Tips Memanggang Menggunakan Teflon

Siapa bilang memanggang hanya bisa dilakukan menggunakan ? Kini semakin sering kita melihat resep rumahan yang melakukan proses pemanggangan memakai wajan bergagang atau sauce pan berbahan . Jika anda tertarik mencoba, bisa intip beberapa memanggang menggunakan sauce pan pada artikel kali ini.

Seperti yang kita tahu bahwa alat masak satu ini lebih sering digunakan untuk menumis sayur dan bumbu. Namun bagi anda yang tidak memiliki , sauce pan teflon atau kita sebut saja teflon bisa menjadi alternatif untuk melakukan proses pemanggangan kue.

Bentuk sauce pan teflon yang memiliki alas yang datar dan dinding yang tidak terlalu tinggi (dibandingkan dengan wajan yang berbentuk cembung dan panci yang memiliki dinding lebih tinggi) akan memudahkan kita untuk melakukan proses memanggang. Disini aku akan memberikan memanggang menggunakan teflon yang bisa membantu kalian tentunya. So, yuk kita mulai dari tips yang pertama!

1. Olesi mentega dengan kuas
Sebelum meletakkan adonan ke atas teflon, pastikan permukaan teflon telah terlapisi oleh mentega atau minyak. Fungsi mentega atau minyak yaitu agar cake tidak lengket di teflon dan mudah dilepaskan atau diangkat. 

Aku lebih menyarankan untuk menggunakan olesan mentega atau oil spray (minyak yang diletakkan dalam botol spray) agar minyak tidak akan menggenang di teflon. Mengapa? Karena minyak yang menggenang akan mempengaruhi tekstur adonan menjadi lebih cair.

2. Gunakan api kecil
Pada proses pemanggangan, suhu kompor atau temperatur menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk diperhatikan, termasuk pada teflon. Memanggang menggunakan teflon memiliki kekurangan, yaitu kita tidak bisa mengatur suhu secara manual.

Tapi kita bisa menggunakan api kecil untuk menstabilkan temperatur saat memanggang. Saat menggunakan api kecil saat memanggang menggunakan teflon, suhu tidak akan mudah meningkat sehingga panas akan terjaga. Sedangkan jika api terlalu besar, adonan bagian bawah akan cepat mengering sebelum matang.

Selain itu untuk menjaga agar bagian bawah kue tidak gosong karena terlalu dekat dengan api, sebaiknya tambahkan alas kaki kompor dan tapisan dari bahan aluminium. Tujuannya agar api agak jauh dari alas teflon.

Baca Juga:  8 Macam Butter Untuk Berbagai Masakan

3. Tutup panci agar matang merata
Jika menggunakan , panas akan merata hingga bagian atas. Bagaimana dengan tips memanggang menggunakan teflon? Untuk menjaga panas merata hingga bagian atas, anda bisa menggunakan tutup panci yang sesuai dengan ukuran teflon.
Tutup panci akan menahan panas untuk keluar dan memantulkan panas ke arah cake. Dengan begitu bagian atas adonan akan matang merata.

4. Hilangkan sisa tepung yang menempel pada teflon
Saat anda menggunakan teflon untuk memanggang kue atau adonan kering, akan ada tepung yang bertebaran di atas teflon. Aku menyarankan untuk bersihkan sisa tepung atau adonan tersebut. Karena sisa tepung atau adonan akan menggosong jika tidak segera dibersihkan.

Sisa tepung yang menggosong dapat memberikan rasa pahit pada cake yang dibuat. Anda bisa membersihkannya menggunakan lap kering atau kuas kering. Lalu jika dirasa perlu, olesi permukaan teflon dengan minyak secukupnya.

5. Sesuaikan ukuran teflon dan volume adonan
Untuk tips memanggang menggunakan teflon selanjutnya, anda perlu memperhatikan ukuran teflon atau volume adonan yang anda tuangkan. Jika anda menuangkan adonan terlalu banyak pada teflon berukuran kecil, akan membuat tekstur kue menjadi bantat atau bahkan tidak matang merata hingga bagian dalam.

Dari kelima tips di atas, kamu sudah mendapatkan trik untuk memanggang kue menggunakan teflon. Sudah bersiap untuk membuat kue memakai teflon? Atau dari teman-teman ada yang pernah berhasil memanggang kue menggunakan teflon? Share pengalaman kalian saat menggunakan teflon sebagai “pengganti” oven yuk!

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

No Comments

Leave a Comment