Tuesday, September 27

Resep Wingko Babat Teflon Sederhana, Lembut, dan Anti Gagal

Ketika berkunjung ke Lamongan, Jawa Timur, kamu akan menemukan banyak banget toko oleh-oleh yang menjual wingko babat. Yup, wingko babat merupakan makanan yang kerap menjadi oleh-oleh favorit khas Lamongan. Makanan yang berbahan dasar dari dan kelapa ini memiliki rasa manis gurih yang mampu menggugah selera. Siapapun yang mencicipinya pasti ketagihan.

Kalau kamu, sudahkah mencicipi makanan yang jadi oleh-oleh favorit khas Lamongan satu ini? Jika belum, nggak perlu jauh-jauh ke Lamongan hanya untuk mencicipinya, karena kamu bisa membuat wingko babat sendiri di rumah, bahkan dengan teflon. Kali ini Cakefever akan spill resep wingko babat enak dan lembut, yang bisa kamu bikin hanya dengan teflon. Langsung aja cek resepnya di bawah ini, yuk!

Manis, Gurih, dan Lezatnya Wingko Babat

Manis & Gurihnya Wingko Babat | Instagram
Manis & Gurihnya Wingko Babat | Instagram

Siapa sih, yang nggak kenal dengan wingko babat, sajian nikmat sekaligus oleh-oleh legendaris khas Lamongan, Jawa Timur? Usut punya usut, wingko babat dulunya sempat dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang, lho. 

Namun, pada akhirnya, ditemukan informasi bahwa sebenarnya wingko babat tidak berasal dari Semarang, melainkan dari Lamongan. Nama wingko babat sendiri muncul karena makanan yang satu ini berasal dari daerah Babat, Lamongan, Jawa Timur. 

Wingko babat dibuat pertama kali oleh perantau Tiongkok yang bermukim di Babat, Lamongan ini. Namanya Loe Soe Siang dan istrinya yang bermana Djoa Kiet Nio pada tahun 1898. Usaha ini kemudian diteruskan oleh kedua anak mereka yang bernama Loe Lan Ing dan Loe Lan Hwa.

Baca Juga:  Resep Kue Lapis Madu Medovik yang Maniskan Harimu

Dan ketika di daerah Babat berkecamuk huru hara sekitar tahun 1944, Loe Lan Hwa dan suaminya mengungsi ke Semarang. Di Semarang ini kemudian Loe Lan Hwa melanjutkan usaha pembuatan penganan ini dan lambat laun usaha Wingko Loe Lan Hwa semakin dikenal orang. Loe Lan Hwa lalu mulai memberi nama merek di bungkus Wingko buatannya, dengan cap “Spoor” atau kereta api. Dan sejak Loe Lan Hwa membuka usaha Wingko Babat di Semarang, diikuti dengan semakin menjamurnya produsen Wingko Babat lainnya, lama-lama Wingko Babat lebih dikenal sebagai oleh-oleh Semarang ketimbang daerah asalnya di Babat, Lamongan Jawa Timur.

Buat kamu yang belum pernah nyobain wingko babat, makanan yang satu ini memiliki tekstur yang empuk, dengan rasa manis gurih. Dilengkapi dengan aroma khas kelapa sangrai, wingko babat mampu membuat siapapun ketagihan untuk menyantapnya.

Meskipun memiliki citarasa yang terkesan kompleks, sebenarnya, membuat wingko babat itu nggak susah susah banget, lho. Selain karena cara pembuatannya yang mudah untuk diikuti, bahan-bahan yang diperlukan pun juga nggak susah untuk dicari di warung-warung terdekat.

Baca Juga:  Resep Banana Muffin Mengembang Tinggi Ala Cafe & Bakery

Resep Wingko Babat Teflon Empuk dan Lezat

Resep Wingko Babat Teflon | Instagram
Resep Wingko Babat Teflon | Instagram

Kelihatan susah dibuat, ternyata wingko babat bisa dibuat hanya menggunakan teflon, lho. Buat kamu yang sudah penasaran, berikut ini adalah resep wingko babat teflon yang sudah Cakefever rangkum buat kamu. Langsung aja, cek resepnya di bawah ini, yuk. Jangan lupa dicatat baik-baik!

Bahan:

  • 200 gram kelapa parut, kukus
  • 250 gram putih
  • 100 santan
  • 100 gram gula pasir
  • 1 lembar
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml air
  • 1/2 vanili

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, campurkan air, gula, garam, vanili, santan, dan ke dalam panci. Masak dengan api sedang, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Matikan api kalau adonannya sudah mendidih. Angkat dan sisihkan.
  • Dalam wadah lain, masukkan tepung ketan, kemudian tuangkan adonan santan sedikit demi sedikit. Aduk adonan hingga tercampur rata.
  • Tambahkan kelapa parut kukus ke dalam adonan, kemudian aduk kembali adonan wingko babatnya hingga merata.
  • Siapkan teflon, kemudian olesi teflon dengan minyak supaya adonan wingko babat nggak lengket di teflon kamu.
  • Panggang wingko babat di atas teflon, gunakan api kecil saja. Jangan lupa balik adonan bila satu sisinya sudah matang. Hal ini dilakukan supaya wingko babat buatanmu bisa matang sempurna di sisi bawah dan atas. UIangi langkah ini sampai adonan wingko babat habis.
  • Kalau wingko babat sudah matang merata, angkat kemudian sajikan di piring.
Baca Juga:  Resep Red Velvet Cupcake Super Lembut dan Moist

Oke, teman-teman, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep wingko babat yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Setelah mengetahui resep wingko babat di atas, sudahkah kamu tertarik untuk membuat wingko babat sendiri di rumah? Resep wingko babat di atas pokoknya wajib banget kamu praktekkan di rumah. Semoga artikel dari Cakefever kali ini bisa bermanfaat untukmu, ya. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^