Resep Brownies Kukus Keju

Aku belum pernah membuat kue yang dikukus selain Macaroni Schotel (itu kue juga gak ya?). Gara-gara baca di Milis NCC lagi sliweran resep dan laporan teman-teman yang membuat Brownies Kukus Keju ala Mbak Nia, diriku pun jadi terprovokasi ingin mencoba membuat Brownies Kukus Keju ini.

Bahan-bahan Kue:

Bahan A
2 butir kuning telur
2 butir telur utuh
100 gram gula pasir
1/2 sdt vanilla extract
1/2 sdm emulsifier (Opsional)
1/2 sdt garam

Bahan Baduk rata
75 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk
20 gram maizena
1/2 sdt baking powder

Bahan C lelehkan
25 gram butter
85 ml minyak sayur

Bahan D
50 gram cheddar, potong dadu (taburi terigu 1 sdm supaya kejunya tidak tenggelam di adonan)

Cara membuat Brownies Kukus Keju

  • Panaskan kukusan. Olesi alas loyang 30x10x4 cm dengan minyak atau butter lalu pasang kertas roti dan oles lagi. Dinding loyang tidak perlu dioles.
  • Kocok Bahan A (kecuali garam) hingga kental berjejak, tambahkan garam, kocok lagi sebentar.
  • Ayakkan Bahan B ke Bahan A.
  • Taburkan Bahan D, lalu aduk rata. (Keju diaduk bersama bahan kering supaya tidak mudah tenggelam. Pastikan terbalut tepung)
  • Tuangkan Bahan C ke adonan, aduk hingga benar-benar rata.
  • Tuang ke loyang lalu masukkan ke dalam kukusan yang telah berasap.
  • Kukus dengan api yang tidak terlalu besar selama kurang lebih 40-45 menit.
  • Setelah matang, oles dengan mentega kocok atau buttercream lalu  parutkan keju di atasnya.

Sebagai penyuka , Brownies Kukus Keju ini menurutku bukanlah yang sesungguhnya. Karena warnanya kuning, harusnya namanya Yellowies, hehehe.

Bukan kok, tapi kue ini aku anggap bukan karena memang teksturnya yang tidak padat dan rasa kejunya hanya semriwing.
Brownies yang aku suka tuh rasanya tegas, eh apa ya .. maksudku kalau brownies rasa coklat yaa bener-bener coklat. Kalau brownies rasa keju, yaa bener-bener teriak KEJU! Gituw.

Tapi walaupun semriwing, rasa brownies ini tetap enak dan dengan cepat ludes dilahap teman-temanku di kantor … hahaha.

Yang rada repot di pembuatan kue ini adalah membuat keju yang dipotong dadu bisa melayang-layang di sekujur kue. Ini sama repotnya dengan membuat dried fruit tidak tenggelam di adonan fruit cake ketika sedang dipanggang.

Trik melapisi keju dengan tepung tidak sepenuhnya berhasil ketika aku coba. Artinya masih lebih banyak keju yang tenggelam daripada yang melayang-layang. Untuk percobaan berikutnya, aku mau parut saja kejunya dan porsinya dibanyakin supaya lebih ‘ngeju’. Kalau yang sekarang, rasa kejunya yaa begitulah.. semriwing kata orang Perancis, hihihi.

Permukaan Brownies Kukus Keju tampak ada lubang-lubang
Tips Tambahan:
Supaya permukaan rata dan tidak bergelombang, pada saat pengukusan jangan pakai api besar. Jadi didihkan air di kukusan kosong dengan api besar, kecilkan api lalu baru masukkan loyang.

Supaya permukaannya tidak berlubang-lubang, lapisi tutup dandang dengan serbet tebal supaya air tidak menetes ke permukaan browniesnya. Ini bikin berlubang yang tidak cantik. Kalau lubang-lubang sedikit seperti fotoku di atas ya dimaapin aja yaa … 🙂 nanti ditutupin pakai buttercream dan keju juga gak kliatan kok 😀

Untuk mengurangi lubang-lubang di bagian dalam brownies, sebelum dikukus, banting pelan loyangnya agar udara di dalam adonan bisa keluar. Udara di dalam adonan ini niy yang juga sering jadi biang kerok lubang-lubang di bagian dalam kue.

Selamat mencoba 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: