Resep French Macaron

Macaron
Macaron Warna-Warni | img: Adrianna Calvo from Pexels

Duluuu sekali aku pernah mencoba membuat . Padahal waktu itu belum pernah mencicipi rasa yang sebenarnya. Tertarik mencoba membuat karena bentuknya yang cute banget gitu loh. Apalagi waktu itu lihat postingannya di blog seseorang (waduh aku lupa beneran namanya) yang emang jago food photography, gak heran macaronnya tampil cantik sekalee … Pas baca step-step pembuatannya kok ya gampang bener. Jadinya modal nekad, gak pake riset, langsung bikin! … Ok, pasti sudah tau hasilnya. Macaronnya kempes semua 😀

Waktu berlalu, tak lagi pernah terpikir untuk membuat Macaron, dan juga tidak berusaha mencari tahu kenapa Macaronku gagal dan kempes semua. Sampai dalam suatu urusan pekerjaan, aku ketemuan dengan Trinity sang Naked Traveler. Trinity memilih lokasi ngobrol di Bakerzin Pondok Indah Mal. Naah kalo dah di Bakerzin, gak mungkin dong gak mesen Macaron? Ternyata Trinity ngefans berat dengan penganan perancis ini yang rasanya manissss sekali, sodara-sodara 😀 Sehingga kami pun memesan dengan berbagai rasa, ahay!

Tapi lama-kelamaan dirasakan, dibalik rasa manis macaron yang memang rada kebangetan untuk mereka yang kurang suka makanan manis, ada rasa legit dan gurih yang pastinya berasal dari almond bubuknya … daan yang bikin mantap itu memang fillingnya. Untuk menetralisir macaron yang memang udah manis, filingnya sebaiknya jangan lagi yang manis. Juga kulit macaron ternyata ada yang tipis seperti yang dulu pernah aku bikin dan ada juga yang rada keras. Apalagi yang ada hiasan-hiasan segala di kulit macaronnya, itu keras deh.

Ngobrolin macaron ngalor ngidul sama Trinity, akhirnya malah bikin aku jadi pengen bisa menaklukan si Macaron ini … Baiklah, saya akan coba bikin macaron lagi!

Dan ini adalah bahan baku si Macaron adaptasi Resep Tante Martha Stewart:

Bahan Utama Macaron:

  • 1 cup gula pasir
  • 3/4 cup Almond Bubuk
  • 2 putih telur, suhu ruang
  • Sejumput cream of tartar (optional)
  • 1/4 cup gula halus

Cara membuat:

Blender gula pasir dan almond bubuk sampai halus, boleh pakai blender atau food processor. Setelah halus, ayak dua kali supaya tambah halus.

Kocok putih telur sampai soft peak dan shiny (berkilat), jangan sampai terlalu kaku. Lalu masukkan gula halus dan kocok dengan kecepatan tinggi sampai kaku. Untuk yang menggunakan cream of tartar bisa dimasukkan sebelum putih telur menjadi soft peak.

Kaki Macaron sudah terbentuk, tapi permukaannya retak
Kaki Macaron sudah terbentuk, tapi permukaannya retak

Masukkan blenderan almond bubuk yang halus ke kocokan putih telur dan aduk balik sampai rata. Masukkan ke dalam pastry bag (plastik contong segitiga) lalu semprotkan ke loyang datar yang sudah dialasi baking paper. Sebaiknya tidak mencontoh kemalasanku memasang baking paper seperti pada foto karena kalau proses membuat macaron gagal, bisa lengket di loyang dan bikin repot saat harus membersihkan loyang anti lengketku yang tetap saja dilengketin sama si macaron gagal 😀

Setelah disemprot di loyang, jangan langsung dimasukkan ke oven ya. Biarkan adonan menunggu. Tante Martha sih bilang 15 menit, ada resep yang bilang sampai satu jam … Aku ambil 30 menit saja deehh.

Macaron retak
Macaron retak
Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan 180C, tapiiii saat masuk adonan ke oven, suhu oven harus diturunkan jadi maksimal 160C (kenali oven masing-masing ya!). Waktu panggang hanya 10 menit di suhu 150C. Nah ini sendiri sebenarnya aku masih belum berhasil, karena macaronku sukses pecah semua :)) Eh nggak dink, masih ada beberapa yang selamat gak pecah.

Inti dari kegagalanku adalah aku belum bisa menjaga suhu macaronku pada suhu yang tepat. Aku lihat di video Martha Stewart Living itu malah ribet lagi. Jadi si Macaron masih harus diputer-puter lagi di dalam loyang, yang begene neeh yang suka bikin aku mualllessss bikin kue kalo mesti muter-muterin loyang dalam oven 😀

Bagi yang mau mencoba macaron, resep di atas sudah ok. Tapi memang macaron ini agak sulit di fase panggangnya. Intinya jangan sampai suhu oven terlalu panas karena akan membuat lapisan macaron yang harusnya mulus indah menjadi pecah seperti pada foto di atas.

Yuk coba bikin macaron!

Di bawah ini ada aneka macam alat bantu untuk membuat macaron kita tampil cantik, berupa cetakan silikon sehingga macaron bisa dipanggang dengan ukuran yang sama.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: