Resep Sagu Keju

Sagu ala NCC ini uenak tenan! Rasanya legit dan meleleh di dalam mulut bercampur krenyes-krenyes yang dipanggang sebentar.

Kunci sukses membuat kue kering ini adalah pangganglah dengan api kecil, supaya kuenya tidak gosong di bagian bawah, padahal belum matang sempurna.

Kalau sudah disimpan berhari-hari di toples dan agak melempem, panggang lagi 5-10 menitan di api kecil supaya si sagu ini jadi renyah kembali.

Supaya cantik, adonan sagu keju biasanya dispuit pakai plastik contong atau cetakan kue semprit. Tapi bisa saja kalau mau membuat bentuk lain. Ketika dispuit, kemungkinan adonannya rada seret, terutama kalau ada keju yang menggumpal.

Bahan Kue:

300 gram tepung sagu (aku pakai merek sagu tani)
2 lembar daun pandan

100 gram margarine
50 gram mentega (butter)
150 gram gula halus (aku pakai gula biasa yang diblender halus)
1 butir kuning telur

100 gram keju edam, parut (Aku pakai keju cheddar yang dipanggang sebentar supaya crispy)
50 ml santan kental siap pakai

Cara Membuat Sagu Keju:

  • Sangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan kering. Angkat, dinginkan.
  • Kocok margarine dan mentega dengan mikser hingga putih dan lembut masukkan gula, kocok rata.
  • Tambahkan kuning telur, kocok rata.
  • Campur tepung sagu dan keju parut, tuang bertahap ke dalam adonan mentega, aduk rata.
  • Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  • Masukkan adonan ke dalam plastik conthong (segitiga), kasih spuit bintang atau spuit apapun sesuai kreasi, semprotkan ke dalam loyang tipis yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung. Tapi saranku sebaiknya untuk kue kering jangan dioles mentega karena nanti kuenya menyerap mentega yang dioles. Sebaiknya gunakan baking paper (parchment paper) atau silpat yang bisa dipakai berulang kali. Kalau kertas roti saja, kadang-kadang ada kue yang lengket di kertasnya, kalau pakai baking paper itu tidak lengket.
  • Oven selama 40 menit dengan api kecil saja supaya tidak gosong. Tergantung suhu dan karakter oven masing-masing ya. Di percobaan terakhirku aku cuma panggang 20 menit dengan suhu 160 C (suhu ovenku loh)

Tips agar si sagu keju tidak meleber, aku mendinginkan butternya terlebih dahulu. Margarinnya tetap suhu ruang. Jadi saat dimixer, suhu dingin dari si butter menjaga agar kocokan margarin-butter ini tidak cepat keluar minyak yang menjadi penyebab melebernya sagu keju.

Hasil panggang sagu keju di foto terbaruku ini terlihat agak coklat dan tidak putih bersih. Itu karena suhu ovenku susah diajak kerja sama hehehe.

Suhu ovenku masih terlalu tinggi untuk waktu panggang yang disyaratkan. Tapi karena aku pakai loyang insulated non stick (beli di Lotte Grosir) jadi bagian bawah terselamatkan dari gosong walaupun atasnya sudah menjadi rada coklat.

Loyang insulated itu bagian dasarnya tebal karena ada tambahan alasnya lagi. Waah I love this sheet dweeeh… bikin yang suka rewel dengan suhu panggang tetap aman terkendali karena alas sheetnya yang lumayan tebal.

Kalau susah cari loyang insulated dan mengalami problem pengendalian suhu rendah di ovennya seperti ovenku, di-double aja alas loyangnya supaya tebal dan bagian bawah cookies tidak cepat gosong yaa … 😉

 

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: