Resep Vanilla Cupcake Magnolia

cupcake vanilla ala magnolia bakeryResep ini gak sengaja nemu, sewaktu aku lagi mencari-cari video youtube cara pembuatan chewy dan soft cookies, lalu menemukan video tentang pembuatan dari Magnolia Bakery. Buat yang suka nonton serial Sex and the City mungkin pernah lihat si Carrie dan teman-temannya itu makan Magnolia Cupcake ini di salah satu episodenya.

Vanilla Cupcake ala Magnolia ini menggunakan self rising flour yaitu tepung terigu yang di dalamnya sudah ditambahkan bahan pengembang kue. Kalau tidak punya self rising flour, bisa membuat sendiri dengan cara menambahkan 1 1/2 sdt (satu setengah sendok teh) baking powder dan 1/4 sdt garam ke dalam 150 gram tepung terigu serbaguna. Campuran ini lalu diaduk dan diayak untuk memastikan baking powder dan garam sudah tercampur rata ke dalam seluruh tepung terigu. Setelah diayak, silakan ditimbang dan digunakan seperti yang diminta oleh resep.

Aku juga jarang menyimpan self rising flour di rumah karena bila jarang menggunakannya maka tepung ini juga perlahan akan kehilangan kemampuan mengembangnya. Jadi bila memang mau mencoba resep yang ada self rising flournya, lebih baik membuat sendiri.

Bahan-Bahan:


1 1/2 cup self rising flour buatan sendiri
1 1/4 cup tepung terigu serbaguna
1 cup unsalted butter atau salted butter (jangan gunakan margarin ya)
2 cup sugar
4 butir telur
1 cup susu full cream cair
1 sdt vanila extract (ini harus pakai vanila extract ya, jangan vanili bubuk. Aromanya beda)

Cara Membuat:

  • Ayak tepung, campur dengan gula aduk dengan mixer.
  • Masukkan butter aduk rata.
  • Kocok lepas telur, masukkan separoh telur yang sudah dikocok ke dalam campuran terigu + butter.
  • Campur sisa separoh telur yang masih ada dengan susu cair dan vanila extract.
  • Masukkan campuran ini ke campuran tepung lalu aduk rata. Karena sudah bercampur susu maka adonannya memang terlihat cair.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang muffin yang sudah dialas cup case, kira-kira 3/4 penuh, karena ini akan mengembang.
  • Lalu panggang dengan suhu 180 C selama 20-25 menit sampai matang.

Di Video ini pembuatan kue menggunakan mixer Kitchenaid. Jadi dari awal sampai akhir memang semua bahan dituang langsung ke dalam bowl dan diaduk-aduk di dalam mixer. Kalau punya hand mixer, coba pakai low speed sewaktu mengaduk butter dan campuran tepung-gula serta susu.

Atau sebenarnya pake whisk saja juga harusnya bisa nih, tidak mesti pake mixer. Itu kan semua diaduk-aduk begitu saja, tidak ada telur atau mentega yang harus dikocok hingga mengembang. Resep cupcake ini mengandalkan tepung self raising untuk membuat adonan bisa mengembang.

Setelah kue matang dan dingin, bisa ditambah resep yang sangat sederhana di bawah ini. Di video ini hanya dibuat dari unsalted butter, susu dan gula halus plus extract supaya Cupcake ini bisa dikasih nama Vanilla Cupcake Magnolia.

Untuk yang mencari Vanilla Extract yang tidak mengandung alkohol, mungkin di Jakarta memang rada susah mencarinya. Aku menemukan beberapa contoh vanilla extract yang diklaim bebas alkohol seperti contoh di bawah ini. Tapi jangan tanya soal sertifikat halal kepada diriku ya … Silakan langsung bertanya ke LPOM-MUI untuk kepastian sertifikat halalnya.

Hasil dari cupcake ini adalah cupcake yang ringan dan  manisnya buatku masih terasa kemanisan (padahal aku sweet tooth). Nanti kalau mau bikin lagi, aku mau kurangi gulanya supaya lebih pas.

Resep Buttercream Magnolia Cupcake:
1 cup unsalted butter, suhu ruang, lunakkan
4 cup gula halus
2/3 sdm susu
1 sdt vanila extract

Cara Membuat: Gampang!
Kocok butter, masukkan vanila extract, dan masukkan gula bertahap, 1 cup untuk tiap tahapnya.
Ketika adonan sudah terlihat kental, masukkan susu sedikit-sedikit. Kocok dengan medium speed sampai smooth dan creamy (kira-kira 2-4 menit). Bila ingin konsistensi buttercreamnya lebih kental atau agak padat gitu, mainkan di jumlah susunya. Makin banyak susunya, makin kental atau padat si buttercreamnya ini.

Tadinya aku ingin meniru cara memberi topping di Video Magnolia Cupcake ini pake palet, tapi ternyata susah dan hasilnya belepotan belaka hahaha … Tapi memang simple sih toppingnya itu, dan rasa buttercreamnya ini ringan saja, karena cuma butter dikasih gula. Coba lihat video lengkapnya dan cara Magnolia Cupcake membuat swirl topping cupcakenya …

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: