Tuesday, September 27

Tag: Resep Kue Basah

Cara Membuat Cenil dari Tepung Kanji Mudah & Sederhana
Recipes

Cara Membuat Cenil dari Tepung Kanji Mudah & Sederhana

Siapa sih yang nggak tahu cenil? Salah satu jajanan tradisional yang tetap eksis hingga saat ini. Teman-teman Cakefever pasti pernah nyobain jajanan unik ini! Sayangnya meskipun masih ada beberapa yang jual cenil, jumlahnya tergolong masih sedikit dan hanya ada di tempat atau daerah tertentu saja.  Tetapi, buat teman-teman yang ingin bernostalgia atau belum pernah mencoba jajanan ini, kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah, lho. Kali ini Cakefever akan membahas resep cara membuat cenil sederhana. Buat kamu yang sudah penasaran, langsung aja cek resepnya di bawah ini, yuk! Cenil, Jajan Pasar Tradisional yang Kenyal dan Nikmat Buat kamu yang belum tahu cenil, jajanan pasar tradisional ini berasal dari Jawa Tengah. Cenil terbuat dari bahan dasar singkong dan dicampur dengan tepung ke...
Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya
Recipes

Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya

Kue apem seringkali ditemukan dalam beberapa acara, seperti memperingati hari raya, ataupun acara selamatan lainnya. Meskipun demikian, teman-teman setia Cakefever tetap bisa membuatnya sendiri jika ingin menyantap kue apem ini. Kali ini, Cakefever akan memberikan cara membuat apem jawa panggang yang bisa kamu coba di rumah. Lezatnya Citarasa Tradisional Apem Panggang Jawa Apem adalah kue tradisional Jawa yang hampir selalu ada di setiap acara. Seiring berjalanannya waktu, kue apem memiliki berbagai macam jenisnya, seperti apem kukus, apem panggang, apem selong, dan lain sebagainya.  Cara membuat apem jawa panggang memang lebih rumit daripada apem kukus. Kamu harus mengawasinya agar tidak gosong. Meskipun demikian, apem jawa panggang memiliki cita rasa yang lebih unik dan menarik. Ape...
Resep Wingko Babat Teflon Sederhana, Lembut, dan Anti Gagal
Recipes

Resep Wingko Babat Teflon Sederhana, Lembut, dan Anti Gagal

Ketika berkunjung ke Lamongan, Jawa Timur, kamu akan menemukan banyak banget toko oleh-oleh yang menjual wingko babat. Yup, wingko babat merupakan makanan yang kerap menjadi oleh-oleh favorit khas Lamongan. Makanan yang berbahan dasar dari tepung ketan dan kelapa ini memiliki rasa manis gurih yang mampu menggugah selera. Siapapun yang mencicipinya pasti ketagihan. Kalau kamu, sudahkah mencicipi makanan yang jadi oleh-oleh favorit khas Lamongan satu ini? Jika belum, nggak perlu jauh-jauh ke Lamongan hanya untuk mencicipinya, karena kamu bisa membuat wingko babat sendiri di rumah, bahkan dengan teflon. Kali ini Cakefever akan spill resep wingko babat enak dan lembut, yang bisa kamu bikin hanya dengan teflon. Langsung aja cek resepnya di bawah ini, yuk! Manis, Gurih, dan Lezatnya Wingko Bab...
Resep Lemet Singkong Gula Merah, Jadi dalam 4 Langkah Doang!
Recipes

Resep Lemet Singkong Gula Merah, Jadi dalam 4 Langkah Doang!

Halo, teman-teman setia Cakefever! Seperti yang kita tahu, sajian tradisional khas Indonesia memang nggak pernah lekang oleh zaman. Bahkan, kita yang sudah berumur pun kadang masih suka beli jajanan depan SD. Nah, salah satu hidangan jadul yang masih banyak dicari sampai sekarang adalah lemet singkong. Yup, jajanan tradisional yang satu ini punya rasa enak, manis, dan legit yang nggak lekang oleh zaman. Kamu sendiri, suka kah dengan jajanan tradisional yang satu ini? Kali ini Cakefever akan kasih tau kamu tentang resep lemet singkong enak yang bakalan jadi cuma dalam 4 langkah. Daripada kamu semakin penasaran, yuk, langsung aja intip resep lemet singkong dari Cakefever berikut ini! Lemet Singkong, Sajian Tradisional Enak, Manis, & Legit Siapa sih, yang nggak suka dengan lemet sing...
Resep Sarang Semut Karamel Simpel, Legit, dan Mudah Dibuat
Recipes

Resep Sarang Semut Karamel Simpel, Legit, dan Mudah Dibuat

Halo teman-teman setia Cakefever! Kalau kita bicara soal kuliner khas Nusantara, tentu nggak bakalan ada habisnya, ya. Banyak banget kuliner-kuliner dan jajanan khas Indonesia yang menggugah selera, mulai dari kue putu, getuk, hingga batagor. Salah satu hidangan sederhana dan enak ala Nusantara adalah bolu sarang semut. Bahkan, bolu sarang semut juga sering disebut sebagai kue karamel di beberapa wilayah, lho. Kamu sendiri, sudah pernahkah mencicipi bolu sarang semut atau bolu karamel ini? Kalau belum, nggak perlu deh beli di luar. Sebab, kali ini Cakefever bakal spill resep sarang semut nih, buat kamu. Jadi, kamu bisa langsung bikin sendiri dengan mudah di rumah. Daripada semakin penasaran, langsung aja kepoin resep sarang semut karamel dari Cakefever berikut ini, yuk. Check this out! B...
Resep Lumpia Pisang Coklat Anti Ribet
Recipes

Resep Lumpia Pisang Coklat Anti Ribet

Kali ini bikin sesuatu yang gampang aja ... Lumpia Pisang Coklat! Kenapa aku kasih nama Lumpia Pisang Coklat? Hmmm ya karena aku pakai kulit lumpia siap beli di supermarket ... hehehe. Kulit lumpia yang dipakai itu kulit yang tipis. Ada juga kulit lumpia yang rapi banget potongannya, ukuran lebih kecil tapi lebih tebal. Aku pake yang tipis aja biar kres kres. Ide bikinnya sih Pisang Coklatnya warung si Om Pistales di depan SMA-ku dulu, SMA 3 Setiabudi. Pisang Coklatnya enak, kayaknya aku belum pernah nemu Pisang Coklat yang lebih enak daripada Pisang Coklat Pistales deh ... Ehya, selain Pisang Coklat, favoritku yang lain itu tahu gorengnya. Waduh, enaaaag banget deh... Gak tau apa enaknya dari tahunya, isinya, apa kuah kacangnya. Pokoke kombinasi tahu saus kacang itu Te-O-Pe Be-Ge-Te. U...
Cara Membuat Klepon Lembut, Kenyal, dan Anti Pecah
Recipes

Cara Membuat Klepon Lembut, Kenyal, dan Anti Pecah

Klepon adalah salah satu jajanan tradisional berisi gula merah yang disukai berbagai kalangan. Tekstur dari kue klepon kenyal dan manis dengan warna khas hijau dibalut kelapa. Jajanan ini cocok banget dijadikan cemilan di sore hari.  Klepon sudah ada sejak tahun 1950-an. Konon katanya kue ini diperkenalkan pertama kali di Belanda oleh seorang imigran dari Pasuruan. Pada tahun tersebut klepon banyak tersedia di toko-toko dan restoran Indonesia dan etnis Tionghoa.  Nama klepon sendiri sebenarnya terkadang berbeda-beda pengertiannya di setiap daerah. Seperti di daerah Sulawesi dan Sumatera, klepon disebut sebagai onde-onde. Hal ini terkadang membuat orang Jawa bingung karena kalau di Jawa nama onde-onde mengandung makna kue yang berisi adonan kacang hijau.  Makanan khas Jawa ini juga memil...
3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!
Recipes

3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!

Kue tradisional memang sedikit demi sedikit mulai lekang oleh waktu. Namun jangan salah, tidak selamanya kue-kue ini dilupakan oleh masyarakat. Salah satu kue khas jadul yang masih banyak dicari masyarakat adalah kue talam. Bahkan, kini Anda bisa membuatnya di rumah dengan rasa dan tekstur yang bahkan bisa disesuaikan dengan selera Anda, karena ternyata membuat kue talam tak sesulit yang Anda bayangkan, lho. Apa saja resep kue talam yang enak dan mudah untuk dibuat? Temukan resep kue talam favorit Anda hanya di Cakefever! Kue Talam, Hidangan Manis Sederhana yang Menggugah Selera Siapa yang tak kenal dengan kue talam? Kue tradisional asal Betawi dengan paduan rasa manis dan gurihnya yang nendang membuat kue ini kerap dijadikan takjil saat berbuka puasa. Kue talam yang diperkirakan telah...
Inilah 3 Resep Kue Pancong Lumer, Kekinian, dan Enak!
Recipes

Inilah 3 Resep Kue Pancong Lumer, Kekinian, dan Enak!

Jajanan pasar memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Selain bahannya yang tanpa pengawet dan dinilai lebih sehat, jajanan pasar khas daerah tertentu juga dapat mengingatkan kita akan memori yang ada di tempat tersebut. Salah satu jajanan tersebut tak lain adalah kue pancong. Penyebutan kue pancong sangat beragam karena berbeda-beda di setiap daerah. Jika di Jakarta namanya kue pancong, di Jawa Barat kue ini disebut bandros. Kemudian jika di Jawa Tengah adalah gandos, dan di Bali disebut haluman.  Membuat kue pancong sendiri selagi luang bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. Apa saja bahan dan resep kue pancong? Langsung scroll artikel ini sampai habis, ya! Kue Pancong, Jajanan Jadul yang Tak Lekang Oleh Zaman Di tengah industri food and beverage Indonesia ya...
4 Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Manis, Mudah Dimasak di Rumah!
Recipes

4 Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Manis, Mudah Dimasak di Rumah!

Saat menghabiskan waktu bersantai di rumah, tentunya kita sama sekali tak pernah lepas dari camilan. Lebih hemat bila dihitung, membuat kue di rumah sendiri seringkali menjadi pilihan saat kita memiliki waktu luang, daripada harus membeli camilan di luar. Salah satu camilan yang enak disantap saat santai dan mudah dibuat adalah Kue Putu Ayu. Memiliki citarasa yang cukup kompleks dan penampilan yang cantik, siapa sangka bahwa Kue Putu Ayu tak susah untuk dibuat. Bingung mencari aneka resep Kue Putu Ayu untuk dipraktekkan sendiri? Cakefever punya jawabannya! Yuk, diintip aneka resep Kue Putu Ayu sederhana, enak, dan lembut di bawah ini! Kue Putu Ayu Kukus, Teman Manis Saat Bersantai Kue Putu Ayu merupakan salah satu sajian ringan berupa kue basah yang terbuat dari campuran tepung, telur...