Dalam dunia baking kita mengenal beragam jenis tepung seperti tepung terigu, tepung maizena, dan tepung lainnya. Berbagai tepung tersebut menjadi bahan dasar dalam membuat kue atau pun sebagai bahan pelengkap. Jenis-jenis tepung tersebut memiliki karakteristik dan fungsi berbeda, misalnya saja dan tepung kacang hijau. Meskipun memiliki bahan dasar yang sama ternyata kedua jenis tepung ini memiliki fungsi berbeda. Untuk itu berikut perbedaan dan yang perlu kamu ketahui.

Perbedaan Tepung Hunkwe dan Kacang Hijau

Meskipun sama-sama terbuat dari kacang hijau, dan ternyata memiliki karakteristik berbeda. Untuk itu simak perbedaan dan kacang hijau berikut ini.

Tepung Hunkwe

  • Karakteristik Tepung

    Mung bean flour
    atau tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Pati disini berarti berasal dari endapan ketika direndam di air. Tepung ini memiliki tekstur yang licin dan biasanya berwarna putih. Bisa dibilang mirip dengan tepung sagu namun tidak berbau asam, justru tepung ini beraroma harum.

    Oleh karena itu, jika kamu menggunakan jenis tepung ini dalam hidangan tidak perlu menambahkan banyak essence untuk membuatnya wangi. Selain itu, tepung hunkwe juga dapat menghasilkan adonan kue yang lentur serta kenyal dengan aroma khas.
  • Aneka Olahan Tepung Hunkwe
    Tepung ini seringkali digunakan dalam pembuatan kue tradisional dan minuman. Aneka olahan tepung hunkwe antara lain, yaitu cente manis, kue lapis, ongol-ongol serta es selendang mayang. Selain dibuat menjadi jajanan pasar, ternyata tepung ini juga bisa dijadikan campuran dalam pembuatan agar nantinya kue yang dihasilkan lebih renyah. Namun, sebaiknya cukup tambahkan sedikit saja dalam adonan ketika ingin mencampurkannya ketika membuat kue kering.
  • Harga Tepung Hunkwe
    Tepung ini dapat kamu temukan dengan mudah di supermarket atau pasar terdekat dengan harga sekitar Rp25.000 untuk 150 gram, namun harga tersebut juga tergantung dari merk tepung sendiri. Meski dibanderol dengan harga yang sedikit lebih tinggi, kamu tetap bisa menyiasatinya dengan mencampur tepung sagu atau maizena dalam proses memasak. Namun, perlu diingat jika dicampur dengan jenis tepung lain, maka tekstur dari makanan tidak akan sekenyal ketika menggunakan tepung hunkwe murni.
Baca Juga:  Ketahui Cita Rasa dari Berbagai Jenis Coklat Untuk Kue

Tepung Kacang Hijau

  • Karakteristik Tepung
    Tepung kacang hijau adalah yang terbuat dari biji kacang hijau. Tepung ini memiliki warna krem yang diakibatkan oleh pudarnya warna dasar hijau ketika proses penepungan.
  • Aneka Olahan Tepung Kacang Hijau
    Biasanya, tepung ini digunakan dalam pengolahan mie dan roti sebab kandungan gizi nya yang tinggi sehingga nantinya olahan roti maupun mie juga akan lebih bergizi. Selain itu, tepung jenis ini juga dapat digunakan dalam pembuatan aneka kue basah dan kembang gula. Tepung kacang hijau juga dapat ditambahkan dengan tepung lain seperti serealia, gandum dan beras yang dapat digunakan sebagai bahan makanan balita atau MPASI (Makanan Pengganti ASI) yang mengandung nutrisi tinggi.
  • Harga Tepung Kacang Hijau
    Tepung ini ditawarkan dengan harga yang lebih tinggi dibanding tepung jenis lain. Biasanya dibanderol di pasaran dengan harga sekitar Rp30.000 untuk ukuran 550 gram, namun harga tersebut juga tergantung merk tepung.

Cara Membuat Tepung Hunkwe dan Kacang Hijau Di Rumah

Baik tepung hunkwe maupun ternyata bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah. Tentunya makin menghemat pengeluaran bulanan ketika kita membuatnya sendiri. Untuk itu, berikut cara membuat dan hunkwe di rumah. 

Cara Membuat Tepung Hunkwe

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kacang hijau siap pakai. Kemudian, kacang tersebut direndam selama 24 jam di dalam air dengan perbandingan air 4 kali dari berat kacang hijau. Jika sudah 24 jam, buang air rendaman dan cuci kacang hingga bersih. Pastikan saat mencuci sambil meremas-remas kacang hingga seluruh kulitnya terlepas sempurna.

Setelah semua kulit terlepas, sangrai kacang hingga kering dan haluskan menggunakan blender maupun tumbukan tradisional. Selanjutnya, saring tepung menggunakan ayakan. Apabila masih ada kacang yang belum halus, kamu bisa memblendernya ulang dan saring kembali. Jika semua kacang telah halus dengan sempurna, simpan di wadah kedap udara agar tidak mudah tengik dan dapat tahan lama.

Baca Juga:  Pemanis Alami Pengganti Gula Untuk Kue

Cara Membuat Tepung Kacang Hijau

Cara membuat tepung kacang hijau homemade, sebenarnya tidak jauh beda dengan membuat tepung hunkwe. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci bersih kacang hijau dan pastikan tidak ada kotoran maupun kerikil yang tersisa. Setelah itu, sangrai dengan api kecil selama 20 menit. Jika kacang sudah dingin, kamu bisa mulai menghaluskannya menggunakan tumbukan atau blender. Kemudian, ayak kacang menggunakan saringan. Jika masih ada butiran-butiran kacang yang belum halus, kamu juga bisa memblendernya kembali hingga mendapatkan hasil yang benar-benar halus. Setelah itu, pastikan untuk menyimpan tepung di tempat kedap udara dan tepung pun siap diolah.

Itulah perbedaan dari tepung hunkwe dan kacang hijau yang perlu kita pahami. Kedua jenis tepung ini sekilas mungkin tampak mirip, tapi ternyata memiliki perbedaan mulai dari karakteristik, fungsi sampai dengan cara pembuatannya. Untuk itu ketika kamu ingin menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan kue maupun bahan campuran baca dengan teliti resep membuatnya agar nantinya kue yang dihasilkan juga sesuai dengan harapan.

Ruli Wahyuni

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^