Oven adalah perangkat utama untuk membuat kue yang dipanggang. Untuk pilihan jenis yang ingin digunakan rentang harganya cukup jauh, mulai dari yang murah meriah tralala sampai yang harganya puluhan juta. Ini kita masih di skala rumah tangga ya, jadi tidak membahas -oven keren canggih milik bakery.

Untuk pemula dan bahkan mereka yang ingin mengupgrade ovennya ini, aku selalu menganjurkan agar sesuaikan dengan budget dulu, lalu baru buat daftar kebutuhan dari tersebut. Mulai dari ukuran ruangan yang tersedia, kapasitas panggangnya bisa muat berapa loyang, tujuan panggangnya apakah hanya untuk panggang kue saja atau juga ingin bisa panggang ayam atau ikan. Yang tak kalah pentingnya dengan budget pembelian, adalah budget operasionalnya. Ini berkaitan dengan mau pakai gas atau . Untuk lengkapnya pembahasan tentang memilih oven untuk pemula, bisa baca di artikel : Tips Memilih Oven Untuk Pemula.

Beberapa tahun yang lalu aku melakukan upgrade ovenku yang terakhir dari Freestanding cooker Tecnogas tipe entah-apa-sebab-ovennya-warisan-dari-mama ke Freestanding Cooker Tecnogas N3x96G5VC. Kenapa pilih Tecnogas? Sederhananya sih karena memang dari mula belajar bikin kue itu ketika mau upgrade dari , aku diwariskan Tecnogasnya Mama yang sudah berumur belasan tahun dan masih dalam kondisi prima. Jadi brand Tecnogas sudah nempel banget, walau memang saat window-shopping, aku juga cek brand yang lain juga sih. Kisahku mencari-cari brand lain penantang Tecnogas bisa baca di : Pahami Panduan membeli Free Standing Cooker/Oven.

Karena cukup banyak yang menanyakan soal review Freestanding Cooker Tecnogas N3x96G5VC di artikel sebelumnya yaitu tentang : Pahami Panduan membeli Free Standing Cooker/Oven ini, maka di bawah ini adalah rangkuman review Tecnogas tipe N3x96G5VC.

Untuk memudahkan maka review dari tentang salah satu tipe Tecnogas ini aku buatkan dalam bentuk Q & A berdasarkan pertanyaan teman-teman sekalian, :

Freestanding Cooker Tecnogas N3x96G5VC

1. Apakah oven Tecnogas ini api atas dan api bawahnya bisa menyala bersamaan?
Jawab : Ya. Ada api bawah dan api atas yang bisa dinyalakan berbarengan. Tapi api atasnya gak ada pengaturan suhu ya. Pengaturan suhu hanya berlaku untuk api bawah.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Roti dengan Bread Maker Panasonic SD P104

2. Apakah pintu oven harus dibuka saat api atas digunakan?
Jawab: Tidak. Aku tidak pernah membuka pintu oven saat menggunakan api atas. Tapi ini berlaku hanya untuk ovenku ya. Kalau tipe lain, aku gak tau persisnya. Jadi please check ke buku manual atau tanyakan dulu ke salesnya kalau memang belum beli baru cari-cari info saja.

3. Apakah oven ini memiliki Thermostat dan pengatur suhu?
Jawab: Betul. Suhu oven diatur oleh thermostat. Begitu api bawah dinyalakan kita bisa setel suhu yang diinginkan. Kalau aku, setelah oven dinyalakan, maka aku akan setel timer oven juga misalnya 10 menit, supaya aku diingatkan juga bahwa ini oven sudah nyala selama 10 menit. Jadi gak kelamaan buang-buang gas hanya untuk memanaskan oven.

4. Apakah oven Tecnogas N3x96G5VC ini memiliki fan atau kipas?
Jawab: Punya. Ada kipasnya. Dan kita bisa pilih mau nyalakan kipas atau tidak. Oven juga memiliki lampu yang cukup terang jadi kelihatan makanan yang sedang dipanggang. Bunyi kipas lumayan terdengar tapi gak berisik banget sih, apalagi klo lagi bikin kue kan suara jauh lebih berisik hehehe.

5. Apakah saat memanggang kue, kita tetap bisa memasak menggunakan kompor bagian atas?
Jawab: Tentu saja. Bahkan saat oven sedang memanggang menggunakan api atas pun, kita tetap bisa menggunakan kompor di atas untuk memasak.

6. Ada berapa rak yang diberikan untuk digunakan di oven?
Jawab: Aku dapat dua rak yang bisa dilepaskan.

7. Apakah pemakaian gasnya lebih hemat?
Jawab: Tidak tahu, hehehe. Susah ngukurnya, karena kompor dan oven jadi satu pemakaian gas. Mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan juga yang ingin membeli oven untuk usaha. Apakah lebih baik beli oven yang menggunakan tabung gas terpisah dari kompor sehingga bisa lebih mudah menghitung penggunaan gasnya.

8. Apakah bila sedang memanggang, ruangan jadi terasa panas?
Jawab: Emmh, kalau ruangannya kecil pastinya iya ya. Makanya aku sedia kipas angin di dapur untuk bantu-bantu mengurangi hawa panas dari aktivitas panggang dan masak. Tapi menurutku suhu panas yang dihasilkan si oven masih dapat ditoleransi. Untuk bodi kanan kirinya kan memang sudah dipasang peredam panas, sementara pintu depan ovennya yang memang lebar itu dilapisi dua lembar kaca tempered. Jadi aku masih bisa tuh nongkrong di depan oven ngeliatin kue mengembang tanpa kulit muka jadi ikutan mateng kepanasan.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dalam Tentang Mixer KitchenAid

9. Bagaimana membersihkan pintu kaca oven kalau terkena minyak atau kotoran?
Jawab: Kaca pintu oven yang terdiri dari dua lapis itu, kaca bagian dalamnya bisa dilepaskan dari frame pintunya. Sehingga kita bisa lap dengan kain bersih, klo perlu semprot dikit dengan larutan Cuka + Air 1:1 untuk menghilangkan minyak. Setelah bersih bisa diletakkan kembali.

10. Apa lagi kelebihan freestanding cooker Tecnogas N3x96G5VC ini?
Jawab: Kelebihan yang aku notice itu salah satunya adalah cara pemantik apinya bekerja. Kalau sekedar diputar-putar saja, pemantik api tidak akan bekerja. Pemantik harus ditekan kurang lebih 10-15 detik setelah diputar untuk menyalakan api. Fitur ini menurutku lumayan penting untuk yang punya anak kecil yang suka iseng muter-muter knop pemantik. Jadi walau si anak kecil muter-muter knopnya, api gak akan menyala karena gas tidak keluar dari pemantiknya itu kecuali knopnya ditekan.

Pertanyaan bonus :
11. Apa ada keluhan selama pemakaian oven ini?
Jawab: Ada yang nanya begini dan aku sampe bingung jawabnya karena memang belum terasa ingin komplain soal performance freestanding cooker ini. Okelah kalau pun ada keluhan adalah tidak adanya tempat untuk menyembunyikan tabung gas sehingga tabung gas mesti tampil apa adanya di sebelah kompor seperti gambar di bawah ini.

Tecnogas N3x96G5VC
Tabung gas diletakkan di luar Cooker | Image by Cakefever.com

Buat yang punya anak kecil, tentunya tabung gas yang terbuka seperti ini sangat berbahaya. Oleh karena itu sedapat mungkin buatkan kotak berventilasi untuk bisa menyembunyikan si tabung gas yang tidak punya tempat berlindung ini.

Kotak dibuatkan Tukang untuk menyembunyikan tabung gas | Image by Cakefever.com

Keluhan berikutnya malah ke cooker hoodnya yang model Luna chimney, berisikkkk banget klo dinyalakan. Gak tahu apa memang begitu suara cooker hood ya, tapi memang lumayan efektif sih nyedot asap dan bau klo lagi goreng-goreng sambal terasi. Tapi gak tahan memang dengan berisiknya, sehingga pengen cepat-cepat dimatikan saja kalau sudah gak terlalu berasap atau bau.

Demikian review penggunaan freestanding cooker Tecnogas tipe ini. Kalau ada yang belum diulas dan ingin ditanyakan, silakan tulis di komentar bawah ya, nanti aku jawab dan naikkan updatenya ke artikel ini.

Baca Juga:  Cara Jitu Memanggang Lapis Legit

Semoga membantu!

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^