Wednesday, December 7

Resep Lemet Singkong Gula Merah, Jadi dalam 4 Langkah Doang!

Halo, teman-teman setia Cakefever! Seperti yang kita tahu, sajian tradisional khas Indonesia memang nggak pernah lekang oleh zaman. Bahkan, kita yang sudah berumur pun kadang masih suka beli jajanan depan SD. Nah, salah satu hidangan jadul yang masih banyak dicari sampai sekarang adalah lemet singkong. Yup, jajanan tradisional yang satu ini punya rasa enak, manis, dan legit yang nggak lekang oleh zaman.

Kamu sendiri, suka kah dengan jajanan tradisional yang satu ini? Kali ini Cakefever akan kasih tau kamu tentang resep lemet singkong enak yang bakalan jadi cuma dalam 4 langkah. Daripada kamu semakin penasaran, yuk, langsung aja intip resep lemet singkong dari Cakefever berikut ini!

Lemet Singkong, Sajian Tradisional Enak, Manis, & Legit

Lemet Singkong | Instagram
Lemet Singkong | Instagram

Siapa sih, yang nggak suka dengan lemet singkong, jajanan tradisional khas Nusantara yang enak ini? Umumnya, jajanan yang berbahan dasar dari singkong ini memiliki rasa manis dan legit yang memanjakan lidah. 

Memiliki tekstur empuk dan sedikit kenyal, kenikmatan dari lemet singkong ini nggak pernah lekang oleh waktu. Tekstur empuk dan kenyal pada lemet singkong ini berasal dari tepung sagu yang dikandung dalam adonannya. 

Baca Juga:  Resep Bagea Sagu Khas Papua Sederhana Cuma Pakai 6 Bahan

Lemet singkong sendiri merupakan kuliner yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aroma dari lemet singkong ini pun terasa khas, berbau manisnya gula merah dan wangi segar daun pisang yang membungkusnya. 

Meskipun memiliki citarasa yang kompleks, nyatanya membuat lemet singkong ini sama sekali nggak susah. Bahkan, bahan-bahan bakunya pun semuanya merupakan bahan yang mudah ditemukan, mulai dari singkong, tepung sagu, kelapa, hingga gula merah.

Resep Lemet Singkong Gula Merah Enak & Mudah

Resep Lemet Singkong Gula Merah | Instagram
Resep Lemet Singkong Gula Merah | Instagram

Teman-teman setia Cakefever, siapa bilang cara membuat lemet singkong itu susah? Meskipun memiliki rasa yang terlihat kompleks, sebenarnya, cara membuat lemet singkong gula merah ini gampang banget, bahkan cuma jadi dalam 4 langkah doang. Selain cara-cara pembuatannya terbilang mudah dan sederhana, bahan bakunya juga mudah ditemukan. Langsung aja kepoin resep lemet singkong gula merah berikut ini, yuk!

Bahan:

  • 500 gram singkong, kupas bersih lalu parut
  • 200 gram gula merah, iris tipis
  • 100 gram kelapa parut
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus lemet
Baca Juga:  Resep Kue Jahe Enak & Sederhana, Pakai 3 Macam Rempah!

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, siapkan wadah, kemudian masukkan semua bahan kecuali daun pisang. Campurkan semua bahan, aduk sampai semuanya tercampur rata.
  • Ambillah selembar daun pisang, kemudian letakkan 2 sdm adonan lemet di atas daun pisan. Gulung adonan dengan daun pisang, kemudian pipihkan sedikit. Lakukan secara berulang hingga adonan lemetnya habis
  • Masukkan lemet ke dalam kukusan, kemudian kukus selama kurang lebih 30 menit. Kalau sudah matang, matikan api, diamkan lemet sejenak sampai suhunya menurun.
  • Sajikan lemet singkong di piring, dan lemet singkong gula merah siap dinikmati!

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep lemet singkong gula merah yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Gimana, mudah banget kan, cara bikinnya? Resep di atas wajib banget kamu praktekkan di rumah, dan jangan lupa untuk mengikuti setiap langkahnya dengan benar, supaya lemet singkong buatanmu bisa matang dan nikmat sempurna. Semoga artikel dari Cakefever kali ini bisa jadi insight baru buatmu, ya. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^