Tuesday, May 24

Korsvet, Bahan yang Bisa Bikin Olahan Pastry Jadi Lebih Enak

Anda yang hobi membuat aneka kue homemade tentu saja sudah akrab dengan berbagai macam bahan-bahan baking, seperti tepung, baking soda, bahkan margarin. Bagi Anda yang memiliki spesialisasi membuat aneka olahan pastry, tentu sudah familiar dengan korsvet. Secara fisik mirip dengan margarin, banyak orang yang mengira bahwa margarin dan adalah dua bahan yang sama.

Tentu hal ini merupakan kepercayaan yang salah, karena nyatanya, margarin biasa dan memiliki banyak perbedaan, lho. Mulai dari komposisi, rasa, hingga cara penggunaannya. Tertarik untuk mengetahui lebih banyak hal tentang bahan baking yang satu ini? Yuk, boleh banget intip-intip sederet penjelasan di bawah ini!

Korsvet Itu Apa, Sih? Samakah dengan Mentega Biasa?

Punya bentuk yang mirip banget dengan mentega, korsvet adalah bahan baking yang terbuat dari campuran lemak padat, cair, serta beberapa bahan yang telah disesuaikan, dan merupakan bahan yang sangat berbeda dari biasa. Korsvet biasanya juga akrab disebut dengan shortening pastry, karena memiliki kegunaan yang sangat krusial untuk olahan pastry. Mentega korsvet adalah bahan yang mampu membuat olahan pastry Anda menjadi lebih gurih dan renyah. 

Dari segi volume, korsvet adalah bahan yang lebih padat dibanding biasa. Hal ini disebabkan oleh campuran lemak yang terkandung dalam korsvet, membuat bahan membuat kue yang satu ini bertekstur lebih padat. Penggunaan korsvet pun mampu membuat adonan pastry Anda menjadi lebih kuat dan tidak retak saat digilas. Selain itu, pastry buatan Anda akan memiliki rasa yang lebih gurih bila menggunakan korsvet dalam adonan. 

Baca Juga:  Mengenal aneka jenis keju dan apa saja perbedaannya

Fakta Unik Tentang Mentega Korsvet

Mentega Korsvet (sumber: @papineuy on Instagram)
Korsvet (sumber: @papineuy on Instagram)

Dikenal memiliki banyak manfaat untuk aneka olahan pastry, dan seringkali disebut sama saja dengan margarin biasa, ternyata korsvet memiliki beberapa hal unik yang bahkan membedakannya dengan margarin biasa. Yuk, cek penjelasannya di bawah ini!

1. Rasa

Memiliki tekstur dan rasa yang unik, korsvet mampu menciptakan rasa pastry yang lebih gurih dan memiliki tekstur renyah setelah dipanggang. Sumber rasa gurih yang dimiliki korsvet adalah berasal dari campuran lemak serta bahan-bahan lain yang terkandung di dalamnya. 

Bila atau margarin biasa identik dengan rasa asin dan gurih yang tidak terlalu tajam, maka hal ini berbeda dengan korsvet. Sebab, korsvet memiliki rasa gurih yang cenderung lebih tajam dibanding margarin biasa, lho. Rasa gurih yang ditimbulkan oleh korsvet ini sama sekali tak akan mengganggu sekalipun Anda sedang membuat olahan pastry manis seperti bolen pisang.

2. Kandungan

Seperti yang kita ketahui, korsvet adalah bahan baking yang terbuat dari campuran lemak. Bahkan, kandungan lemak yang ada di dalam korsvet ini ditengarai hampir seratus persen, lho. Meskipun kandungan lemaknya hampir seratus persen, nyatanya korsvet ini masih memiliki campuran lain yang membuat bahan bikin satu ini memiliki nutrisi lain selain lemak. Hal ini tentu membuat korsvet sangat berbeda dengan biasa yang terbuat dari seratus persen lemak.

Korsvet juga diolah melalui proses khusus yang membuatnya terlihat lebih padat dari biasa, namun menjadi lebih lumer daripada saat diolah bersama adonan pastry. Mulai tertarik untuk pakai korsvet tiap bikin kue belum, nih?

3. Harga

Memiliki banyak kegunaan untuk mengolah pastry, ternyata harga korsvet tak terlalu mahal, lho. Namun, beberapa korsvet dengan merk serta kualitas premium juga dijual dengan harga yang cukup fantastis. Anda dapat menemukan berbagai macam merk korsvet yang dijual di toko-toko bahan kue, mulai dari merk dengan grade biasa, atau grade premium. Untuk grade biasa, harga korsvet adalah Rp 20.000 an saja, dan bisa mencapai Rp 500.000 untuk grade premium. 

Baca Juga:  Mengenal lebih dalam tentang whipping cream

Sistem penjualan korsvet pun mirip dengan margarin yang sudah dikemas dengan netto sekitar 250 gram. Namun, jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, Anda juga bisa membeli korsvet yang dijual secara kiloan di toko- terdekat. 

Cara Penggunaan Mentega Korsvet untuk Olahan Pastry

Terkenal memiliki banyak kegunaan untuk olahan pastry, banyak orang yang pada akhirnya tertarik untuk ikut menggunakan korsvet. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menyempurnakan olahan pastry buatan Anda, penggunaan bahan baking yang satu ini sangat dianjurkan, karena bisa menambah aroma, citarasa, dan tekstur pastry jadi lebih crunchy.

 

Cara penggunaan korsvet adalah dengan mengaplikasikan korsvet ke bagian tengah adonan pastry yang akan digiling atau digilas. Setelah korsvet diaplikasikan, adonan tinggal digiling secara berulang hingga hasil adonannya bagus dan sesuai dengan yang Anda inginkan. Kemudian, adonan yang sudah selesai digiling tinggal dipanggang, dan Anda akan melihat hasil kue pastry buatan Anda jadi lebih ‘cantik’ dari sebelum-sebelumnya. Tentu saja karena pakai korsvet!

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang korsvet yang bisa membuat olahan pastry Anda jadi lebih gurih, renyah, dan ciamik tentunya. Ternyata, korsvet adalah bahan baking yang cukup bermanfaat di balik keidentikannya dengan kandungan lemak. Setelah ini, jangan lupa untuk mulai coba-coba praktek bikin kue pastry seperti croissant dan bolen menggunakan korsvet, ya!

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel
Arnetta Firstianti
Latest posts by Arnetta Firstianti (see all)
Baca Juga:  Inilah 5 Jenis Coklat Untuk Kue, Awas Jangan Salah Pilih!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^