Tuesday, September 27

Resep Sarang Semut Karamel Simpel, Legit, dan Mudah Dibuat

Halo teman-teman setia Cakefever! Kalau kita bicara soal kuliner khas Nusantara, tentu nggak bakalan ada habisnya, ya. Banyak banget kuliner-kuliner dan jajanan khas Indonesia yang menggugah selera, mulai dari kue putu, getuk, hingga batagor. Salah satu hidangan sederhana dan enak ala Nusantara adalah bolu sarang semut. Bahkan, bolu sarang semut juga sering disebut sebagai kue karamel di beberapa wilayah, lho.

Kamu sendiri, sudah pernahkah mencicipi bolu sarang semut atau bolu karamel ini? Kalau belum, nggak perlu deh beli di luar. Sebab, kali ini Cakefever bakal spill resep sarang semut nih, buat kamu. Jadi, kamu bisa langsung bikin sendiri dengan mudah di rumah. Daripada semakin penasaran, langsung aja kepoin resep sarang semut karamel dari Cakefever berikut ini, yuk. Check this out!

Bolu Sarang Semut, Kue Sederhana yang Manis dan Legit

Kue Sarang Semut | @naniekoala - Instagram
Kue Sarang Semut | @naniekoala – Instagram

Kue bolu sarang semut, atau kue karamel merupakan sajian khas Nusantara yang tentu sudah dikenal oleh banyak orang. Mungkin, kamu yang belum tahu pasti bertanya-tanya kenapa kue yang satu ini dinamai dengan bolu sarang semut. 

Penamaan bolu sarang semut pada kue ini tentu bukan tanpa alasan, lho. Sebab, bila kamu mengiris bolu yang satu ini, bagian dalam kuenya bakal tampak berongga, mirip dengan sarang semut. Unik banget, kan?

Baca Juga:  Resep Chocolate Peanut Butter Bar

Nggak hanya disebut sebagai bolu sarang semut, bahkan di beberapa daerah, kue yang satu ini seringkali disebut dengan kue karamel. Saat kamu mencicipinya, manis dan legitnya bolu sarang semut bakalan bikin kamu mikir kalau bolu yang satu ini memang pantas disebut dengan kue karamel. 

Selain itu, bahan utama untuk membuat bolu sarang semut ini memang larutan karamel yang terbuat dari gula yang dimasak bersama air. 

Resep Sarang Semut Sederhana

Resep Sarang Semut | @wadaimamakembar - Instagram
Resep Sarang Semut | @wadaimamakembar – Instagram

Siapa bilang kalo bolu sarang semut susah untuk dibuat sendiri di rumah? Cakefever punya resep sarang semut simple buat kamu, nih. Bahan-bahan untuk membuat bolu sarang semut ini cukup mudah ditemukan, dan langkah-langkah cara membuatnya pun terbilang mudah untuk dipraktikkan. Langsung aja cek resep sarang semut dari Cakefever berikut ini, yuk!

Bahan:

  • 90 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung maizena
  • 75 gram margarin, lelehkan
  • 200 gram gula pasir
  • 225 ml air panas
  • 100 putih
  • 4 butir telur
  • 1 sdt soda kue
  • 1/2 sdt baking powder

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, kita akan bikin larutan karamelnya terlebih dahulu. Masak gula pasir di atas teflon hingga meleleh menjadi warna coklat tua. Setelah itu, tambahkan air panas, kemudian aduk hingga karamel dan air panas tercampur rata. Masak karamel hingga mendidih.
  • Tambahkan dan leleh ke dalam adonan karamel yang sudah mendidih tadi. Aduk hingga semuanya tercampur rata, kemudian sisihkan. 
  • Kocok telur menggunakan whisker, kemudian tambahkan tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan soda kue. Semua bahan tersebut dimasukkan ke dalam adonan telur sambil diayak, ya. Kemudian aduk kembali menggunakan whisker hingga semua bahan tercampur rata membentuk adonan. Pastikan tidak ada adonan yang menggerindil, ya!
  • Kalau sudah nggak ada adonan yang menggerindil, tambahkan adonan karamel tadi ke dalam adonan telur dan tepung sedikit demi sedikit. Aduk hingga kedua adonan tercampur rata.
  • Panaskan oven, siapkan loyang dan olesi tiap sisi loyang dengan dan taburi dengan sedikit tepung terigu supaya adonannya nggak lengket. Kamu bisa pakai loyang berbentuk cincin atau sesuai selera kamu.
  • Kalau loyangnya sudah panas, tuangkan adonan bolu sarang semut ke dalam loyang. Panggang adonan selama 40 menit dengan suhu sekitar 180 derajat celcius.
  • Jika kue sudah matang, keluarkan dari panggangan kemudian diamkan sebentar hingga agak dingin.
  • Bolu sarang semut alias kue karamel sudah siap dinikmati, deh!
Baca Juga:  Resep Cake Pisang Coklat Legit dan Lembut

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep sarang semut yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Gimana? Mudah banget kan, cara bikinnya? Jika kamu tertarik untuk mempraktikkan resep sarang semut di atas, jangan lupa mengikuti setiap step cara pembuatannya dengan benar dan telaten, ya. Semoga bermanfaat!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^