Resep Applesauce Cake Glazur Cinnamon

Uji Coba Resep, Teks dan Foto: Andreas Kho Setiap kali berkesempatan keluar negeri, saya selalu menyempatkan diri ke supermarket terbesar dan berburu di bagian bumbu masak dan perlengkapan baking. Apapun yang terlihat menarik dan belum pernah di lihat ada di supermarket di tempat saya tinggal (kota kecil di daerah Jawa Tengah) pasti tanpa pikir panjang saya akan ambil.

Nah, lebaran kemarin saya ke Malaysia dan mendapatkan Applesauce siap pakai dalam kemasan per-pot @118 gram. Saya membeli cukup banyak karena harganya memang termasuk terjangkau dan kemasan praktis yang tak akan menyita space koper.

Hingga cukup lama setibanya saya di Indonesia, saya tidak tau mau diapakan Applesauce ini. Beberapa kali browsing kebanyakan Applesauce digunakan untuk campuran …dan saya membayangkan itu adalah yang lembek dan tidak krispy, saya tak suka.

Juga beberapa resep menggunakan Applesauce untuk dimasak sebagai puree dan daging, dan itu jelas tidak membuat saya berminat. Hingga pada akhirnya saya menerima kiriman buku resep cake dari amazon.com – saya sendiri malah lupa kalau saya pernah pesan hehehehe. Dan ternyata pas lagi buka-buka sebentar saya menemukan resep cake yang menggunakan Applesauce, dan setelah saya baca lebih seksama lagi ternyata semua bahan pendukung pas ada di dapur,

Bahan Cake :

2 cup protein tinggi >> contoh terigu merek cakra
1,5 cup gula halus >> kalau tidak ada, blender saja gula pasir sampai halus
1 sdt baking soda
1,5 sdt kayu manis bubuk
1 sdt baking powder
0,5 sdt garam halus
1 sdt bumbu spikuk
3 butir
1,5 cup Applesauce >> saya pakai 3 kemasan @118gram
0,5 cup butter/ dicairkan >> ganti pakai minyak goreng juga tak apa
1 sdm vanila extract >>harus vanila yang extract !
Optional kuning 0,5 cup >> saya ga pake

Cara Membuat :

Panaskan 180 derajat celcius, siapkan loyang ukuran 24 x 24 cm tingginya kira-kira lebih dari 4 cm, olesi dengan minyak dan taburi tipis-tipis dengan tepung.

  1. Campur semua bahan kering, aduk rata
  2. Masukan , vanila, applesauce, butter cair lalu di mixer dengan kecepatan medium selama sekitar 1 menit sampai tercampur dan rata
  3. Tuang ke dalam loyang
  4. Panggang sekitar 45 menit.
  5. Setelah matang, lepas dari loyang dan dinginkan cake dengan cara di angin-anginkan di atas wire-rack selama sekitar 2-3 jam.
Baca Juga:  Resep Lapis Legit ala CakeFever

Sebenarnya kue ini sudah cukup enak dan chewy, hanya saja kalau saya bilang penampakannya kurang cantik jadi perlu-lah di beri lapisan glazur supaya agak-agak oke.

Bahan glazur :

2 cup icing sugar
3 sdm butter salted atau sekitar 40 gram (saya pakai orchid) — suhu ruang
45 ml susu UHT putih tawar
1 sdm vanila extract
1,5 sdt bubuk kayu manis

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan lalu dimixer sampai kaku dan rata.
  • Masukkan dalam pipping bag lalu semprotkan rata diatas cake yang sudah dingin.
  • Beri hiasan warna-warni (ga tau namanya pokoknya yang bintik-bintik warna warni itu)
  • Diamkan dibawah AC atau masukan kulkas sebentar supaya lapisan gula mengeras lalu baru siap disajikan.

Cake ini enaaaaakkkk banget, rasanya agak-agak sepet, manis, legit dan wangi, lapisan glazurnya juga bikin sensasi nyesss. Bikinnya gampang, hasilnya pun juga oke.

*Kalau kesulitan mendapatkan Applesauce kemasan bisa mencoba membuat sendiri, Lihat caranya di blognya Mama Vicky. Hanya saja perlu diperhatikan karena ini untuk cake, lebih baik takaran gulanya dikurangi atau bisa juga dihilangkan saja.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: