Inilah Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

dan keduanya adalah bahan pengembang dalam pembuatan kue. Namun, meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, keduanya berbeda dalam komposisi dan cara kerjanya. dan selain digunakan dengan tujuan untuk mengembangkan adonan saat dipanggang, kedua juga digunakan untuk membentuk tekstur kue. Karena itu perbedaan Baking Powder dan Baking Soda terutama dalam penggunaannya menjadi penting untuk diketahui para bakers beginners.

Biasanya resep yang meminta penggunaan Baking Powder atau Baking Soda, tidak mensyaratkan pengocokan telur atau butter yang mengembang sempurna, karena proses pengembangan adonannya akan dibantu oleh si Baking Powder dan Baking Soda ini.

Komposisi Bahan

Baking Soda adalah …

Baking Soda atau Soda Kue adalah Sodium Bicarbonate murni tanpa campuran lainnya. Dikenal juga dengan Natrium Bikarbonat yang merupakan bahan dasar tunggal dan bersifat basa.

Saat dicampur dengan bahan yang bersifat asam seperti yoghurt, jus lemon, atau cuka, maka ia akan bereaksi dan melepaskan gas karbondioksida. Gas karbondioksida di dalam adonan inilah yang akan membantu adonan kue mengembang. Oleh karena itu, baking soda sering digunakan dalam resep kue yang mengandung bahan-bahan asam, seperti kue coklat dan kue buah.

Baca Juga:  Belajar Teknik Dekorasi Kue dengan Chocolate Modelling

Anakku pernah memiliki mainan roket, dimana bahan bakar si roket itu adalah campuran dari baking soda dengan cuka. Ketika baking soda dicampur dengan cuka, dengan komposisi yang tepat ternyata bisa membuat mainan roket anak-anak itu lepas landas setinggi 3 meter lalu nyangkut di pohon depan rumahku hehehe.

Dengan sifatnya ini, biasanya penggunaan Baking Soda dalam resep akan diikuti dengan “bahan asam” lainnya seperti misalnya: buttermilk, lemon juice, susu, yoghurt atau cuka. Penggunaan Baking Soda tanpa penambahan “bahan asam” ini akan membuat rasa pahit Baking Soda menjadi muncul.

Resep yang menggunakan Baking Soda harus sesegera mungkin dipanggang setelah Baking Soda dipertemukan dengan bahan asam di dalam adonan. Bila sudah menggunakan baking soda dan adonan kue segera dimasukkan ke dalam oven panas, namun kue masih terlihat tidak terlalu mengembang, kemungkinan besar baking soda yang digunakan sudah tidak aktif lagi. Karena itu biasakan untuk memeriksa keaktifannya dengan cara memasukkan satu sendok teh baking soda ke dalam secangkir air hangat, bila masih terlihat banyak gelembung-gelembung di dalam air, berarti baking soda tersebut masih aktif.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Cetakan Kue Akar Kelapa Sendiri di Rumah

Apa itu Baking Powder

Sementara itu Baking Powder juga mengandung Baking Soda dalam jumlah yang lebih sedikit. Selain Baking Soda, di dalam Baking Powder juga terdapat dan tepung jagung. Baking powder biasanya digunakan pada resep kue yang tidak mengandung bahan-bahan asam seperti kue butter, cake, atau cookies. Hal ini karena baking powder sudah mengandung asam yang dibutuhkan untuk membuat gas karbon dioksida ketika terkena panas.

Baking Powder di pasaran ada dua macam, yang single acting dan double acting.

Single acting artinya dia akan bereaksi ketika bertemu dengan kelembaban atau bahan basah. Itu sebabnya kalau pakai Baking Powder Single Acting, adonan harus segera dipanggang ketika sudah mempertemukan Baking Powder dengan bahan basah lainnya.

Double acting artinya si Baking Powder akan bereaksi dua kali, yaitu pertama kali ketika dia bertemu bahan basah dan yang kedua ketika adonan dipanaskan. Karena itu adonan yang menggunakan Baking Powder Double Acting masih bisa menunggu dan tetap bisa bereaksi saat dipanaskan.

Baca Juga:  Apa Itu Soft Peak? Ini Arti & Perbedaannya dengan Hard Peak

Penggunaan dalam Resep

Resep yang meminta penggunaan Baking Soda, bisa digantikan dengan Baking Powder. Namun karena komposisi Baking Soda yang ada di dalam Baking Powder lebih sedikit maka kita harus menambahkan jumlah Baking Powder lebih dari yang diminta resep. Namun bila terlalu banyak Baking Powder pun dapat mempengaruhi rasa.

Namun sebaliknya, resep yang meminta Baking Powder tidak bisa digantikan dengan Baking Soda. Hal ini disebabkan Baking Soda tidak memiliki “bahan asam” yang dibutuhkan untuk adonan bisa mengembang. Kalau di rumah ada baking soda dan , maka kita bisa membuat sendiri Home Made Baking Powder dengan cara mencampur 2 bagian cream of tartar dengan 1 bagian Baking Soda.

Demikian penjelasan tentang perbedaan kedua bahan pengembang adonan kue ini. Penting untuk memahami perbedaan antara kedua bahan ini untuk dapat menggantinya dengan benar dalam resep kue. Jika salah menggantikan, dapat memengaruhi rasa dan tekstur kue yang dihasilkan.

3 Comments

  • hai mbk fe,… suka bgt baca artikelnya,…klo boleh nnya bagaimna cara membedakan baking powder single acting dan yang double acting??? terimakasih 🙂

    • di kemasannya tertulis, kalau memang double acting maka akan ditulis baking powder double acting

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya