Siapa yang tidak suka dengan es krim, hampir semua orang di dunia mulai anak kecil hingga dewasa menyukai menu frozen dessert yang satu ini. Menu ini menjadi primadona di berbagai kesempatan karena rasanya yang manis dan menyegarkan serta sangat cocok dinikmati di siang hari untuk meredakan hawa panas. Es krim bisa dengan mudah dibuat di rumah hanya dengan dua bahan yaitu whipped cream dan kental manis. Dengan mengocok whipcream sampai mengembang dan lembut, lalu tambahkan kemudian bekukan dalam freezer minimal dua jam. Dan rasa sudah tersedia siap disantap!

Ketika kalian ingin membeli di pasaran maka akan menemukan berbagai merek, harga, bentuk maupun rasa. Namun, tahukah kalian jika menu frozen dessert yang disukai semua orang ini memiliki beragam jenisnya? Berikut jenis-jenis frozen dessert yang kalian wajib tahu.

Aneka Frozen dessert Dari Seluruh Dunia

Es krim dikenal sebagai salah satu menu frozen dessert yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan tiap negara juga memiliki jenisnya sendiri. Simak ulasan berikut ini mengenai jenis-jenis frozen dessert dari seluruh dunia.

1. Gelato

Gelato adalah frozen dessert yang berasal dari Italia. Gelato cukup populer dan banyak dijual di Indonesia. Walau sering disalah-sebut sebagai es krim namun gelato bukanlah es krim. Sepintas penampakan Gelato memang seperti es krim, namun sebenarnya berbeda di komposisi bahannya. Jadi biasanya orang yang cukup memahami perbedaan ini tidak menyebut Gelato sebagai es krim.

Gelato memiliki tekstur yang lebih padat daripada es krim karena kandungan susunya lebih banyak daripada krim. Selain itu proses pembuatannya juga diaduk menggunakan kecepatan rendah sehingga menghasilkan sedikit udara yang tercipta di adonan. Walaupun kandungan Gelato padat, es ini tidak tinggi lemak sehingga disukai banyak orang. Sementara pembuatan es krim pada umumnya menggunakan krim atau kepala lemak yang bila dikocok akan mengembang halus. Penggunaan krim ini yang disebut-sebut membuat es krim mengandung lemak tinggi.

Baca Juga:  Pemanis Alami Pengganti Gula Untuk Kue

Berikut adalah video proses pembuatan gelato di Italia.

2. Rolled Ice Cream

Jenis es krim yang satu ini sangatlah unik karena dibuat dengan cara digulung. Adonan es yang sudah dibuat akan dituang ke atas pan pembuatan Rolled Ice Cream. Kemudian adonan tersebut diaduk dengan gerakan mencincang serta dicampur dengan blueberry, strawberry atau oreo lalu digulung berbentuk spiral. Biasanya, es ini mudah ditemukan di jajanan pinggir jalan Thailand, Kamboja, Malaysia dan Filipina.

3. Frozen Yoghurt

Jenis es berikutnya adalah Frozen Yoghurt. Hidangan dingin ini dibuat dari yoghurt yang diberi tambahan perasa makanan dan ice cream stabilizer. Frozen Yoghurt cocok dinikmati oleh penggemar es yang sedang diet karena kandungan lemaknya yang rendah.

4. Soft Serve Ice Cream

Soft Serve adalah jenis es klasik yang berasal dari Amerika. Ice cream ini bertekstur sangat halus karena udara yang dimasukkan ke dalam adonan ketika proses pembekuan. Biasanya, jenis es krim ini disajikan dalam cone yang dicelupkan ke dalam coklat lalu diberi taburan meses warna-warni.

5. Es Puter

Es yang satu ini sudah terkenal di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia. Es Puter tidak terbuat dari tetapi dari santan tanpa menggunakan krim. Dessert ini memiliki cita rasa Indonesia yang khas karena biasanya memiliki isian kacang hijau, kelapa atau alpukat.

6. Kulfi

Hidangan dingin yang satu ini memang tidak populer di Indonesia karena memang berasal dari India. Kulfi adalah jenis ice cream yang terbuat dari kerbau. Teksturnya tebal, padat serta tidak mudah meleleh sehingga cocok dijadikan ice stick. Cita rasanya juga lebih gurih dibandingkan jenis es lain dengan pilihan rasa kapulaga, saffron dan mawar.

7. Sorbet

Sorbet adalah sajian es yang terbuat dari jus buah yang ditambah pemanis. Adonan Sorbet dibuat dari penggilingan buah hingga halus serta tidak melalui proses memasak menggunakan dan sehingga kesegaran buahnya masih terasa. Teksturnya juga unik seperti serbuk es. Selain itu, menu dessert ini sangat baik untuk pencernaan karena serat buah-buahan di dalamnya. Sorbet dapat ditemukan di berbagai negara seperti Amerika, Inggris, Australia, dan Perancis.

8. Sherbet

Sherbet dan Sorbet mungkin tampak mirip satu sama lain jika kalian melihat sekilas, namun keduanya terbuat dari bahan yang berbeda. Sherbet yang berasal dari Italia ini berbahan dasar buah-bahan yang dicampur dengan campuran rendah lemak serta bertekstur lebih halus dan creamy dibandingkan Sorbet. Jadi perbedaan utama antara Sorbet dan Sherbet adalah di penggunaan bahan yang akan memberi tekstur creamy. Sherbet bisa menggunakan susu, cream, buttermilk atau bahkan santan sebagai bahan pemberi tekstur creamy.

9. Faloodeh

Es Faloodeh adalah frozen dessert yang berasal Iran dan sangat jarang ditemukan keberadaannya di Indonesia. Faloodeh berisi mie yang terbuat dari beras serta campuran gula, air mawar dan air jeruk nipis. Tentunya hidangan dingin dan menyegarkan ini tampak seperti mie beku.

10. Dondurma

Menu dessert ini memiliki tekstur yang kenyal dan unik sehingga tampak seperti permen jelly. Dondurma berasal dari Turki ini biasanya adonannya akan dicampur dengan tepung salep dan damar. Es ini juga harus diaduk dan ditarik secara konsisten agar tetap lembut. Biasanya ketika mengaduk Dondurma akan dijadikan atraksi oleh penjualnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri. 

11. Granita

Es yang satu ini berasal dari Sisilia, Italia. Terbuat dari campuran air, gula, perasa buah, almond, mint, kacang-kacangan dan rempah. Granita memiliki tekstur yang mirip seperti kristal sehingga cocok dimakan di mangkok. 

12. Mochi Ice Cream

Mochi adalah jenis es yang berasal dari Jepang namun telah dikenal luas di Indonesia. Menu dessert yang berbentuk bulat ini berukuran satu scoop yang dibungkus dengan adonan beras lengket. Mochi biasanya akan terdiri dari berbagai varian rasa seperti green tea, vanilla, kacang merah dan stroberi. 

13. Es Italia (Italian Ice)

Seringkali Es Italia ini tertukar dengan sorbet dari Amerika. Dessert ini berbahan dasar buah yang dibuat dengan proses yang sama dengan es pada umumnya. Adonan Es Italia tidak mengandung susu, tapi terkadang ditambahkan putih ke dalamnya agar memiliki tekstur halus. Es ini juga memiliki varian rasa yang khas seperti ceri, lemon, semangka dan raspberry.

Ruli Wahyuni

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^