Tepung terigu adalah salah satu bahan utama dalam pembuatan aneka jenis makanan, mulai dari kue, roti, jajanan sampai mie. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi tepung terigu, khususnya bagi penderita penyakit celiac, orang yang intoleran terhadap gluten dan sedang melakukan diet gluten. Oleh karena itu, sangat penting untuk newbie in the kitchen memperhatikan jenis-jenis bahan tepung non gluten yang bisa jadi alternatif pilihan saat anggota keluarga kita tidak bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten.

Tidak semua resep kue yang menggunakan tepung terigu bisa langsung digantikan dengan tepung non gluten. Terutama karena beberapa tepung gluten memiliki karakter yang berbeda dengan tepung terigu. Tapi tidak ada salahnya sebelum kita melakukan eksplorasi resep-resep dengan tepung non gluten, kita mempelajari terlebih dahulu apa saja alternatif tepung non gluten yang ada di pasaran.

Berikut alternatif pilihan tepung non gluten yang bisa kita gunakan sebagai pengganti tepung terigu.

1. Tepung Beras Merah

Tepung Beras Merah
Tepung Beras Merah

Beras merah biasanya menjadi pengganti nasi putih saat kita sedang melakukan diet. Namun sebenarnya beras merah yang sudah diolah menjadi tepung juga termasuk ke dalam golongan dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac ataupun orang yang intoleran terhadap gluten? Kandungan protein, serat, vitamin B serta aneka senyawa lainnya yang terkandung dalam Tepung Beras Merah dapat membantu kita menurunkan kadar gula serta mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan jantung. ini bisa ditambahkan pada campuran adonan untuk membuat muffin, kue dan roti.

2. Tepung Jagung

Tepung Jagung
Tepung Jagung

ini juga sering digunakan sebagai pengganti nasi putih, terutama bagi orang yang memiliki penyakit gula. Tepung Jagung terbuat dari jagung yang sudah melalui proses pengeringan dan digiling halus.

Tepung jagung memiliki dua varian yaitu berwarna putih dan kuning. Kita bisa mengkombinasikan Tepung Jagung dalam pembuatan pizza, roti jagung, muffin dan lain-lain. Selain itu, tepung jagung juga memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6, mangan dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh serta mata.

3. Tepung Almond

Tepung Almond
Tepung Almond

Kacang almond pasti sudah tidak asing ditelinga kita, karena biasanya digunakan sebagai topping ataupun campuran dalam pembuatan kue. Selain digunakan sebagai topping, kacang almond juga merupakan tepung non gluten yang aman dikonsumsi bagi orang yang intoleran terhadap makanan yang mengandung gluten.

Tepung Almond terdiri dari dua jenis yaitu berwarna terang yang terbuat dari kacang almond yang sudah direbus lalu digiling. Biasanya tepung almond dengan warna terang cocok digunakan sebagai tambahan pembuatan kue dan muffin dengan warna terang. Sedangkan tepung almond dengan warna gelap terbuat dari kacang almond yang ditumbuk halus dengan kulitnya serta cocok digunakan sebagai campuran pembuatan bahan yang dimasak dengan cara dipanggang seperti roti jahe.

Jika, kita berniat untuk menggunakan ini sebagai tambahan dalam adonan kue perlu diingat perbandingannya yaitu 1 : 1, serta tambahkan satu telur untuk menggunakannya sebagai campuran adonan yang proses memasaknya dipanggang.

4. Tepung Kentang

Tepung Kentang
Tepung Kentang

Menjadi salah satu pilihan pengganti tepung terigu, Tepung Kentang tidak hanya merupakan tepung non gluten tetapi juga mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh. Kentang mengandung protein, serat, antioksidan serta berbagai senyawa lain yang akan membantu tubuh kenyang lebih lama. Saat menggunakan Tepung Kentang sebagai campuran pembuatan kue seperti muffin, roti gulung serta aneka kue lainnya maka tekstur roti yang dipanggang akan lebih lembut dan rapuh.

5. Tepung Kelapa
Jika biasanya kita menggunakan kelapa sebagai isian kue tradisional atau hanya diambil santannya saja, maka sebenarnya kita bisa memanfaatkan kelapa menjadi sebuah tepung. Tepung Kelapa merupakan salah satu bebas gluten dimana kita bisa memanfaatkan tepung kelapa sebagai campuran untuk pembuatan pancake, kue, muffin serta aneka kue lainnya.

Saat kita ingin menggunakan tepung kelapa sebagai pengganti tepung terigu jangan lupa tambahan lebih ? atau ΒΌ dari penggunaan biasanya, karena tepung non gluten satu ini menyerap air lebih banyak. Tapi tenang, saat digunakan sebagai tambahan adonan kue, maka saat dipanggang tekstur kue lebih halus dan ringan.

6. Tepung Sorgum

Baca Juga:  8 Macam Butter Untuk Berbagai Masakan
Tepung Sorgum
Tepung Sorgum

Kalau Tepung Sorgum ini, biasanya digunakan sebagai campuran resep pembuatan kue yang membutuhkan tepung dalam jumlah sedikit. Memiliki tekstur lembut namun dianggap sebagai tepung yang berat maupun padat, maka jika ingin menggunakannya usahakan di campur dengan tepung non gluten lainnya seperti tepung jagung.

Ketika kita menggunakan Tepung Sorgum sebagai campuran pembuatan roti lapis, pancake, roti tradisional serta aneka roti lainnya, maka roti yang dihasilkan akan memiliki warna lebih gelap dari biasanya. Tapi untuk rasa tetap sama nikmatnya dan tidak jauh berbeda saat kita menggunakan tepung terigu yang mengandung gluten.

7. Tepung Bayam

Tepung Bayam
Tepung Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi seperti zat besi, kalsium, karbohidrat dan vitamin. Penggunaan Tepung Bayam dalam adonan membuat aneka roti ataupun kue, maka menggantikan 25% tepung terigu jika dicampurkan dengan aneka lainnya. Biasanya aku menggunakan Tepung Bayam dalam pembuatan tortila, kulit pie dan roti.

8. Tepung Tapioka

Tepung Tapioka
Tepung Tapioka

Kalau tepung non gluten yang terakhir ini juga sering dikombinasikan dengan aneka tepung bebas gluten lainnya dalam pembuatan kue, Tepung Tapioka. Memiliki sedikit kandungan gizi serta serat membuat Tepung Tapioka sering dianggap sebagai kalori kosong. Tapi kandungan patin yang terdapat dalam tepung gluten free ini bisa digunakan untuk mengurangi nafsu makan, menurunkan kadar gula darah dan manfaat pencernaan lainnya.

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

2 Comments
  • zahra
    says:

    ingin menanyakan bahan tambahan apa yg dimasukan pada adonan roti agar lembutnya bertahan lama, dan berapa takaranya jika 1 kg tepung. . . mohon pencerahanya. terimakasih banyak sebelumnya

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^