Fudge Brownies ala Jamie Oliver

Di websitenya om Jamie, nama ini adalah bloomin’ brilliant brownies. Aku terpikat dengan fotonya, kayaknya ini rasanya nyoklat banget dan pastinya lembut deh .. Lihat saja komposisi resepnya, coklatnya lebih buanyaaak daripada terigunya!

Tak hanya coklat, tapi butternya juga buanyaaak. Gulanya jugaaa … Hmmm ini pasti akan jadi brownies yang nyoklat tapi juga manisnya gak ketulungan!

Cara membuatnya juga mudah, bahkan bisa dibuat tanpa menggunakan mikser. Hanya saja saranku bila tidak menggunakan mikser, lebih baik gulanya dihaluskan terlebih dahulu dengan blender supaya tidak ada rasa pasir-pasir dari gula yang belum larut.

Bahan-bahan Brownies :

250 gram unsalted butter (bisa diganti salted butter atau margarin atau pakai minyak goreng juga bisa)
200 gram dark cooking chocolate (couverture lebih enak), cincang kasar supaya mudah leleh
80 gram cocoa powder, ayak
65 gram tepung terigu serba guna, ayak
1 sdt baking powder

360 gram gula pasir (sebaiknya gula halus)
4 butir telur

• optional:
75 gram buah-buahan kering seperti kismis, cherry
50 gram kacang sesuai selera

Cara membuat Brownies:

Panaskan oven di suhu 180C. Siapkan dua loyang brownies 30 x 10 alasi dengan kertas roti atau baking paper, dindingnya olesi dengan margarin atau minyak goreng.

Lelehkan dark cooking dan butter, aduk rata. Kalau pakai cherry dan kacang, campurkan ke dalam lelehan butter dan coklat yang sudah diaduk rata ini.

Di mangkuk lain, campur tepung terigu, bubuk coklat (cocoa powder), gula dan baking powder, aduk rata. Masukkan campuran ini ke dalam lelehan coklat, aduk rata.

Gula yang digunakan di resep ini adalah caster sugar atau gula kastor. Gula kastor di Jakarta di jual di Supermarket Premium dan di Toko Bahan Kue. Gula kastor ini butirannya lebih kecil daripada gula pasir biasa dan rasanya konon tidak semanis gula pasir-nya kita. Mungkin itu sebabnya resep ini pakai gula lumayaan banyak. Kalau tidak ada gula kastor, blender saja gula pasir yang ada di dapur. Dan kalau mau mengurangi jumlah gula, bisa dikurangi sampai 100 gram, terutama kalau Dark Cooking Chocolate yang dipakai juga sudah ada rasa manisnya – sesuaikan saja dengan selera ya …

Lalu masukkan telur, aduk rata sampai adonan terlihat berkilat dan adonan menjadi liat.

Masukkan ke dalam loyang, panggang 25 menit.

Dan hasilnya memang brownies yang nyoklaat banget… enaaak! Hanya warningnya adalah brownies ini khusus untuk sweet-tooth! Karena memang manisss. Saking lembutnya, saat dipotong bisa belepotan tuh coklatnya. Jadi kalau mau rapi motong-motongnya, browniesnya simpan dulu di kulkas ya sampai agak padat baru dipotong-potong.

Nikmati dengan es krim vanila, hmmmm!

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: