Resep Brownies Panggang Putih Telur

Brownies Putih TelurSalah satu upaya menghabiskan stok putih telur yang menggunung karena percobaan membuat kue Lapis Legit adalah membuat Brownies Panggang ini. Rasa Browniesnya enak, tetap nyoklat dan lebih ringan, mungkin karena hanya pakai putih telur.

Untuk tambah nyoklat, di resep ini aku memasukkan potongan Dark Cooking Chocolate yang aku potong dadu ke dalam adonan. Hasilnya jadi tambah enak karena ada coklat lelehnya di dalam. Selain Dark Cooking Chocolate, juga bisa menggunakan Chocolate Chips.

Seperti terlihat di foto, ini saat dipanggang mengembang seperti muffin. Supaya lebih enak, untuk toppingnya bisa juga ditaburi kacang.

Bahan-bahan:

250 gram Dark Cooking Chocolate, cincang kasar
100 gram mentega (butter)
100 gram tepung terigu, ayak

5 putih telur (kira-kira 150 gram putih telur)
150 gram gula pasir

100 gram kacang mede disangrai, dicincang kasar atau bisa diblender halus bila ingin tekstur brownies lebih halus namun tetap memiliki rasa gurih dari kacang mede.

Cara Pembuatan:

Siapkan loyang 28x10x4cm yang dialas kertas roti dan dioles margarin. Saat mencoba resep ini, aku menggunakan loyang cetakan muffin kecil yang hanya aku oles margarin dan ditaburi terigu.

Panaskan oven suhu 180 C.

Masukkan Dark Cooking Chocolate yang sudah dipotong-potong kecil ke dalam panci berisikan mentega, panaskan hingga coklat dan mentega meleleh, aduk rata.

Campurkan lelehan coklat ke dalam tepung terigu, aduk rata, sisihkan.

Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan gula sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.

Tuang putih telur sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata.

Masukkan kacang mede, aduk rata. Panggang 35 menit sampai matang.

Resep diadaptasi dari: “Kudapan Ringan Istimewa”, Sedap Sekejap

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: