Wednesday, December 7

Resep Sawut Singkong Kukus Enak, Pulen, dan Anti Gagal

Halo teman-teman! Bosan makan singkong yang direbus atau digoreng saja? Ternyata singkong bisa diolah menjadi jajanan manis yang enak loh. Kamu bisa mengolahnya menjadi camilan yang manis, asin, ataupun gurih. Beberapa olahan singkong yang bisa kamu coba adalah kue combro, lapis singkong, kolak rebus, nasi tiwul, cenil, keripik singkong, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengolah singkong menjadi sawut singkong. Sawut singkong adalah salah satu makanan tradisional manis yang terbuat dari olahan singkong dengan gula jawa. Selain enak dan manis, jajanan ini juga bisa mengenyangkan karena mengandung karbohidrat dari singkong. Karenanya, makanan ini cocok untuk mengganjal lapar.

Penasaran apa itu sawut dan bagaimana resep sawut singkong? Pas banget nih. Kali ini, Cakefever akan memberikan informasi tentang sawut beserta resep sawut singkong enak dan mudah favorit para pecinta singkong. Yuk, simak informasinya berikut. 

Sawut Singkong, Jajanan Tradisional yang Pulennya Bikin Nagih

Sawut Singkong Manis | Instagram
Sawut Singkong Manis | Instagram

Bagi kamu yang tinggal di Jawa mungkin sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Sawut singkong adalah jajanan tradisional yang berasal dari Yogyakarta, namun jajanan ini sudah dikenal hampir di seluruh Indonesia, khususnya di daerah Pulau Jawa. Asal nama sawut ini berasal dari bahasa jawa ‘semrawut’ yang berarti berantakan. Nama tersebut dipilih karena cara membuatnya dengan memarut singkong menjadi potongan-potongan yang berantakan.

Baca Juga:  Cara Membuat Nastar Yang Lembut dan Anti Retak

Resep sawut singkong ini terbuat dari singkong parut yang dicampurkan dengan gula jawa, lalu dikukus sehingga rasanya manis merata. Sawut singkong biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang membuat rasanya menjadi perpaduan antara manis dan gurih. Jajanan tradisional ini bisa kamu temukan pada penjual jajanan di pasar tradisional. 

Resep Sawut Singkong Lembut dan Pulen

Resep Sawut Singkong | Instagram
Resep Sawut Singkong | Instagram

Meskipun namanya berarti berantakan, resep sawut singkong ini sangat simpel dan mudah loh. Kamu tak perlu menyiapkan banyak alat dan bahan-bahan yang susah karena hampir semua bahannya merupakan bahan yang ada di dapur. Kamu juga tak perlu waktu yang lama untuk membuat jajanan ini. Cukup dengan waktu kurang lebih 30 menit saja, kamu sudah bisa menikmati hidangan sawut singkong yang enak dan mengenyangkan.

Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak bagaimana cara membuat sawut singkong yang mudah, lembut, dan pulen

Bahan-Bahan:

  • 500 gram singkong, parut kasar
  • 100 gram gula merah/gula jawa
  • 1 sdt garam
  • 100 gram kelapa parut (untuk taburan)
  • 1/2 sdt garam (untuk taburan)
Baca Juga:  Resep Lumpia Pisang Coklat Anti Ribet

Cara membuat:

  • Siapkan wadah untuk mencampur adonan resep sawut singkong
  • Masukkan singkong parut, gula merah, dan garam ke dalam wadah, kemudian aduk hingga rata.
  • Untuk taburan, campurkan kelapa parut dan sedikit garam pada wadah yang lain, aduk sampai tercampur rata.
  • Siapkan dua panci untuk mengukus adonan singkong dan taburan (boleh bergantian).
  • Kukus singkong selama kurang lebih 15-20 menit sampai matang, kemudian angkat dan pindahkan pada wadah.
  • Kukus kelapa parut untuk taburan selama kurang lebih 10 menit, kemudian angkat dan letakkan pada wadah terpisah.
  • Sawut singkong siap disajikan dengan taburan kelapa parut yang gurih.

Untuk membuat sawut singkong yang lembut dan pulen, kamu harus menggunakan singkong yang bagus dan tidak keras. Selain itu, kamu juga sebaiknya menggunakan gula aren agar terasa lebih legit dan harum, namun bagi kamu yang tak punya gula merah atau gula aren, kamu juga bisa menggunakan gula pasir biasa.

Nah, itulah tadi beberapa informasi tentang sawut singkong versi Cakefever  yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Apakah teman-teman tertarik untuk membuatnya? Yuk, cobain resep ini dan kreasikan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^