Resep Bolu Kukus Santan Merekah

Pada suatu hari, tanteku meminta bantuan untuk menyiapkan snack box untuk acara akad nikah putrinya. Sekitar 70 box yang akan disiapkan.

Waduh! Selama ini kalau aku bikin kue kan biasanya suka-sukaku saja dan belum pernah membuat kue dalam jumlah besar sekaligus dalam satu hari.

Tapi permintaan tanteku tentu saja tidak bisa aku kecewakan, jadi mari kita laksanakan! Namun aku mengajukan syarat yang agak “aneh” dariku, bahwasanya dalam 70 snack box itu, aku boleh menentukan apa saja isian snack boxnya dan tidak mesti sama untuk ke-70 box tersebut. Eeeh ternyata tante oke-oke aja tuh! Ashiikkk, lanjut gan!

Aku pun mulai merencanakan aneka jenis kue untuk isian snack box tersebut. Selain kue dengan resep yang sudah jadi andalan, aku pun bermaksud untuk mencoba buat beberapa resep yang mudah dan enak. Salah satunya adalah . Tapi sebenarnya degdegan juga secara di milis sering beredar cerita-cerita kutukan , yaitu yang tidak mau merekah. Wah!

Resep pandan di bawah ini adalah adaptasi dari Resep mbak Lisa Basuki. Aslinya pakai pasta coklat, di sini aku ganti dengan pasta pandan dan aku juga tidak menggunakan emulsifier/SP.

Bahan-bahan

2 butir telur
250 gram gula pasir
250 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
200 cc santan — Kalau pakai santan instan, perhatikan cara pemakaian di kemasannya ya
1 sdt Essence Vanilla
2 sdm Pasta Pandan

Cara membuat

  • Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup.
  • Panaskan kukusan (tips: Nanti saat memasukkan cetakan, pastikan air kukusan sudah mendidih dan bergolak. Bolu kukus membutuhkan banyak uap air untuk bisa merekah)
  • Kocok telur dan gula pasir sampai kental dengan mikser, kalau sudah terasa berat, masukan sebagian santan sedikit demi sedikit. Jangan langsung dituangkan semua.
  • Masukkan tepung terigu, maizena dan sisa cairan berselang seling, mixer terus sampai rata
  • Ambil 1/3 bagian adonan dan beri pasta pandan, aduk rata, sisihkan
  • Sisa adonan putih diberi essence vanilla, sisihkan.
  • Isi cetakan dengan adonan putih 1/2 bagiannya, penuhi sisanya berselang seling dengan adonan hijau dan putih menggunakan piping bag, sampai 7/8 tinggi paper cup
  • Kukus dalam kukusan dengan panas tinggi selama 15 menit untuk cetakan kecil, dan 20-25 menit untuk cetakan besar.

Kira-kira aku kena kutukan bolu kukus ndak ya? Merekah siy, tapi masih belum terlalu ngakak ya? Lihat hasil bolu kukus di blog mbak Lisa kok ya keliatannya lebih lebar rekahannya ya? Coba lagi deh nanti … 😉

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: