Friday, September 30

5 Makanan Korea Halal yang Ada di Indonesia, Pernah Cobain?

Teman-teman setia Cakefever, kita semua juga tahu kalau makanan Korea memang lagi hits banget di Indonesia. Ketika kita nonton drama, kemudian kita menemukan ada scene dimana si aktor lagi makan, pasti kita pengen juga ya, rasanya. Nah, sayangnya, nggak semua kuliner khas Korea itu halal, lho.

Lalu, hidangan khas Korea apa saja yang bisa kita makan? Berikut ini Cakefever sajikan daftar makanan Korea halal yang banyak dijual di Indonesia. Check this out!

5 Selatan Halal yang Ada di Indonesia

Sudah penasaran dengan makanan Korea halal apa saja sih yang bisa kita temui di Indonesia? Yuk, scroll ke bawah sampai habis!

1. Kimbap

Kimbap (sumber: @effect_meal on Instagram)
Kimbap (sumber: @effect_meal on Instagram)

Kalian pecinta K-Drama, siapa sih yang nggak tahu dengan makanan Korea halal yang satu ini? Kimbap merupakan makanan khas Korea yang cukup sering muncul dalam adegan drama Korea, lho. Serupa tapi tak sama dengan sushi di Jepang, Kimbap merupakan gulungan nasi berisi sayuran dan telur yang digulung bersama lembaran nori. Kimbap juga disajikan dengan dipotong-potong berbentuk bulat, mirip dengan sushi.

Karena hanya terbuat dari nasi, nori, sayuran, dan telur, tentu saja Kimbap menjadi makanan yang halal untuk dikonsumsi. Kamu bisa menyantap Kimbap bersama kecap asin, ataupun langsung menyantapnya tanpa saus. halal yang satu ini hampir dapat kamu temukan di seluruh restoran Korea di Indonesia.

2. Bulgogi

Bulgogi (sumber: @zaffari on Instagram)
Bulgogi (sumber: @zaffari on Instagram)

Siapa nih, teman-teman setia Cakefever yang suka makan di restoran all you can eat Korean Grill? Tentu kamu sudah akrab dengan Bulgogi. Yup, Bulgogi merupakan olahan daging yang dimasak dengan kecap manis dan rempah-rempah lainnya. Umumnya, Bulgogi menggunakan daging sapi bagian sirloin untuk di masak, jadi kamu tak perlu khawatir karena Bulgogi ini 100% halal untuk dikonsumsi.

Kamu bisa memasak sendiri Bulgogi ala kamu di rumah, tapi jika kamu ingin menikmati Bulgogi langsung dari restoran khas Korea, biasanya restoran all you can eat yang menyediakan menu Korean Grill selalu menawarkan Bulgogi sebagai menunya.

3. Kimchi

Kimchi (sumber: @doosonkimchi on Instagram)
Kimchi (sumber: @doosonkimchi on Instagram)

Salah satu makanan Korea halal yang cukup terkenal adalah Kimchi. Yup, bagi kamu pecinta makanan Korea, namun kamu vegetarian, kamu pasti suka dengan Kimchi. Kimchi merupakan sejenis appetizer khas Korea berupa sayuran dan bawang pray yang difermentasi. Rasa asam-segar dari Kimchi ini mampu membuatmu tertarik.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu nggak perlu repot-repot pergi ke luar negeri, deh. Karena, banyak restoran khas Korea yang menawarkan menu Kimchi sebagai signature menunya, atau mungkin kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah!

4. Ramyeon

Ramyeon (sumber: @wonyyday_ on Instagram)
Ramyeon (sumber: @wonyyday_ on Instagram)

Kalau di Jepang, namanya Ramen. Versi Koreanya, Ramyeon! Ramyeon merupakan salah satu makanan Korea halal yang cukup populer di Indonesia. Ramyeon adalah makanan berupa mie kuah yang dimasak dengan kuah kental dan rasa yang sedikit pedas. Bahkan, beberapa restoran juga menyajikan Ramyeon bersama Tteokbokki, sehingga biasanya disebut dengan Rabokki.

Soal bahan, Ramyeon hanya terbuat dari mie, telur, dan potongan bawang. Jadi, kamu nggak perlu khawatir karena Ramyeon ini 100% halal untuk dikonsumsi. Kamu wajib segera cicipi deh, sebelum tambah ngiler!

5. Hotteok

Hotteok (sumber: @2.5py on Instagram)
Hotteok (sumber: @2.5py on Instagram)

Hotteok merupakan jajanan khas Korea Selatan yang mirip dengan pancake. Bedanya Hotteok dengan pancake pada umumnya adalah adanya isian saus kacang gula merah pada Hotteok. Perpaduan antara pancake yang garing dengan saus kacang gula merah yang meleleh di mulut mampu membuat siapapun jatuh hati kala mencicipinya. 

halal yang satu ini tak hanya mampu memanjakan lidahmu, melainkan juga hidungmu karena Hotteok memiliki aroma yang khas. Sudah banyak restoran Korea di Indonesia yang menyediakan Hotteok. Jadi, kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ke Negeri Ginseng hanya untuk menikmati sajian penutup manis yang satu ini!

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan Korea halal yang bisa Cakefever sajikan hari ini. halal manakah yang ingin kamu cicipi terlebih dahulu? Semuanya tentu recommended ya, untuk dicoba. Yuk, share makanan Korea halal lain versi kamu di kolom komentar!

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^