Wednesday, December 7

Resep English Fruit Cake Enak dan Moist Tanpa Rhum

Fruit Cake yang dimaksudkan disini adalah English Fruit Cake yaitu Cake yang dipenuhi oleh buah kering. Fruit cake biasanya memang menggunakan rhum atau minuman keras lainnya untuk membuat kue lebih moist dan tahan lama. Fruit cake tradisional konon kabarnya bisa tahan 6 bulan karena secara reguler disiram dengan brandy atau minuman keras lainnya.

Namun kue bolu padat dengan isian ini bukan berarti gak bisa dibuat tanpa rhum. Rhun bisa diganti dengan cairan lainnya. Trus nemu blognya Mbak Widya Hidayat yang ada resep Rich Fruit Cake. Dibaca-baca, ternyata tidak pakai rhum.

Baiklah aku coba membuatnya, dan ternyata rasanya enak.

Dari beberapa kali percobaan, ternyata tantangan terbesar bikin Fruit Cake adalah bagaimana caranya membuat buah-buahan kering yang dicampur ke dalam adonan, tidak turun ke dasar kue.

Sejarah English Fruit Cake

English Fruit Cake ini memang sangat populer di Inggris, iya-lah namanya aja English Fruit Cake. Kue ini memang disajikan dalam acara-acara kerajaan Inggris. Ratu Victoria menyajikan English Fruit Cake di hari Pernikahannya, demikian juga saat pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana.

Meski menyandang nama English di depannya, menurut catatan sejarah si Fruit Cake ini sebenarnya bukan pertama kali muncul di Inggris. Fruit Cake diketahui sudah ada sejak jaman Romawi Kuno. Fruit Cake pada masa Romawi Kuno disebut dengan Satura. Isinya adalah campuran dari kacang pinus, barley tumbuk, biji delima, kismis, dan anggur. Campuran ini dibentuk menjadi seperti cake dan dibawa ke medan perang sebagai salah satu bekal makanan Prajurit Romawi. Tentu saja bekal ini dipilih karena Satura atau Fruit Cake ala Romawi ini adalah makanan penuh energi yang mudah dibawa dan tahan lama.

Baca Juga:  Resep Kue Nastar lembut dengan Baker's Mix Blended

Fruit Cake ini memang terkenal sebagai kue yang tahan lama. Fruit Cake yang masih layak makan pernah ditemukan di Antartika dimana tim ekspedisi Terra Nova yang dipimpin penjelajah Robert Falcon Scott pernah tinggal di sana pada tahun 1910.

Fruit Cake yang sudah berumur ratusan tahun yang dibawa oleh ekspedisi penjelajah Robert F. Scott

Suhu udara Antartika yang dingin memang turut membantu pengawetan Fruit Cake sehingga walau sudah berumur ratusan tahun, dan sudah mulai tercium aroma mentega yang kualitasnya menurun, kue ini tetap layak dimakan.

Walau tidak dibekukan oleh suhu dingin antartika atau suhu dingin freezer kulkas kita, kue ini memang tahan lama. Tahan lama bila disiram terus dengan brandy atau liquor lainnya karena minuman keras ini mengandung alkohol yang menghambat pertumbuhan bakteri. Karena pertumbuhan bakteri dihambat, maka proses pembusukan kue pun menjadi sangat lambat.

Untuk resep kue English Fruit Cake tanpa rhum atau tanpa minuman keras ini, tentu keawetan itu tidak terjadi. Jadi fruit cake tanpa rhum ini harus dikonsumsi dalam hitungan hari. Kalau pun ingin disimpan, maka setelah dingin, harus dibungkus rapat dengan plastik lengket dan disimpan di dalam freezer. Bila ingin dikonsumsi, thawing di suhu ruang. Bila fruit cake menjadi terasa kering, bisa dispray atau dikuas dengan juice apel.

Baca Juga:  Resep Carrot Cake Spesial dan Klasik ala Cakefever

Resep English Fruit Cake Tanpa Rhum

Fruit Cake Tanpa Rhum | Cakefever.com

Bahan-bahan yang digunakan:

200 gram mentega
75 gram gula palem
75 gram gula pasir
4 butir telur

200 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung maizena
25 gram susu bubuk
1 sdt bubuk
1 sdt

50 gram madu
350 gram dried fruit mix (aku pakai cherry, kismis, orange peel)
50 gram kenari atau almond sangrai hingga matang

Cara Membuat Fruit Cake:

English Fruit Cake bisa dibuat tanpa rhum | Cakefever.com
  • Kocok mentega, gula palem, dan gula pasir sampai lembut. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
  • Masukkan sisa tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan baking powder bergantian dengan larutan madu sambil diayak dan dikocok perlahan.
  • Tambahkan fruit mix dan almond. Aduk rata. Tuang di loyang 20x20x4cm yang dioles margarine dan dialasi kertas roti.
  • selama 55 menit dengan suhu 170 C sampai matang.
    Keluarkan dari loyang, biarkan dingin.

Membuat English Fruit Cake:

  • Untuk membuat dried fruit (buah kering) bisa tersebar di cake, aku mencampur semua tepung dengan dried fruit cake dan diaduk rata sampai seluruh terselimuti dengan tepung.
  • Yang suka rhum, akan lebih wangi dan lembut bila direndam dengan rhum dulu semalaman. Karena aku tidak mengonsumsi rhum, maka aku rendam di jus apel selama 24 jam di kulkas. Ini akan membuat buah kering jadi lebih lembut. Sebelum dicampur ke tepung, ditiriskan dulu. Ohya, cari jus apel yang bukan terbuat dari konsentrat tapi benar-benar dari perasan buah apel, rasanya akan lebih nikmat. Jus apel seperti ini biasanya di supermarket disimpan di lemari pendingin.

Sudah Baca Yang Ini?

22 Comments

  • Carolina Gunawan

    Enyaaaakkk… Sy sdh bikin sekali coba langsung jadi ? #banggainsendiri
    ? Saya buat, buah2 N sukade sy campur dan sedikit rum inap semalam dlm kulkas. Tambahan air perasan jeruk N zest… Disantap setelah dingin di kulkas ???

    • cakefever

      Kalau ada fotonya, upload dunk di komentar ini yaa… pengen lihat hehehe … klik aja gambar icon image di pojok kiri box komentarnya kalau mau upload gambar …

      • Carolina Gunawan

        Ya mba… Itu ingat berbagi setelah kue habis xixixiiii.. Rencana lusa mau bikin lagi utk acara di rmh..
        Makasih buanget for recipe nya sista…

  • t3tiii

    Mba… thanks banyak atas bagi2 ilmunya. Btw, aku ngintip resep ini dari kapan taun tp baru nyobain tadi,,, yummiiieee… tp knp ya kok buah keringnya ga mau nyebar padahal aku dah campur pake tepung sampe selimutan tepung itu buahnya…problemnya selalu gitu kalo nyampur kue sama buah kering. Walo udah diselimuti tepung tetep aja tenggelam di dasar kue setelah kuenya mateng, di sepertiga bagian atas polos gada buah keringnya. Udah gitu, sebelum dipanggang aku taburin sukade, eh ikutan tenggelam jg 😀 Kenapa ya mba?

    • cakefever

      iya memang problemnya begitu hehehe. Aku juga masih suka gagal nyebarin buah keringnya. Makanya terkadang lihat fruit cake ini buah keringnya buanyaaak banget supaya memenuhi seluruh cakenya. Kemungkinan juga Teti kelamaan mengaduk buah keringnya sehingga buahnya melorot juga ke bawah karena terigunya terlanjur basah.

  • Wiwied

    Mbak, aku sudah nyobain resep makaroni darimu dan suka banget dengan hasilnya. Sekarang mau coba yang fruit cake. Wish me luck yaa 🙂 🙂

  • Ruly Agivianna

    Mbak, aku senang baca blog nya, banyak sekali ilmu yang bisa didapat, makasih banyak yaa sudah mau berbagi…, salam kenal

  • liam

    salam kenal mbak… thanks byk dapet ilmu bikin kue dari mbak.. yg gak pelit bagi2 ilmunya, mbak nanya ada gak sih rhum yg gak pake alkohol, maksudnya tipuannya rhum yg pake alkohol, trus gelatine yg halal tau mereknya gak?
    makasi banyak mbak..

    • Andre Kho

      JELL-O bagus dan setau saya itu halal, kalau nggak cari di TBK ada kok gelatin bubuk yang kilo-an

      • Merek Jello ada yang gak halal, Koh .. perhatiin deh di supermarket dipajang di deretan produk non halal. Klo di TBK ada gelatin yang sudah halal, tapi aku lupa mereknya euy 😀

  • wita

    Mba..klo fruit cake ini telor nya disatuin atau dipisah kuning telor sama putih telornya..biasanya putih telor dikocok terpiisah sampai mengembang..

  • tuty

    salam ceria.
    mba aku dah baca tempat kursus kue,
    tapi aku lebih yakin klu bisa belajar/kursus langsung ke mba aja deh.mungkin kawan2 lain juga setuju dengan permintaanku..
    boleh ya….pls

  • Tatang Sontani

    Salam kenal Mbak, aku senang dengan resep resep yg mbak muat.
    Lain waktu aku cobain dech!!

  • dadiati

    thanks for the recipe, especially for the idea of apple juice to replace rhum. it’s great! hope i can make it.

  • neysa

    lam kenal…ini mba’ ato mas…aku salut banget, hare gene masih ada orang yg ga pelit ilmu…sukses ya…resepnya aku yakin pasti ok dan sempurna secara… pasti jebolan kursus bonavide…BRAVO…!!!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: