Tuesday, September 27

Cara Membuat Klepon Lembut, Kenyal, dan Anti Pecah

adalah salah satu jajanan tradisional berisi gula merah yang disukai berbagai kalangan. Tekstur dari kue klepon kenyal dan manis dengan warna khas hijau dibalut kelapa. Jajanan ini cocok banget dijadikan cemilan di sore hari. 

sudah ada sejak tahun 1950-an. Konon katanya kue ini diperkenalkan pertama kali di Belanda oleh seorang imigran dari Pasuruan. Pada tahun tersebut klepon banyak tersedia di toko-toko dan restoran Indonesia dan etnis Tionghoa. 

Nama klepon sendiri sebenarnya terkadang berbeda-beda pengertiannya di setiap daerah. Seperti di daerah Sulawesi dan Sumatera, klepon disebut sebagai onde-onde. Hal ini terkadang membuat orang Jawa bingung karena kalau di Jawa nama onde-onde mengandung makna kue yang berisi adonan kacang hijau. 

Makanan khas Jawa ini juga memiliki banyak makna filosofis, salah satunya sebagai lambang kesederhanaan. Bahannya yang sederhana dan mudah dibuat membuat semua orang bisa memasaknya. Selain itu memakan klepon itu mengajarkan etika makan yaitu mulut harus tertutup saat mengunyah dan jangan sambil bicara. Sebab bila kita makan klepon dengan mulut terbuka, isi klepon yang berupa gula merah cair akan muncrat keluar dari mulut. Bahkan dalam buku Nostalgia Kue Tenang oleh Nimpuno disebutkan bahwa klepon menyiratkan bahwa terkadang sesuatu yang alot akan terasa manis di kemudian hari dengan usaha yang dilakukan. Perumpamaan ini diambil dari saat mengunyah klepon yang terasa kenyal dan ulet namun lama-lama akan terasa manisnya si gula merah cair.

Nah setelah mengetahui kue yang ternyata sarat makna filosofis ini, yuk kita pelajari cara membuat klepon yang sederhana ini.

Baca Juga:  Cara Membuat Roti Simit, Roti Bagel Sejuta Umat dari Turki

Tips Membuat Agar Tidak Pecah Saat Direbus

Sebelum benar-benar masuk ke tahap resep mari kita bahas tips membuat klepon. Mengapa perlu membahas hal ini? memiliki isian gula merah yang gampang pecah ketika dimasak sehingga kamu harus mengetahui cara pas yang seperti apa agar klepon tidak pecah. Berikut tips membuat klepon agar tidak pecah:

1. Gunakan Air Hangat

Ketika membuat adonan untuk klepon maka jangan menggunakan air dingin atau air panas. Pilihlah air dengan suhu hangat-hangat kuku agar adonan mudah dibentuk dan menjadi kalis.

2. Takaran Air yang Sesuai

Air yang terlalu banyak akan membuat adonan menjadi lembek dan susah dibentuk. Disatu sisi jika air yang diberikan terlalu sedikit akan membuat adonan menjadi keras. Oleh karena itu berikan takaran air yang sesuai ya, perhatikan bila adonan sudah cukup kalis, maka tidak perlu memasukkan semua air.

3. Ketika Selesai Dibentuk Langsung Dimasak

Adonan yang sudah diisi gula merah dan dibentuk menjadi bola-bola dapat langsung dimasak tanpa perlu menunggu semuanya menjadi selesai. Hasil yang didapatkan pun dapat menjadi lebih bagus.

4. Tambahkan Air Kapur Sirih

Ada sedikit tips dari Cakefever agar adonan klepon kamu menjadi kenyal dan kesat yakni dengan menambahkan air kapur sirih. Ini sebenarnya opsional kok, namun dengan menambahkan air kapur sirih membuat adonan kamu semakin bagus dan tidak mudah pecah.

5. Jangan Mengisi Terlalu Banyak Gula Merah

Isian dari klepon memang sangat nikmat, namun memberikan terlalu banyak isian gula akan membuatnya mudah pecah saat direbus. Jadi, isi klepon dengan ukuran yang pas agar adonan bisa menahan gula merah dan tidak pecah saat direbus.

Baca Juga:  Cara Praktis Membuat Dulce de Leche Ala Rumahan

1. Resep Kenyal Anti Pecah

Setelah mengetahui tipsnya, saatnya membuat klepon. Yuk simak cara membuat kue klepon yang enak, lumer, dan anti pecah ketika dimasak. 

Klepon gula merah anti pecah
gula merah anti pecah | Cookpad

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung ketan
  • 200 ml air panas
  • 2 sendok gula pasir
  • Gula merah secukupnya
  • 1 sdt Pasta Pandan
  • Taburan: Kelapa parut yang sudah dicampur sedikit garam sebagai taburan kue

Cara membuat Klepon:

  1. Siapkan bahan taburan, kelapa parut yang sudah disiapkan dikukus dahulu selama 10 menit lalu sisihkan. 
  2. Iris tipis-tipis gula merah sebagai bahan isian kue.
  3. Siapkan wadah lalu masukkan tepung ketan dan gula pasir, tuangkan air hangat perlahan-lahan kemudian masukkan pasta pandan. Uleni adonan hingga kalis dan mudah dibentuk.
  4. Ambil sedikit adonan yang sudah kalis lalu pipihkan, isi gula merah, dan tutup hingga membentuk bulat.
  5. Rebus adonan hingga mengambang. Setelah masuk langsung taburi dengan dengan kelapa parut yang sudah disiapkan tadi.
  6. manis dan kenyal siap disajikan. 

2. Resep Lembut dengan Tepung Kentang

dengan isian gula merah yang mencair saat dikukus | madamlie_bdg – instagram

Nah selain resep klepon dengan bahan yang sederhana seperti tersebut di atas, ada yang mengkreasikan resep standar tersebut dengan penambahan tepung kentang yang dikombinasikan dengan tepung beras. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tekstur kulit klepon yang lebih lembut dan lebih kenyal. Yuk dicoba dan bandingkan dengan resep yang hanya menggunakan tepung ketan saja.

Bahan Kulit Klepon

250 gram Tepung Ketan
50 gram Tepung Beras
50 gram Tepung Kentang (Bisa menggunakan tepung kentang siap pakai)
1 sdt Pasta Pandan
400 ml air matang

Baca Juga:  Resep Cheddar Cheese Cake Lembut Ala Rumahan

Bahan isian dan taburan Klepon

200 gram gula merah diiris halus

Untuk taburan, campur dan kukus :
1/2 butir kelapa parut
1/4 sdt garam
1 lembar daun pandan

Cara membuat Klepon

  1. Campur Tepung Ketan, Tepung Kentang dan Tepung Beras lalu aduk rata. Tambahkan pasta pandan dan air matang ke dalam campuran tepung. Uleni sampai adonan kalis dan dapat dibentuk.
  2. Ambil adonan kulit, pipihkan isi dengan gula merah, bulatkan. Lakukan sampai semua adonan habis.
  3. Rebus air sampai mendidih. Masukkan bulatan-bulayan klepon ke dalam air mendidih lalu masak sampai mengapung. Angkat dan tiriskan.
  4. Gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dikukus dengan garam dan daun pandan terlebih dulu.
  5. Klepon siap disajikan.

Demikian tips dan cara membuat klepon kenyal anti pecah. Bahan-bahan yang mudah didapatkan serta murah membuat klepon dapat menjadi cemilan pilihan di sore hari yang nikmat. Selamat membuat klepon!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^