Resep Lapis Legit

Lapis legit adalah kue yang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya. Lapis legit ini aku buat dengan listrik. Setelah 3 kali uji coba, akhirnya berhasil juga menaklukkan ini.

Resep ini adaptasi dari resepnya Hadi Tuwendi dan setiap praktek aku cuma pakai ukuran setengah resep. Dan hasilnya adalah putih dari 90 butir tersimpan di freezer kulkas. Udah dibuat lidah kucing, macarons, brownies putih telur, dikukus, pepe lapis, huaaah masih banyaakk!! Aku udah mati gaya mau diapain lagi tuh putih yang masih tersisa! Ada ide??

Bahan-bahan Lapis Legit:


700 gram butter atau mentega kalengan (merek sesuai selera)
Bila menggunakan salted butter tidak perlu tambah garam (bila menggunakan unsalted butter bisa tambahkan sekitar 1 gram garam)

900 gram kuning telur (kurang lebih dari 60 butir )
430 gram gula halus (gula biasa diblender sampai halus agar pengocokan butter lebih cepat)
50 gram susu bubuk full cream
60 gram terigu serba guna
3 sdm
1 sdt bumbu spekoek

Cara Membuat Lapis Legit:

Campur butter dengan garam, kocok dengan kecepatan sedang, lalu tambahkan , kocok sampai kental dan putih, sisihkan. Di tempat terpisah, kocok kuning telur dan gula halus sampai adonan kental dan mengembang, sisihkan. Di tempat lain, campur semua bahan kering (terigu, spekuk dan susu bubuk).

Setelah itu campur kocokan kuning telur ke kocokan butter, secara bertahap dan berselang-seling dengan memasukkan bahan kering. Kocok rata dengan mixer kecepatan rendah.

Siapkan 20x20x7cm (kalau pakai setengah resep) atau 22x22x8cm (kalau satu resep). Loyang dialasi kertas dan alasnya dioles mentega tipis-tipis. Dinding jangan dioles ya.

Gunakan satu ukuran sendok untuk memasukkan adonan. Aku menggunakan cup pengukur (measurement cup) ukuran 1/4 cup untuk tiap lapisnya.

Untuk 2-3 lapis pertama, hidupkan api atas dan bawah (ini kalau pakai listrik kayak punyaku ya). Karena listrikku itu panasnya kurang rata, sehingga ketika memanggang lapisan pertama tanpa menghidupkan api atas, niscaya permukaannya tak kunjung mengering.

Baca Juga:  Resep Kue Muffin Wilton

Setelah 3 lapis, matikan api bawah dan teruskan perjuanganmu (hihihi) memanggang selapis demi selapis adonan lapis legit sampai habis semua adonannya. Setelah habis, hidupkan api bawah dan panggang lagi selama 10 menit. Ohya, kalau permukaan lapis legitnya sudah mengering di tahap ini, tutupi dengan aluminium foil ya, supaya tidak gosong.

Selamat berjuang, eh mencoba ūüėÄ Aku sudah tuliskan dalam satu artikel tips sukses Lapis Legit berdasarkan pengalamanku dan nasihat serta masukan dari pakar, tips sukses lapis legit bisa dilihat di sini!

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: