Sebagai seorang yang hobi membuat kue, tentunya peralatan dapur seperti menjadi peralatan penting yang harus dimiliki. Namun sayangnya terkadang harganya yang tidak murah membuat kita menjadikannya prioritas kedua untuk membelinya. Tapi tidak perlu khawatir, ketika kita belum memiliki di rumah, 5 ini bisa digunakan untuk memanggang kue. Tentunya juga memiliki fungsi yang sama seperti biasa. Berikut yang bisa kita gunakan ketika tidak memiliki oven atau microwave 

Alat Pengganti Oven Untuk Membuat Kue

1. Wajan Anti Lengket

Selain digunakan untuk menggoreng atau menumis, wajan anti lengket atau adalah alat memasak yang bisa kita gunakan sebagai oven darurat. Alat dapur ini dapat kita gunakan untuk memanggang kue mulai dari pie , kue bolu hingga .

Salah satu kunci menjadikan wajan anti lengket sebagai pengganti oven untuk memanggang yakni menggunakan api kecil. Hal ini berguna agar kue yang kita panggang tidak mudah gosong. Pastikan juga adonan yang kita buat tidak terlalu padat agar tidak meluber ataupun tumpah saat dipanggang, serta mencegah terjadinya gosong pada bagian bawahnya.

2. Rice Cooker

Rice Cooker tak hanya berfungsi sebagai penanak nasi atau alat membuat bubur saja. Kita juga bisa mengalih fungsikan sebagai atau microwave. Dengan menggunakan Rice Cooker, kita bisa memanggang manis ataupun kue bolu. Namun berbeda dengan oven, jika kita menggunakan Rice Cooker maka tekstur yang dihasilkan akan cenderung basah tetapi masih lembut.

Adonan cake dalam | Image from Yummy

Cara memanfaatkan alat dapur ini sebagai pengganti oven atau microwave sama seperti memasak nasi. Yakni, kita hanya perlu memasukkan adonan dan menekan tombol cook. Selanjutnya, jika tombolnya sudah berpindah kita bisa memeriksa apakah kue sudah matang atau belum menggunakan tusuk gigi ataupun garpu. Apabila ternyata kita mengeceknya belum matang, kembali tekan tombol cook sampai kue matang.

Rice cooker model premium bahkan sudah memasukkan menu Cake dan memberikan resep-resep membuat cake atau bolu dengan hanya menggunakan saja.

Baca Juga:  Mengenal Oven Tangkring Hock Praktis dan Ekonomis

3. Panci Kukusan

Alat dapur satu ini hampir selalu ada di setiap dapur rumah. Panci Kukusan sudah umum digunakan sebagai panci pengukus kue. Semua jenis kukus atau bisa dikukus dengan panci biasa, tidak mesti harus menggunakan klakat. Untuk menghindari tetesan air dari tutup , jangan lupa untuk melapisi tutup panci dengan kain serbet yang bersih.

Sementara untuk bisa memanfaatkan panci ini sebagai pengganti oven, maka proses penggunaan panci pengganti oven sama dengan proses mengukus, hanya saja panci kukusan tersebut tidak perlu ditambahkan air. Gunakan api kecil saat mulai mengoven, hal ini bertujuan agar panas di dalam panci dapat merata sehingga kue bisa matang dengan baik.

4. Baking Pan Kompor

Baking Pan Kompor | Image from Tokopedia.com

Kalau sudah familiar dengan kue bolu yang punya lubang di bagian tengahnya, tentu kita sudah berteman baik dengan Baking Pan Kompor. Peralatan pengganti oven ini memang khusus dibuat untuk memanggang kue langsung dari kompor. Biasanya Baking Pan dilengkapi dengan alas pelat semacam besi, agar alat tersebut tidak menyentuh api kompor secara langsung dan panas yang dihasilkan bisa merata.

Selain Baking Pan Kompor, juga ada listrik. Panas yang dihasilkan berasal dari elemen panas di bagian atas dan bawah dari listrik tersebut.

5. Panggangan Arang

Panggangan Arang Portable | Image from tokopedia.com

Panggangan Arang yang memiliki penutup memang dianjurkan untuk menggantikan oven, supaya kue bisa matang dengan merata sampai pada permukaannya. Tetapi jika di rumah sedang tidak ada alat tersebut, pakai saja panggangan daging biasa. Jika menggunakan panggangan biasa, berarti kita perlu menyiasatinya dengan menutup bagian atas menggunakan alumunium foil. Kemudian di bagian atasnya lagi ditutup dengan panci. Tentunya tidak hanya matang dengan sempurna kue juga akan memiliki aroma sedap dan smokey.

Itulah, alat pengganti oven yang bisa kita gunakan di rumah. Jadi, ketika kita belum memiliki oven di rumah dan ingin membuat kue sekarang tidak perlu khawatir. Karena berbagai peralatan dapur diatas bisa kita manfaatkan untuk menyiasati ketika tidak punya alat pemanggang. Jadi, biasanya kalau kalian ingin membuat kue tapi tidak mempunyai oven, lebih memiliki membuat kue kukus atau memanggang menggunakan peralatan dapur lainnya?

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^