Cara Mudah Membuat Wajik Ketan Gula Merah Legit Maknyus Pol!

Hai semua! Beras ketan merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat, mulai dari ketan bubuk, lemper, hingga sajian nikmat lainnya. Jajanan jadul yang diolah dari beras ketan bahkan memiliki citarasa yang nggak lekang oleh waktu, karena masih banyak dicari hingga kini. Salah satu kue jadul lezat yang berbahan dasar beras ketan adalah wajik ketan gula merah.

Yup, wajik ketan gula merah merupakan kue yang memadukan beras ketan dengan manisnya gula merah, sehingga menjadi olahan yang kenyal dan manis. Meskipun terlihat susah untuk dibuat, nyatanya kue yang satu ini dapat kamu buat dengan mudah di rumah, lho. Kali ini, Cakefever bakal spill resep wajik ketan gula merah untuk kamu. Penasaran? Langsung aja cek penjelasan di bawah ini, yuk!

Wajik, Jajanan Jadul yang Legitnya Melegenda

Wajik Gula Merah | Instagram
Wajik Gula Merah | Instagram

Wajik ketan gula merah adalah jajanan yang sudah terkenal sejak dahulu kala, bahkan masih eksis hingga kini. Seperti namanya, wajik ketan gula merah ini tentu berbahan dasar beras ketan dan gula merah. 

Baca Juga:  Resep Kue Putri Salju Lebih Legit dengan Kacang Mede dan Tetap Lembut

Memadukan kenyalnya kukusan ketan dan manisnya gula merah, kue wajik ini tentu bisa membuat siapapun tertarik. Kue wajik ketan ini cocok banget disantap sambil ngopi-ngopi cantik di teras rumah.

Kue wajik ini memang identik diolah dengan gula merah. Namun, sekarang sudah mulai banyak orang yang mengkreasikan kue wajik dengan aneka varian dan sentuhan yang lebih kekinian, misalnya kue wajik pandan, wajik nanas, dodol wajik, hingga wajik bunga telang. Sangat unik, bukan? Kreasi seperti ini membuat kita nggak heran kenapa kue wajik masih tetap eksis hingga kini meskipun kue wajik merupakan jajanan jadul.

Resep Wajik Ketan Gula Merah Legit dan Nikmat

Resep Wajik Ketan Gula Merah | Instagram
Resep Wajik Ketan Gula Merah | Instagram

Kenikmatan wajik ketan gula merah memang memiliki citarasa yang terasa kompleks, namun hal ini bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Kali ini, ada resep wajik ketan gula merah dari Cakefever untuk kamu. Langsung cek di bawah ini, ya!

Bahan:

  • 500 gram beras ketan putih, rendam selama kurang lebih 2 jam
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml santan kental
  • 250 gram gula merah atau gula aren
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
Baca Juga:  Resep Blueberry Cheese Cake Yang Mudah dibuat oleh Pemula

Cara membuat wajik ketan gula merah:

  • Pertama, kita akan kukus beras ketan terlebih dahulu. Siapkan panci kukusan, kemudian panaskan. Jika panci kukusan sudah panas, masukkan beras ketan, kemudian kukus beras ketan selama kurang lebih 15 menit. Matikan api jika beras ketan sudah selesai dikukus, kemudian sisihkan.
  • Next, kita rebus santan bersama gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Tambahkan air, kemudian masak hingga mendidih. Jangan lupa sambil diaduk-aduk supaya adonannya bisa tercampur rata, ya.
  • Selanjutnya, kita masukkan beras ketan yang sudah dikukus ke dalam adonan santan dan gula merah. Aduk-aduk sampai adonan gula merah meresap sempurna ke dalam ketan. Jika adonan gula merah sudah terserap habis, dan tekstur ketan terlihat lebih mengkilap, matikan api.
  • Pindahkan wajik ke wadah, kemudian bentuk wajik sesuai bentuk yang kamu inginkan. Umumnya, wajik dibentuk persegi atau belah ketupat. Kemudian, diamkan dalam suhu ruang hingga wajik sudah siap disantap.

Nah, teman-teman, itulah tadi beberapa penjelasan tentang wajik ketan gula merah yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Sudahkah kamu tertarik untuk bikin wajik sendiri di rumah, pakai resep di atas? Semoga tulisan dari Cakefever kali ini bisa jadi insight baru buat kamu, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Resep Lapis Legit Menggunakan Oven Listrik

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya