Pennylane Brownies

Artikel ini bagian 1 dari 5 artikel dalam seri Brownies Panggang

Pennylane Brownies adalah brownies pertama yang aku buat dan diutak-utik resepnya menjadi lapisan coklat di Cheese Brownies, dengan memblender halus kacang dan mengganti choco chip dengan DCC yang dipotong dadu kecil.

Di jagat food-blogger, cukup banyak yang posting resep Pennylane Brownies. Tapi aku heran karena ukuran gulanya beda-beda, dan di blog Mbak Riana sang empunya resep pun tak tampak resep asli Pennylane Brownies. Akhirnya aku coba-coba sendiri menakar ukuran gulanya, dan dapat ukuran pas di 360 gram.

Di ujung cerita, aku baru tahu bahwa resep Pennylane Brownies ada di buku keluaran NCC: 18 cake & cookies favorit, dan setelah aku lihat ternyata takaran gulanya sama dengan hasil eksperimenku… ;)

Ingredients:

4 butir telur
360 gram gula pasir

225 gram minyak goreng

60 gram cocoa powder
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk

120 gram kenari/kacang tanah/mede cincang dan sangrai
85 gram Chocolate Chips

How-To:

Panaskan oven suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng. Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan. Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul. Selain itu pengocokan gula juga harus sampai larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengkilap ini akan muncul di bagian atas brownies.

Pennylane Brownies
Pennylane Brownies
Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang dan chocolate chips. Untuk permukaan brownies dapat ditaburi almond slice atau kacang lain sesuai selera.

Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm. Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Tips Membuat Lapisan Mengkilap di atas Brownies

  • Lapisan mengkilap seperti ada lapisan film tipis itu terjadi bila gula dan telur sudah dikocok sampai kental dan oven sudah cukup panas ketika adonan masuk ke dalamnya. Entah apa teori kimiawinya. Tapi pengalamanku menunjukkan, brownies yang telurnya tidak dikocok kental bersama gula biasanya tidak punya lapisan mengkilap. Namun bila tidak menginginkan brownies yang menjadi rada-rada jadi bolu karena telur yang terlalu mengembang, maka sebaiknya menggunakan gula halus supaya gulanya cepat larut tanpa harus mengocok telur sampai kental.
  • Begitu juga oven yang tidak cukup panas ketika adonan masuk pun sering kali tidak bisa menghasilkan lapisan mengkilap ini. Jadi kombinasi yang pas antara gula larut dan api oven mudah-mudahan bisa memunculkan lapisan kilap brownies seperti pengalamanku selama ini :)

Artikel ini sudah dibaca 46890 kali. Semoga bermanfaat :D

Artikel dalam Serial ini:

  • Fika

    Mbak, supaya gampang menyatu, saya rencananya mau pakai gula halus. Takaran nya bagaimana ya mbak? Tetap 360 gram kah? Terima Kasih :)

    • cakefever

      Gula halus ini maksudnya bukan icing sugar kan? Kalau gula pasir biasa yang diblender takarannya sama juga gpp, tapi kalau halus banget, mungkin bisa dikurangi 5-10 gram supaya gak kemanisan.

  • Ani

    Mbak, brownies ini bisa tahan brp lama ya?

    • cakefever

      Di suhu ruang dalam tempat tertutup, brownies ini tahan seminggu (yang pernah aku coba). Kalau dalam kulkas bisa lebih lama, tapi lama-lama tambah kering sih kalau disimpan dalam kulkas …

  • Ani

    Mbaaakkkk….aku udh nyoba bikin ini. Yg pertama kedua ketiga sukses, tp yg ke-4 koq ga mateng2 ya mbak? Masih lembek kayak sebelum dipanggang.
    Oh iya mbak, gmn sih caranya mindahin browniesnya k kotak mika. Aku nyoba koq malah jd patah, pdhl udh dingin. Trus bagian atasnya jd ikut retak retak

    • cakefever

      pakai loyang yang sama gak? Kalau loyang yang ke 4 lebih tinggi daripada loyang sebelumnya, kemungkinan itu yang bikin gak mateng-mateng …

      Cara mindahinnya, dibalik dulu ke tatakan kue, lalu dibalik lagi masuk ke dalam kotak mikanya :D eeemmh mudah2an ngerti ya penjelasanku ini …

      • Ani

        Sama mbak loyangnya. Makanya aku bingung. Loyang brownies panggang yg tinggi 4cm. Trus mbak, kalo atasnya aku taburin keju koq lembek bgt ya mbak. Waktu manggang sama, tp yg pke almond udh pas, yg keju msh agak lumer. Aku udh nyoba 3x selalu gtu.

      • cakefever

        Keju kalau dipanggang setahuku kejunya menjadi kering … pakai keju cheddar biasa kan bukan yang melt?

      • Ani

        Iya mbk keju biasa, kejunya sih kering. Tp browniesnya msh agak lembek gtu. Pas aku angkat dr loyang bisa belok2 gtu bentuknya. Klo yg almond mah ga, tetep utuh bentuknya

  • Noor Eva Riany

    Mba, aq udh coba resep itu tadi malam. Dari sisi rasa awalnya biasa aja tp setelah didiamkan smp besok paginya aq coba lagi enak juga, tapi tampilannya tak secantik difoto (ga terlihat lapisan tipis) padahal oven udh dipanaskan n gula udh dimikser ma telur cukup lama. Mw tanya tips memotong kacang almod n mede agar tipis2 soalnya permukaan kacang keras, jd susah motong tipis2. mksh :)

  • Irene

    Hallo…salam kenal ya..Thanks sudah sharing resep nya.
    Aku baru aja coba2 belajar bikin cake dan cookies, Resep Pennylane Brownies ini sudah aku coba, hasilnya bagus & enak sesuai yang aku harapkan. Crunchy on Top dan ga terlalu manis..Sip deh..Thanks Again.

  • exsa

    hai mbak, mau nanya ni, saya punya loyang ukuran 20x20x4 cm, apakah saya buat 1 resep atau setengah resep saja?
    dan kalau pakai loyang ukuran 25x25x7 cm dengan pakai 1 resep apakah akan matang? atau adonan tidak saya tuang semua cukup hingga 3/4 loyang. terima kasih

    • cakefever

      Karena brownies ini bukan tipe cake yang mengembang, tinggal dihitung volume loyangnya saja apakah sama atau tidak dengan volume loyang yang di resep.

      Untuk brownies, sebaiknya tidak menggunakan loyang lebih dari 4 cm, karena pengalamanku bagian atas brownies akan sulit matang sementara bagian bawah dan dalamnya sudah kering.

  • rahmi

    assalammu’alaikum mba….
    terima kasih ats resep2nya ya mba….saya ud coba buat brownies ini dan sya coba jual.tapi saya ada masalh sedikit mba,kmrn konsumen saya ada yg komplain,katanya browniesnya ga masak,tp sya ga tau ga masaknya itu gmn,maklum karena baru jd ya agak keringat dingin juga dpt kritikan dr customer,tp kayanya menurut saya sih ud cukup matang.
    krn pengalaman itu saya jd sdkt khawatir kalo ud manggang browniesnya mba…saya jadi selalu letak browniesnya ke bagian atas,jdnya sering retak,mohon solusinya n pencerahnnya mba…
    o iya mba,saya juga buat brownies inin jadi kue potong,tp mslahnya kok motongnya susah ya mba,pdhl ud didiamin semalaman….ada trik khusus ga mba,supaya browniesnya jd kue potong yg cantik,ato ada alatnya ga ya mba?
    makasih ya mba sebelumnya sudah mau menjawab comment saya
    wassalam

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      Walaikumsalam mba Rahmi … Brownies itu teksturnya yang benar adalah di permukaannya kering/retak dan di dalamnya masih basah atau moist. Tingkat ke-moist-an bagian dalam brownies ini tinggal disesuaikan dengan selera. Yang pasti bagian dalam brownies tidak boleh kering seperti cake, karena akan jadi garing tidak enak … Beberapa orang memang bertanya soal bagian dalam brownies yang basah ini, kuatir tidak matang. Tapi memang demikian adanya, sepanjang sudah dipanggang sesuai resep, menurutku brownies tersebut sudah matang.

      Panggang brownies di rak atas akan membuat bagian atas adonan terpapar panas bagian atas oven yang memang sangat panas. Sebaiknya tetap taro di rak tengah saja. Brownies dengan resep http://www.cakefever.com/brownies-ala-jamie-oliver/ malah bagian dalamnya masih sangat lunak karena terigunya sedikit dan lebih banyak coklatnya. Tapi di situlah nikmatnya brownies, menurutku :)

      Supaya bisa dipotong rapi, aku biasanya masukkan dulu ke dalam kulkas supaya agak membeku. Gak perlu lama-lama nanti browniesnya bisa kering di dalam kulkas, dua jam-an saja sudah agak keras. Lalu dipotong-potong sewaktu masih dingin. Kalau mau lebih rapi, pisau untuk memotongnya direndam air panas, lap kering, lalu potong dengan kondisi pisau masih panas. Biasanya gitu siy aku kalau mau motong kue yang rapi.

  • kasuretta

    setelah 3x gagal 4x berhasil 4x gagal 4x berhasil..akirnya tau cara masak ni brownies..tengkiu mbak ferona..intinya sih dikenali oven masing2..krn panas ovenku agak kurang,jd harus lebih panas dr yg ditulis diresep..dan untuk amannya pada saat memanaskan oven ga perlu dinaikkan suhu ovennya,takutnya malah kepanasan,trs kuenya ngembang..oia..disemua sukses dan gagal..ga kumakan sendiri loh,tp ada jg yg dg pedenya terpaksa dijual..total yg kujual 12..

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      senang bacanya deh :) memang bikin kue harus pantang menyeraahh … :) apalagi kalau setelah itu bisa untuk jualan …mantap!

  • Ismi

    Mbak,ak udah nyoba resep ini.tapi kok hasilnya sll agak kering ya dalemnya,malah choco chipnya ga leleh….bener ga sih manggang bronis ini cm pake api bawah aja?Bisa mateng atasnya ga ya kl ga pake api atas…trus warnanya kok kurang coklat ya mb?tolong dijawab ya mb,ak suka banget tulisan2nya mb fe;)

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      Biasanya hanya pakai api bawah saja Mi … aku gak pernah pakai api atas untuk manggang brownies. Dipanggangnya mungkin terlalu lama sehingga jadi kering bagian dalamnya kah?

      Aku biasanya api 180 – 200 C, dan panggangnya sebentar saja 25 menitan gitu spy bagian dalam brownies tetap moist sementara bagian luarnya crispy.

      Kalau warna brownies, tergantung warna bubuk coklat atau dark coklat yang dipakai.

  • eva

    Mba..aku udh nyoba browniesnya..cm knp matengnya ngga rata ya, bag tengah msh basah..pdhl loyang aku udh taro ditengah,pake api bawah..loyang tinggi 4 cm..2 kali nyoba bikin brownies ini gagal mulu..pst bag tengahnya ngga mateng..udh aku tambah jg waktunya 15 menit tetep aja sama. Suhu 180.
    Pls pencerahannya dong mba..makasih

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Browniesku memang di tengahnya masih basah, Va … Waktu panggang yang tertulis di resep memang akan membuat bagian tengah brownies tetap moist. Dan memang demikian brownies yang enak. Bagian luar kering dan bagian dalamnya tetap moist.

      Kalau dipanggang lebih lama, bagian dalam juga akan kering. Tapi menurutku browniesnya jadi kurang enak karena menjadi terlalu kering.

      Brownies bukan cake. Kalo Cake memang harus kering mengembang sampai ke dalam kue.

  • http://www.facebook.com/novia.kusumawati.14 Novia Kusumawati via Facebook

    ninggal jejak

  • Marlia

    Salam kenal mba :)
    Pagi tadi tetiba ngidam brownis panggang,trus browsing2 dan nemu resep ini. Pas nyobain alhamdulillah jadi n muncul glossy di permukaannya :)
    Tapi krn chocochip yg kupunya kurang,isinya kuganti pake DCC,chocochip-nya buat taburan aja :)
    Rasanya?? Hmmmmm.. Muwantep bgt dah! Thanx for sharing ya mba :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      sama-sama … ;)

  • Bayu

    Dear mba, salam kenal, kira2 berapa harga yang di sarankan untuk menjual kue ini?
    Jika boleh minta email nya dung mba..

    Thanks. ^_^

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Hitung sendiri ya Bay … nanti dapat kok harga jualnya yang sesuai ;)

  • anna setiawan

    aslm.mba sy sdh coba kue ini,kmrn Alhamdullilah rasa’a enak anak2qu suka,soal’a dlmnya g kering,agak basah,sbnr’a ini brownies yg qu pengen,yg dlm’a g kering,tp aq mo ty klo biar ada rasa nyoklat bgt ditmbh DCC,kira2 brp y ukuran’a,spy hsl’a g brubah.tks waslm

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Kalau ditambah coklat, pasti ada perubahan yaitu brownies jadi lebih terasa coklat dan pahit-manisnya juga berubah … :)

      Aku belum pernah mengubah resep ini utk coklatnya. Kalau mau coba-coba mencari tambahan rasa coklatnya, bisa dengan menambah bubuk coklat 25-50 gram (Sesuai selera, harus dicicip supaya tahu hasilnya) atau menambah dccnya …

  • irfan

    mba klo minyak goreng di ganti sama butter unsalted bisa gak?apa nanti teksturnya brubah?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Butternya dilelehin kan? klo dilelehin teksturnya sama saja …

  • Meer

    Mbak…
    Aku belum pernah coba buat brownies dengan resep Mbak… tapi ada resep brownies lain yang aku coba…Hasilnya soal rasa enak yaaa…dan mengkilap…cuma dari beberapa kali mencoba, kenapa yaaaa browniesku itu retak? Jadi pernah pada saat proses memanggang, adonan jadi mengembang melebihi loyang dan menggunung trus retak…pada saat matang dan dikeluarkan dari oven browniesku turun lagi (gak ambles sih) tapi jadi keliatan retaknya…Kenapa ya Mba…?

    • cakefever

      kemungkinan karena ovennya terlalu panas Meer ..

  • umi ghaza

    izin copas tante…thanks…mau dicoba..

  • dian

    salam kenal mbak. aku dah coba resepnya enak banget.. tp mbak mengocok telur dan gula sampai mengembang dan kental itu biasanya berapa lama? aku sih dikocok 10 menit tp agak kurang pede..makasih ya mbak resep2nya jd pengen coba semua.

    • Thomas Law

      halo dian.. mau bantu share masalah pengocokan nih.. hehe Sebenarnya pengocokan itu tergantung apa mixer apa yang kita punya, jadi kalo tanya masalah waktu yah tak bisa dijawab dengan pasti. Kalo aku pake nya hand mixer dan selalu mematok waktu 15 menit untuk mengocok 5butir kebawah, kalo mengocok 5butir keatas pasti kutambah jadi 20 menit. Tapi kembali lagi ke maslah mixer masing2 yah, karna tiap orang mungkin memiliki mixer berbeda. Kyak temen ku punya mixer duduk yang cukup 5menit kalo mengocok telur, haha.. yang penting untuk mngeceknya, matikan mixer kemudian angkat dengan ujung besi mixer dan lihat apakah adonan masih turun dan encer atau gimana gitu? aku stop nya kalo adonan yg diangkat itu tidak jatuh lagi, alias sudah kaku benar. Karna aku suka banget sama cake atau bolu yang lembut. Semoga bermanfaat^^

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Makasiy sharingnya Thom… Waktu pengocokan memang tergantung mikser masing-masing :)

      • Thomas Law

        wah,untung aja si empu nya blog ini bilang bener. kalo enggak aku kan bisa malu :)

      • dian

        buat tom makasih ya tipsnya berguna bgt. buat cakefever juga makasih resep2nya. mbak boleh minta sharenya untuk resep brownies kukus aku kesulitan kalau dilapis, lapisan keduanya suka ada ruang kosongnya gmna ya mbak tolong dong.. aku dah berkali2 slalu ada aja yang kosong ketahuan pas dipotong, jd sekarang aku buatnya nda dilapis2…

      • Thomas Law

        sama” dian.. kalo mau share bareng boleh add pin aku 21c02b85. hehe..
        Kebetulan aku sering membuat brownies kukus untuk customer ku.
        Mbak fero , aku numpang share yahh :)
        Jadi gini Dian,kalo mau buat brownies kukus yang berlapis , caranya, setelah kamu selesai mengocok adonan , kamu kukus dulu sekitar 1/2 loyang,kemudian setelah 10 menit, buka kukusan . dan taburi meses coklat atau dcc yg di serut. Aku sih lebih suka pake coklat meses, karna kalo coklat yg di serut, pasti keburu meleleh di sendok ketika mau di taburin.. hahha Nah, setelah meses ditaburi, seketika akan meleleh, dan kamu bisa langsung masukkan adonan yang sisa tadi. Dan tereenggg, kamu bakal dapet lapisan brownies yang gk berlubang. oiya, kukus pas adonan kedua dimasuukkan sekitar 20-25 menit. ^^ Semoga bermanfaat yahh

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Thomaas… maap daku baru sempat balas… Makasih banyak yaah udah sharing info-nya …

  • dilla

    tante kalo bikin brownies kan api bawah, trus katanya 10 menit pertama 200 C baru lanjutnya 180, nah itu taro loyangnya di rak yg mana ya? cenderung yg deket api atas/ bawah. soalnya setiap buat brownies ujung2nya jadi ky bolu gt& ga pernah ada layer mengkilap. heeellp. ini oven aku:

    http://sharp-indonesia.com/new/component/mtree/Small-Home-Appliance/Oven-Listrik/EO%252D18L-%252D-Electric-Oven/details.html

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Taro di loyang tengah. Ada berapa tingkat rak loyangmu, DIlla? Loyangnya harus taro di tengah ya, jangan terlalu atas, nanti bagian permukaan kue cepat kering dan gosong …

      Layer mengkilapnya akan ada kalau panas oven cukup dan gula sudah larut sempurna dalam kocokan telurnya. Sebaiknya gunakan gula halus, atau gula pasir biasa yang diblender. Cobain deh Dil.. semoga berhasil memunculkan lapisan kilapnya yah.. Maap telat jawabnya …

  • sari

    mbak kalo pake DCC gimana tuh dicairin dulu atau gimana? pengen yang nyoklat banget :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      di resep ini gak perlu dicairin dulu, Sari …

  • fenny

    Salam kenal mbak…
    aku baru coba bikin brownies, rasanya enak tetapi ada bagian bawah kue yg bolong?? Kenapa ya mbak.., thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Eeeh bagian bawahnya bolong?
      Bolong gimana tuh?

  • linda

    aku udh bkin resep ni
    atasny au pk yg resep cheese brownis…
    enak bgt….
    thx y

    • http://www.cakefever.com cakefever

      siip… pasti enak deh!

  • meidy

    Hai… Salam kenal ya mbk….
    Mo nanya nich, beli termometer oven dmn yak…?? Krn ??? pake “OTANG” maklum br belajaran…. :D
    Btw, makasih sebelumnya

    • http://www.cakefever.com cakefever

      aku beli di acehardware

  • aisyah

    hai mbk,aku nyoba resep mbk lg nih…hehehe
    mbk,brownies aku kok retak ya,udh gtu lapisan kilap’a g keluar,knp ya???
    tp rasa’a enak bgt mbk…hehehe

    • http://www.cakefever.com cakefever

      brownies memang retak … klo soal kilapnya, naah itu kan sudah ada juga di artikelku ini, hayoo kamu bacanya gak teliti yaah? ;)

      • aisyah

        iya sih tp penasaran,perasa’n step’a udh bener…hehehe
        udh 3 kali bikin cuma yg pertama aja ada lapisan kilap’a yg ke 2-3 kilap’a g muncul…penasaran bgt

  • andien

    mba…salam kenal aku pengen nyoba resep brownie ini nihh..kayanya enak
    mau tanya dunk..untuk minyak goreng 225 gr itu sama dengan berapa sendik ya?
    TQ

  • Fita

    mbak kemarin malam aku dah nyobak bikin tapi g pake kacang (dirumah g ada), kilapnya keluar, aku manggangnya 200C selama 10mnt dan 180C selama 30mnt berikutnya jadi total waktu 40mnt pakai otrik
    yang jadi pertanyaan kok bisa ngembang trus jadi kempis dan tengahnya mendelong sedikit(hehehe…apa ya bahasanya kecekung kali ya), dan bagian dalamnya basah2 gitu (g kering kayak cake), kalo retak wajar kan
    so rasanya enak sekali anak saya yg kecil suka dan yang besar lebih suka cheddar chess cake
    makasih ya…

  • http://silverlov3.blogspot.com silvi

    hi mba fer…aku masih penasaran sama packing penbrow ini yah…begitu keluar oven cantik tapi begitu mau dipindahin (kertas roti sdh dilebihin) tapi kok malah retak2…ada saran nga yah gmana cara ngeluarin dari loyang biar nga retak2 kl liat di gambar mba fer diatas kan sukses tuh nga retak. thnks b4

  • Yulia

    kmrn ak coba bwt brownies nya… hasilnya lumayan memuaskan. tapi pas besoknya kq teksturnya jadi padat bila saya taruh ke kulkas (rasa gurih), dan bila disimpan di luar kulkas, tekstur brownies jadi lembek.. mank bgitu ya sis?? harusnya brownies di taruh dmn?? thxx :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Klo dimasukkan ke kulkas jadi memadat, karena ada bagian dari brownies yang tadinya lembek menjadi membeku. Klo dikeluarin lagi nanti jadi melunak lagi. Terserah saja mau disimpan di kulkas atau di luar, karena brownies itu tahan lama di suhu ruang berkat kandungan gulanya yang cukup banyak … :)

  • Uray Nani Iriani

    pagi mbak,

    A baru ja selesai bikin pennylane brownies nih … hasilnya .. not bad but not good yet .. hehehehe, a pake gula diet mbak .. jd g tau apakah rasanya jd beda .. tp InsyaAllah next mo bikin lagi dgn gula yg bener .. cuma mbak mau tanya, knapa pas dipotong dlmnya agak ngebyar y mbak (a g tau istilahnya apa neh) harusnya kalo dipotong apakah dia ttp padat mbak ? a panggang pake oven listrik, krn pyn nya cuma itu, jd api yg ada yeaaa api atas and api bawah mbak … jadinya tuk ngatasin biar atasnya g gosong, setengah mengembang, suhunya a turunin dan posisinya raknya a taroh yg paling bawah …
    Pls mohon saran dan jawabannya mbak ..

    Tks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Kalo pake gula diet, aku gak ngerti apakah takarannya sama atau dikurangi, Ni? Harusnya dikurangi ya? Apakah gula diet ada konversinya ke gula biasa? Aku ingin tahu juga supaya bisa buat kue yang tidak terlalu banyak kandungan gulanya …

      Gembyar? … hmm, brownies ini klo dipanggang 25 menit, bagian dalamnya masih rada basah gitu. Kalo dipanggang lebih lama, bisa jadi di dalamnya menjadi rada kering. Brownies ini gak terlalu padat apalagi klo telurnya dikocok dengan mixer.

      Kalo Nani mau tahu rasa aslinya, coba bikin dengan gula biasa dulu. Dan cobain sedikit saja, supaya ngerti rasa asli brownies ini. Nanti klo mau dimodif takaran gulanya atau mau substitusi gula, Nani sudah bisa mengira-ngira seharusnya brownies ini rasanya seperti apa…

  • wina

    aslm. mbak aku mau nanya dong. newbie nih. hehe

    selama ini aku dpt resep brownies panggang biasa dr tanteku itu gulanya pake gula palem, untuk resep pennylane ini klo gulanya ganti gula palem apa akan merubah rasa? thx sbelumnya mbak. :)

    P.S
    blog nya keren bangeet. aku yg dr taun kuda pengen banget belajar bikin kue jd menemukan pencerahan lwt blog ini :)
    oh iya mbak, is it possible klo mbak tampilin resep kue utk penderita diabetes? ayahku diabet soalnya trs jdnya suka sedih gt ga bs nyicp banyak” kue” bikinanku.. hehe

    • http://www.cakefever.com cakefever

      pasti akan berubah rasa… tapi rasanya bagaimana? Memang harus dicoba ya Win … ;)

      Aku sebenarnya ndak ngerti resep untuk diabetasi, Win. Jadi ndak berani mempertanggungjawabkan suatu resep sebagai resep kue untuk diabetasi. Apalagi terkadang aku melakukan modifikasi dari resep asli menyesuaikan dengan seleraku, jadi kuatirnya jadi malah ada perubahan komposisi resep tersebut. Coba googling source kue-kue untuk penderita diabet, pasti banyak deh … :)

  • Yulia

    alo, salam kenal..
    saya hari ini cobain buat brownies ini, jadinya enkkkkk bgttt… nyoklat abisss.. pas keluar dari oven,mank kebentuk lapisan mengilap, tetapi pas ak mengeluarkan kue tersebut dari loyangnya, lapisan mengkilap tersebut nempel di loyang pada saat ak balikin. (Cara aku mengeluarkan kue dari loyang adalah aku membalikkan kue dengan loyang yg lain, kemudian dibalikkin kue nya lagi –> ngerti ga ya? hehee). Padahal pas kue nya uda mateng, ak manggang kue sebentar dengan api atas supaya lapisan atas kue tidak menempel di loyang pada saat mw aku balik..
    gimana caranya ya, balikin brownies supaya ga menempel pada loyang atau cara masukin brownies ke kotak brownies,hehee..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lebihin kertas rotinya, jadi cara ngeluarin kuenya dengan mengangkat pinggiran kertas rotinya itu, so kue gak perlu diterbalikin … :D

  • ratih

    Salam kenal mbak, bs mhn bntuannya, pernah pakai lesitin? wujudnya spt ap y bubuk ato cair koq agak susah carinya di Tbk (apalagi yg halal).Mbak klo pakai vanili yg cair ato yg bubuk?
    Makasih sblmnya :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      belum pernah. Apakah itu? Vanili aku pake bubuk. Kecuali diminta vanila extract, aku pake yang cair. Vanili bubuk tidak bisa menggantikan Vanila extract, rasanya jawuuhh banget ….

  • NILASARI

    oo githu ya sis,aku ikutin deh sarannya…thanks bgt ya informasinya

  • nila sari

    iy qt berteman…karena kmrn agak susah msuk blognya…trus aq mau tanya mslh cream cheese yg d buat sndiri dgn yg d beli d swalayan, sama ga cara pnyimpnannya. trus lebih awet yg mna? terima ksih yah sis…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      di Jkt, bisa beli di Tbk ada terigu ekonomis. Atau ke pasar Jatinegara, di basement gedung pasarnya banyak penjual bahan kue murah & dlm ukuran besar. klo usaha kue nila sdh bayar PPN, Nah bisa dijajal utk beli bahan di lottemart. Harga tanpa ppnnya lumayan murah, tapi ini baru bisa berasa klo kita juga bayar PPN sbg bisa utk mengurangi kewajiban bayar kita.

  • nila sari

    hay sis,
    saya mau tanya dunk untuk buka toko kue, kita bisa pake gak seyh terigu atau ragi curah yg bisa di beli di pasar ? rasa akan sama gak ? terima kasih

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Nila dengan Hety Nirmala sama orangnya? atau berteman ya? abis pertanyaannya sama :D kalau ditanya bisa, ya bisa saja.. klo ditanya rasanya sama atau tidak, aku tidak bisa jawab karena belum pernah beli terigu dan ragi curah :D

  • http://www.dunialely.wordpress.com dunialely

    Baru aja kelar manggang n blm juga adem udah aku serbu n lgs abis 4 potong. Summon up: this recipe is AMAZING! Suka bngt sm tengahnya yang moist. Gada keluhan apa pun deh pokoknya. Oh, kecuali gulanya yg trnyata bwt lidahku msh kemanisan, pdhl udh tak kurang 10 gr :P
    Kenarinya aku sangrai bentar biar agak renyah, trus tak remet2 di tangan biar bentukny g utuh2 bgt, dan choco chip 40 gr (aku bkin 1/2 resep) lgs aku ambrukin gt aja ke adonan. Bwt aku, semakin berantakan tekstur brownies, semakin menarik, hahahaha…. Hands down to Riana Ambarsari.
    Gak kbayang kl dimakan sama es krim vanilla. Ohh, i see heaven! hehehe…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      klo mau yang gak terlalu manis, coba gula di 300 gram deh .. itu gak manis klo di lidahku.. tapi kurang mantap, karena aku penyuka manis sebenarnya hehehe … pake es krim vanila mungkin sebaiknya gula di 300 gram, karena es krimnya kan sudah manis ya… apalagi yang makan juga manis senyumnya… hahaha.. kriuk!

  • inung

    hmmmm…sebenarnya ak nyoba penny brownies ini dah bbrp bln yg lalu. pgn cerita aja…
    ak bikin sama persis dengan resep cakefever sampai ak belain beli loyang 30×10 2 biji. hasilnya so good…baik rasa maupun teksturnya, jg terbentuk lapisan mengkilap…pokoke muantepp!!! anak2ku suka banget, sampe2 kalo ak mo nyobain resep yg lain mereka ga mau…lgs bilang bikin brownies aja ma… makasih ya mb…
    (eh ada 1 ganjelan…kalo pake 2 loyang 30×10 kok jadina tipis banget ya mb?)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      satu resep jadinya memang loyang 30×10 yang tingginya menurutku standar :D
      kalo mau lebih tinggi bisa coba di loyang 28×10 atau 26×10 :)

  • yanti helmi

    sis yang baik banget…mau nanya lagi ah….. aku bikin pennylane brownies isi kacang mete bubuk kasar . setelah jadi&sukses(keliatannya..hehehe), kok rasa kacang metenya ga renyah ya?? apa memang seperti itu rasa kacang di dalam brownies? terimakasih….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      metenya dicincang kasar atau diblender jadi bubuk? kalau cincang kasar, jangan lupa metenya dipanggang dulu supaya enak :)

  • ira

    Mba, aku kok ga pernah sukses ya nyobain resep ini? Hasilnya selalu kaya bolu, bukan brownies. Uda nyaris hopeless nih Mba, apa telurnya diaduk pake whisk aja kali ya? Help me Mba.. :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      bisa diaduk pake whisk juga, pasti jadi deh … aku sendiri biasanya kocok pake telur. Nanti setelah dicampur kacang dan lain2nya, kuenya akan memadat … :)

      Aneh juga sih Ira bisa bikin kue ini jadi seperti bolu :D gimana caranya tuh? pake kacang gak?

      • ira

        Medenya cuman aku tabur diatasnya, emang ngaruh ya Mba? Hhe.. Tp hasilnya emang ga bantet kaya brownies. Besok aku coba lagi deh.. Oya Mba, untuk resep ini kalo pake loyang bulet paling pas ukuran brp ya?

      • http://www.cakefever.com cakefever

        loyang bulet… hmmm, belum pernah coba hehehe. Cara mudahnya gini Ra. Loyang 30x10mu isi air lalu tuangkan ke dalam loyang bulat. Lihat apakah air tersebut memenuhi loyangnya? karena brownies ini kan sebenarnya tidak mengembang seperti cake, maka volume adonan tidak jauh berbeda dengan volume kue setelah matang … emmh mudah2an ngerti ya metode sederhana dan bodo-2anku ini :D

      • ira

        Ahaha..iya bener, kok aku ga kepikiran ya Mba. Baiklah, akan saya coba. Makasih ^_^

  • sari

    Salam kenal mba, makasih ya atas semua petunjuk-petunjuknya,berguna banget buat aku beninner . aku boleh posting resep-resepnya ga mba? skali lagi trimakasih :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Sama-sama Sarii…

  • Me

    mbak, saya sudah berkali2 buat pennylane brownies ini, tp ga perna dpt lapisan mengkilapnya itu. Heran deh.
    Pdhl saya sudah kocok smpai mengembang dan kental sekali.
    Suhu oven juga pas 180 derajat.
    percobaan kedua saya pake resep brownies MBAnya mbak Yenny, ga pake kocok2, cuma diaduk aja pk spatula dan suhu oven persis sama sperti brownies mbak Riana, malah muncul bagus bgt kilapnya.
    duh mbakk, bingung aku. kalau brownies mbak riana ga dimixer takutnya ga enak, teksturnya berubah. huhu. please help!

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lapisan kilap itu konon kabarnya muncul dari kombinasi gula, kocokan dan suhu panas dr oven. Aku biasanya bikin mmg dikocok pake mikser dan kilapnya keluar. Tapi kata teman2 pennylane brownies diaduk saja juga wokeh …

  • http://www.tehninit.blogspot.com anita

    mbak fe tolong, kemasan apa yang cocok buat jualan brownis yang dititipkan ditoko?
    selama ini saya pake mika tapi jadinya jelek kalo kena debu di tokonya. trus rentan semut karena kan mikanya ga bisa diselotip.
    kalo pake kardus brownisnya dialasin apa mba sebelum masuk kardus?
    trus rncananya sbelum masuk kemasan brownisnya mau saya wrap pke plastik biar tahan lama n menghambat semut. ngaruh ga mba ya?
    plis mbak balas ya, almost dsperate nih mikirnya..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Mika memang gampang debuan terutama klo kuenya dipajang di rak terbuka. Kalo di dus kan supaya keliatan juga ada mikanya di bagian atas tutup dusnya kan?

      Kalo bungkus plastik bisa pake cling wrap yang gampang. Plastik yang lengket-lengket gitu. Tapi aku jarang lihat brownies yang dibungkus plastik begitu sih, dan nanti bisa merusak penampilan atasnya bila browniesnya yang ada lapisan berkilatnya.

      Kalau sampai bersemut gitu berarti tokonya banyak semut ya? Aku sih gak rekomen brownies dibungkus plastik, nanti malah jadi kurang cantik.

      Kalau alas kardusnya pakai kertas roti dipotong bisa. Atau kalo mau mahal dikit, di TBK biasa dijual alas kue yang ada renda-rendanya gitu. Coba deh jalan-jalan ke TBK terdekat untuk cari inspirasi.

  • ika

    ga ada bayangan sama bentuk dan rasa brownies ini tp cukup bkin penasaran utk dibuat. *weekend target juga, walo ga tahu weekend yg mana,:)*

    berarti utk bkin segala macam jenis brownies memang harus beli loyang khusus ya mbak yg ga gitu tinggi itu?
    tapi kalo brownies kukus kayaknya ga masalah ya mbak?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      wuenaak yang ini niiihh, Ka :)

  • rieriel

    Saya sudah pernah mempraktekkan resep Penylan browniesnya.
    kata saudaraku rasanya enak (mmg enak sih cause my first brownies),but aq krg puas krn tampilannya tdk secantik punya cakefever he…he…he…
    n chocochipnya ada yg ngumpul,so wkt diiris dlmnya ada yg terlalu lembek cochonya..
    gimana caranya ya biar chocochipnya merata.
    thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Pas ngaduk chocochipnya jangan dituang semua, masukkan sedikit-sedikit supaya choco chipsnya dapat tercampur rata ke seluruh penjuru adonan :)

  • fia

    Mba, ini ovennya pake api atas bawah atau gmana?
    makasih sebelumnya.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Pakai api bawah saja ya…

  • leny

    ooo… jadi pennylane brownies itu memang basah di tengahnya ya??? aku pake oven listrik mba, boleh pinjam dari mertua jadi kurang tau deh usia ovennya berapa???

    rencana memang mau cari oven listrik tapi nanti kalau udah bisa bikin kue, sekarang pinjam dulu aja ^^,

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Hihihi ya gpp… aku juga awal belajar baking minjem oven tangkring mamaku lho … ;) pas udah makin serius baru deehhh beli oven beneran :D

  • leny

    halo mba… salam kenal
    ini resep kue pertama yang aku buat dengan mencontek resep mba…
    boleh tanya ya mba..
    # oven aku set 200C dengan waktu 30 menit, tapi kok bagian tengahnya masih cair/basah, akhirnya aku panggang lagi sampe kira2 60 menit lagi…
    pertanyaanku, kenapa aku klu manggang kue kok selalu lebih lama dari waktu yang telah ditentukan, apa karena oven ku???sebelumnya oven sudah aku panaskan sampe 40 menit lho…???

    mohon pencerahan..
    calon pembuat kue ^0^

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Pertama, pennylane brownies kesukaanku justru yg msh basah begitu lho. Lebih yummy dibanding yg dipanggang kering hehehe

      klo soal oven, itu listrik atau gas? Klo waktu panggang kita jauh lbh lama drpd yg di resep, bisa jadi oven kita mmg sdh waktunya diservice hehehe

      oven gas maupun listrik klo dah lama dan sering dipakai, bisa kehilangan kemampuan panasnya

  • Irma

    Mba’ aku dah coba resep browniesnya wah mantep rasanya. Tapi kendalanku pada saat dikeluarkan dari loyang lapisan tipisnya pecah tuh jadi begitu dibalik nga mulus lagi seperti foto diatas. Minta tipsnya ya mba’. thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Lebihkan kertas rotinya, sehingga kalau mau dikeluarkan tidak perlu dibalik, melainkan dengan cara mengangkat kertas rotinya … emmmpph, mudah2an ngerti dengan penjelasanku ya? :D

  • http://twitter.com/raranianra raodah nianra

    mba..aq dah cobain pennylane brownies ini..hasilnya gatot mnurutku(dari segi bentuk n tekstur) pinggirannya keras kyk cookies trus diatasnya keras juga retak2 gitu tapi rasanya tetep enak,kata temen mirip2lah brownies keringnya amanda,hehe(apa krn gratisan kali ya jdi dipuji),ada beberapa pertanyaan yg mengganjal dipikiranku :
    1. ngocok telur n gulanya itu sampai brapa lama mb?soalnya aq kocok sampe ngental bget krn koq gulanya msh bergerindil2 gitu (gak larut),apa mmg gulanya gk bisa larut ditelur kali yaa..?
    2.oven aq udah panasin sampe 150C tapi lapisan mengkilap diatasnya itu gk muncul juga.pertanyaanku apakah suhunya harus dipertahanin di 150C ya selama 25menit?jadinya kan gosong bawahnya.
    3.aq ngikut cara mb’fe,kacang tanah aq blender,tapi koq pas mateng kacangnya itu muncul2 dipermukaan brownies jadinya gk mulus permukaannya kyk punya mb’fe

    makasih ya mb..i’ll try again soon klo dah dapet jawabannya *takut gagal lagi*

    • http://www.goldoven.com Cakefever

      1. Kalo asli resepnya, kocok telur dan gulanya asal campur dan gula larut saja. Supaya gula cepat larut, bisa gunakan gula halus, atau gula biasa yang kita blender jadi halus. Gula bisa larut dalam telur, apalagi kalau dikocok sampai kental.

      2. Kalau suhu 150C itu suhu oven rendah sih, Ra. Harusnya di 180C dan cukup 25 menit saja. Lapisan kilap ini memang rada-rada tricky. Selain suhu oven, hasil kocokan telur + gula juga berpengaruh. Pengalamanku panggang brownies 25 menit suhu 180C tidak pernah sampai membuat bagian bawah brownies gosong.

      3. hmmm, ya mungkin juga kacangnya muncul. Kan pada saat pengadukan kacang, kacangnya tercampur dengan adonan. Nah kalau gak mau kacangnya keliatan, setelah adonan tuang di loyang, diumpetin aja kacang- yang masih keliatan. Atau tutupin dengan almond flakesnya.

  • Ratu Zaira

    Salam kenal mbak,

    Aku baru nyoba resep Penny Brownies nya, tapi kenapa ya mbak browniesnya pecah ? Kalo dari mengkilat atasnya sich udah ok lah…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Kalau pecah, tampaknya suhu oven terlalu panas tuh …

  • Vivin

    hai mb… salam kenal ya…

    saya dah coba buat kemarin malam… sukses mengkilapnya, sukses juga rasanya. Cuma yg jadi pertanyaan:
    1. lapisan mengkilapnya itu memang gampang retak ya?
    2. bagaimana mengeluarkan cake yg sudah matang dr loyangnya tanpa merusak lapisan atasnya yg cukup rapuh itu?
    3. apakah setelah agak dingin, lapisan atas memang agak berkerut sedikit?

    Makasih banyak ya, mb…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Pertanyaan:
      1. Betul. Lapisan kilapnya mmg rapuh.
      2. Gunakan kertas roti yang dilebihkan panjang sisinya, shg ketika matang brownis dikeluarkan dg cara mengangkat sisi2 kertas roti.
      3. Mengkerut sedikit wajar utk cake yg dipanggang dgn suhu panas waktu singkat lalu mendingin di suhu ruang.

  • ayueka

    sudah coba resep ini.rasanay top markotop….penampilan juga bagus.kering dan krispi atasnya.tapi kok setelah satu malam…bagian yg krispi jadi lembek..ngga krispi lagi?kenapa kruispinya nnga tahan lama ya mbak??

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Simpannya dimana Yu? Kulkas atau luar kulkas? Wadahnya tertutup rapat ndak?

  • gie

    Lam kenal Mba…
    loyang tinggi 4 cm, d isi penuh dengan adonan atau setengah loyangnya saja? apakah tipe brownies panggang ni mengembang atow tidak yah? thanks alot

    • http://www.cakefever.com cakefever

      loyang tinggi 4 cm, panjang 30 cm isinya separo atau tiga perempat aja. Browniesnya gak ngembang2 amat sih …

  • sri kirani

    Mbak, aku kemaren bikin brownies ini tapi gatot.
    bagian tengahnya masih cair mbak, aku panggang lagi yang ada bagian atas gosong tapi pas dibelah bagian tengah tetep belum keras (tapi adonan sudah matang) jadi hampir kayak lava cake gitu mbak. Apa karena loyangnya yaa…aku pakai loyang ukuran (25×17…kira2 nih mbak) dan tinggi loyang lupa hehehe…jadi gatot deh…loyang pengaruh yaa mbak?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      tinggi loyangnya mesti yang sekitar 4-5 cm ya. Kalo loyangnya terlalu tinggi, bagian tengahnya akan cair. Ukuran panjang dan lebar tidak masalah, asalkan muat saja semua adonan dimasukkan. Ini juga kesalahanku pertama kali baking brownies, hahaha. Aku pakai loyang tinggi 7 cm yang buat bikin cake. Alhasil adonan tengahnya cair terus, ditambah waktu panggangnya ealaah malah jadinya gosong.

  • shofy

    mba pa kabar? aq dah cobain resep ini,tp gak bs mengkilap kayak punya mba.apa krn aq pk otang ya? kan sering dibuka-buka supaya matangnya merata.tp soal rasa…. ehm…. nikmat banget!

    • http://www.cakefever.com cakefever

      untuk bikin lapisan mengkilap, selain butuh kocokan gula dan telur yang sempurna juga butuh panas yang cukup tinggi. Kemungkinan memang karena dibuka tutup ya, jadi suhu dalam ovennya jadi drop. Buka oven seharusnya jangan terlalu sering, karena suhu oven yang turun drastis begitu bikin cake gagal mengembang. Tiap membuka oven, suhu oven akan turun 25C.

  • pnyukakue

    Mba aku sudah coba resep ini tp minyak aku ganti sama mentega cair hasilnya sih OK banget tp permukaan agak basah dikit jadi agak sedikit krispy gtu deh,tapi anakku suka banget ktnya crunchy gtu

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Mentega cair jadinya ada tambahan rasa asinnya lagi ya.. waah pasti jadinya gurih banget deh :) Kalo aku supaya permukaannya tidak basah, api aku besarkan ke 200C, jadi permukaannya bisa kering sementara bagian dalamnya tetap moist. Tapi waktu panggangnya jangan kelamaan, 25 menit cukup.

  • ocha

    mba….. ocha ud buat kue ini. emang sih permukaanya g bisa mengkilap kayak punya mba ferona, tapi rasanya uenak tenan. lebih enak daripada brownies yang pernah ocha buat. trus tampilannya pun mirip dengan yang di jual di toko2 kue. pokoknya saya pengen coba resep mba yang laen ah…. thanx ya tips n trik nya….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Sama-sama Ocha :)

  • Nina

    he he he ngak sampai kental sih..nanti sy coba lagi..berarti teksture bropen ini agak ngembang ya mbak..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ngembang tapi nanti hasil akhirnya padat juga, kalau terlalu ngembang nanti jadinya bolu … hihihi

  • Nina

    Salam kenal mbak.
    Mbak Sy udah praktek Pen Brow ini..hasilnya enak smua pada suka .manisnya jg pas banget..
    pertanyaan sy kenapa ya permukaannya ngak mengkilat??,oven sdh sy panasin sampe 200 c 15 mnt kemudian sy turunkan juga..
    Makasih sebelumnya

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Membuat lapisan mengilap ini memang agak tricky. Selain panas oven, menurut para pakars, kocokan gula dan telur juga berpengaruh. Pas ngocok gula dan telurnya sudah sampai kental ndak?

  • http://pawonomah.blogspot.com yunita

    Mbk..mo tanya niy. Knapa ya brownies yg ku bikin (dg resep sama py mbak) hasil atasnya ga cantik spt py mbak???? jadinya biasa ky pd umumny brownies yg dibikin di rumah. Tp utk rasa…so yummmyyyyyyy!!!!!!!!!!! makasih ya mbk…..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      ada banyak teori sih… tapi menurut pengalamanku, lapisan mengkilat di atas permukaan brownies itu bisa muncul kalau ketika kita memasukkan loyang berisi adonan, oven kita sudah cukup panas. Aku biasanya kalo cek dgn termometer oven, suhu ovennya sudah 200C ketika aku masukkan loyang, lalu setelah 15 menit, suhu aku turunkan jadi 180C. Nah insyaAllah lapisan mengkilat itu bisa muncul. Cobain deh, apakah teoriku terbukti atau tidak :D Laporan yaaa… hehehe…

  • lina

    sis. tau tempat/toko bahan kue yg bisa buat kulakan gak? solo atau semarang,kalo jakarta agak mahal kali ya (ongkos trasnport)…lokasi ku di yogya…thx

  • lina

    lapor….
    marut keju (kejunya suhu ruang) dgn tekanan ringan..hasilnya tipis n keriting..putus2..
    dgn tekanan kuat…hasil parutan tebal masih agak keriting tidak putus tapi boros hehehe
    dgn tekanan medium hasilnya juga tidak tipis tidak tebal, putus2…keriting…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Baiklah… kalo nanti mo marut-marut keju untuk hiasan udah tau deh mesti ditekan kuat, medium atau ringan … sesuai kebutuhan :) Tararengkiuh Lin…

  • lina

    nah kalo panjang pendek parutannya gimana sis? mungkin kalo tekanan kuat hasil parutannya tebal kalinya, jadinya gak keriting hehehe kalo ringan berarti tipis jadi keriting2 gitu ><….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Cobain deh Lin … sumpee kalo bentuk parutan keju, aku bener2 ndak pernah merhatiin :D hihihi. Mungkin karena selama ini blum pernah bikin kue yg mesti ada parutan kejunya yang cantik, jadi blum jadi perhatian… kalo dah coba, laporan yaa, supaya aku juga jadi tau kalo mo bikin hiasan dari parutan keju yang cantik … ^_^

  • lina

    sis, mau tanya..gimana sih caranya marut keju biar hasil parutan nya bisa lurus gak keriting2 gitu..pengalaman kalo di kulkas kejunya dingin diparut jadi keriting dan putus2..kalo suhu ruang hasilnya mayan gak putus2 tapi agak keriting, biasanya buat sponge cake keju gitu…sori sis banyak tanya..>< thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Coba marut dengan tekanan yang lebih ringan atau lebih kuat. Coba dua2nya. Aku sebenarnya rada lupa efek tekanan ringan dan kuat mana yang bikin lurus dan keriting :D Soalnya aku biasanya kalo marut keju lebih mikir ke hasil parutan yang panjang atau pendek, ndak merhatiin kriting atau lurus :D … mungkin kejunya mesti di-smoothing supaya lurus … hihihi …

  • lina

    yup, hasilnya emg gak begitu berpengaruh kok…untuk takaran 1 cup minyaknya lebih sedikit daripada minyak 225 grm…

  • http://www.cakefever.com cakefever

    Walah, beda ya? Aku gak pernah sih pake cup untuk ngukur minyaknya, selalu aku timbang jadi 225 gram. Tapi memang ukuran cup utk cair dan tepung memang kadang-kadang beda sih. Hasilnya jadi bagaimana tuh? Mestinya gak terlalu signifikan ya bedanya …

  • lina

    sis…ternyata untuk takaran minyak 225 gr gak sama dgn 1 cup ya

  • lina

    kalo pake bp hasilnya lebih mengembang tapi kempis hehehe…trus atasnya lebih keras n tebal..kriuk2 jadinya..tapi emng gak bisa glossy neh….pengalaman pake garam malah gak tercampur dgn rata..jadinya ada yg asin ><..next time mo pake garam n bp…hehehe thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Supaya garamnya tercampur rata, bisa dicampur pada saat mengocok telur. Atau aku kalo lupa masukin pas lagi ngocok telur, garamnya aku campur dengan terigu trus diaduk lalu diayak bareng dengan terigunya. Biasanya sih garamnya jadi tercampur rata.

  • lina

    alow..lam kenal…aku bikin brownies pake resep ini tapi aku modif…yaitu pakai baking powder dan meniadakan vanili n garam…sebenarnya fungsi garam pada adonan brownies ini utk apa?..thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Allo jeng Lina, fungsi garam menurutku untuk bikin rasanya tambah mantap :) Kalau pake baking powder hasilnya jadi bagaimana ya? Aku blum pernah coba. Biasanya brownies yang aku pakein BP kalo jumlah terigunya sedikit.