Saturday, June 25

Cara Membersihkan Kerak Pada Loyang Kue

Kerak pada umumnya terjadi ketika tidak diberi alas baking paper dan kemudian ternyata kuenya agak kosong sehingga kerak menempel di loyang. Kalau dibiarkan saja kerak pada loyang itu akan mengeras, menghitam dan sulit dibersihkan.

Loyang aluminium tidak boleh sering-sering dicuci dengan sabun cuci piring. Ada bahan di dalam sabun cuci piring yang akan bereaksi dengan unsur logam pada aluminium, sehingga kalau terlalu sering dicuci dengan sabun cuci piring, aluminium bisa menipis.

Karena itu sebaiknya kita mencegah sedapat mungkin ada kerak bekas kue yang menempel pada kita. Salah satunya adalah dengan melapisi kita dengan Baking Paper. Ada banyak jenis baking paper bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Bisa cek artikelnya di sini.

Kalau pun sudah dilapis baking paper tapi masih saja terjadi insiden yang menyebabkan kerak kue menempel pada loyang, maka cara membersihkannya bisa dengan 2 cara seperti penjelasan berikut ini.

Cara Membersihkan Loyang

1. Loyang bersih dengan Cuka dan Baking Soda

Cara membersihkan kerak pada kue adalah sebagai berikut:

  1. Tuangkan baking soda yang masih aktif ke permukaan yang ada keraknya
  2. Tuang atau semprotkan cairan cuka masak ke baking soda dan aduk-aduk sampai berbentuk pasta
  3. Olesi rata di bagian berkerak, diamkan minimal 2 jam, kalau mau sampai 24 jam juga boleh.
  4. Setelah didiamkan, bisa dibersihkan dengan spons yang agak kasar. Gosok bagian berkerak, karena sudah diatasi dengan baking soda dan cuka seharusnya. Digosrek-gosrek sehingga keraknya luntur bersamaan dengan baking sodanya
  5. Basuh dengan air sampai bersih. Perlu pakai sabun lagi? Boleh saja.
Baca Juga:  Apa Perbedaan Kertas Roti dan Baking Paper?

2. Rebus untuk Atasi Kerak Membandel

Cara lain untuk membersihkan kerak dan lemak yang lengket pada adalah dengan merebus tersebut dalam air mendidih. Cara ini paling mudah kalau kita punya panci untuk merendam loyang kita tersebut.

Caranya seperti dijelaskan di bawah ini:

  1. Masukkan saja ke dalam air mendidih, biarkan direbus sekitar 10 menitan.
  2. Setelah itu loyang bisa diangkat pakai capit, lalu didinginkan.
  3. Setelah loyang dingin dan bisa dipegang, langsung sikat saja dengan spons cuci piring yang kasar yang warnanya perak/silver itu.
  4. Karena sudah direbus, maka kerak dan lemak yang menempel akan mudah luruh dengan spons kawat tersebut.

Ohya tips membersihkan loyang di atas ini khusus untuk loyang tanpa lapisan anti lengket ya. Kalau loyangnya berbahan non stick atau anti lengket, jangan dibersihkan dengan cara di atas. Nanti lapisan anti lengketnya bisa terkelupas. Kalau membersihkan loyang anti lengket, mirip-mirip lah dengan membersihkan panci anti lengket. Karena harusnya si Loyang anti lengket ini ya gak berkerak seperti loyang aluminium.

Baca Juga:  Cara Tepat Memilih Timbangan Kue

Beda Karat dan Kerak Pada Loyang

Kotoran pada loyang biasanya ada dua macam, kerak bekas kue dan karat. Karat biasanya muncul di loyang berbahan besi atau baja cor seperti loyang martabak manis. Loyang berbahan aluminium biasanya tidak berkarat. Kalau pun terlihat ada noda-noda hitam di permukaan loyang, itu adalah kotoran dan lemak yang lengket dan menghitam karena terkena panas oven terus menerus. Sementara karat pada loyang besi terjadi karena besi terpapar dengan udara sangat mudah berkarat apalagi kalau disimpan di tempat yang lembab.

Karat muncul di Loyang Besi/Baja Cor | Dwisuwebid – Youtube

Loyang besi yang sudah berkarat ini jangan dibuang, sayang atuh. Masih bisa dibersihkan sampai tuntas dan digunakan lagi. Yang penting ketahui cara penyimpanannya supaya loyang besi kita tidak berkarat walaupun jarang digunakan.

Untuk membersihkan karat pada loyang berbahan besi ini, simak langkah-langkah berikut :

  1. Amplas halus.
    Gunakan amplas paling halus untuk mengamplas karat-karat kecoklatan yang muncul di permukaan loyang besi. Setelah terlihat semua karat sudah terangkat, bilas dengan air. Dalam kondisi masih basah, gosokkan lagi amplas halus ke seluruh permukaan loyang besi untuk memastikan tidak ada karat yang masih menempel. Setelah itu bilas lagi dengan air bersih.
  2. Keringkan loyang diatas kompor atau oven.
    Loyang besi harus dikeringkan dengan cara dipanaskan, boleh diatas kompor menyala atau dimasukkan ke dalam oven yang dinyalakan. Biarkan sampai loyang besi terlihat kering lalu matikan kompor atau oven.
  3. Olesi tipis dengan minyak sayur.
    Untuk mencegah karat muncul lagi di loyang martabak saat disimpan, maka olesi tipis dengan minyak sayur. Tuang sedikit minyak sayur ke tisu dapur lalu olesi merata ke seluruh permukaan loyang agar tertutupi oleh lapisan minyak tipis.

Baking is Engineering. I bake then am I an Engineer ?

Baca Juga:  Cara Membuat Chocolate Melt Brownies

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^