Resep Pennylane Brownies

Pennylane Brownies - Cakefever.com adalah pertama yang aku buat dan diutak-utik resepnya Resep Choco Nut Brownies dan juga menjadi lapisan coklat di Cheese Brownies.

Di jagat food-blogger, sebenarnya cukup banyak yang memposting resep . Tapi aku heran karena ukuran gulanya berbeda-beda, dan di blog Mbak Riana sang empunya resep pun tak tampak resep asli Pennylane Brownies. Akhirnya aku coba-coba sendiri menakar ukuran gulanya, dan akhirnya aku dapat ukuran pas di 360 gram.

Di ujung cerita, aku baru tahu bahwa resep Pennylane Brownies ada di buku keluaran NCC: 18 cake & cookies favorit, dan setelah aku lihat ternyata takaran gulanya sama dengan hasil eksperimenku… 😉

Bahan-bahan Pennylane Brownies:

4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng

60 gram cocoa powder (bubuk coklat)
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk

120 gram kenari/kacang tanah/mede, cincang kasar dan sangrai
85 gram Chocolate Chips

Cara Membuat Pennylane Brownies :

Panaskan oven di suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng.

Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan untuk membuat lapisan mengilap nan cantik di atas permukaan browniesnya. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul.

Selain itu pengocokan gula juga harus sampai gula benar-benar larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengilap ini akan muncul di permukaan .

Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang dan chips. Untuk permukaan brownies dapat ditaburi almond slice atau kacang lain sesuai selera.

Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Adonan brownies dari resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm. Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Tips Membuat Lapisan Mengkilap di atas Brownies

  • Lapisan mengkilap seperti ada lapisan film tipis itu terjadi bila gula dan telur sudah dikocok sampai kental dan oven sudah cukup panas ketika adonan masuk ke dalamnya. Entah apa teori kimiawinya. Tapi pengalamanku menunjukkan, brownies yang telurnya tidak dikocok kental bersama gula biasanya tidak punya lapisan mengkilap. Namun bila tidak menginginkan brownies yang menjadi rada-rada jadi bolu karena telur yang terlalu mengembang, maka sebaiknya menggunakan gula halus supaya gulanya cepat larut tanpa harus mengocok telur sampai kental.
  • Begitu juga oven yang tidak cukup panas ketika adonan masuk pun sering kali tidak bisa menghasilkan lapisan mengkilap ini. Jadi kombinasi yang pas antara gula larut dan api oven mudah-mudahan bisa memunculkan lapisan kilap brownies seperti pengalamanku selama ini 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: