya sekitar 15 cm.

Sederhananya, pisau ini biasa digunakan dalam proses fillet. Mata pisau boning knife sangat tajam. Anda harus berhati-hati saat menggunakannya..

 

Itulah tadi informasi lengkap tentang macam macam pisau dan masing-masing kegunaannya. Selalu gunakan pisau sesuai kebutuhan dan fungsinya sebagai efisiensi waktu memasak Anda.

 

A communication student who likes talking and writing.
Siti Haliza

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^