Wednesday, December 7

Ingin Coba Pakai Air Fryer? Ketahui Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Kamu pasti tidak asing dengan air fryer yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan banyak orang. Bagi kalian yang belum tahu, air fryer adalah sebuah kompor atau oven mini yang dapat menghasilkan makanan renyah tanpa perlu menggunakan minyak goreng, lho.

Air fryer akan mengedarkan udara super panas untuk membuat makanan lebih garing dengan sedikit atau tanpa minyak, sehingga makanannya lebih sehat. Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk membeli atau menggunakan air fryer, simak artikel ini, ya!

Kali ini Cakefever akan membahas mengenai air fryer, mulai dari kegunaan, cara kerja sampai kelebihan dan kekurangan alat masak yang satu ini. Tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut? Yuk, simak bacaan mengenai air fryer di bawah ini.

Apa Itu Air Fryer?

Apa Itu Air Fryer | @abeehajb - Instagram
Apa Itu Air Fryer | @abeehajb – Instagram

Air fryer diakui memiliki kemiripan dengan oven. Air fryer adalah teknologi alat masak terbaru yang akan memaksimalkan elemen pemanas. Pemanas dikeluarkan dari bagian bagian atas penggorengan, sedangkan bagian bawah heater terdapat kipas angin kuat yang membuat bahan masakan lebih cepat masak karena udara panas.

Untuk saat ini, teknologi air fryer adalah alat modern yang cocok digunakan untuk menggoreng makanan secara mudah dan praktis. Sangat menarik, bukan?

Baca Juga:  Jenis-Jenis Mixer Untuk Adonan Beserta Fungsinya

Kegunaan Air Fryer

Kegunaan Air Fryer | @home_bygozde - Instagram
Kegunaan Air Fryer | @home_bygozde – Instagram

Setelah mengetahui apa itu air fryer, selanjutnya Cakefever akan membahas kegunaannya. Apabila digunakan dengan benar, air fryer menawarkan banyak manfaat yang menyehatkan, yakni sebagai berikut.

Pertama, menggunakan air fryer dapat menurunkan berat badan. Alasannya karena makanan yang digoreng cenderung tinggi lemak dan kalori, karena dimasak menggunakan minyak goreng. Sementara itu, saat menggunakan air fryer, kalian tak perlu menggunakan minyak.

Kedua, saat menggunakan alat ini tidak akan ada risiko terkena cipratan minyak panas yang dapat membuat kulit kalian melepuh. Sehingga, pengunaannya cenderung lebih aman dibandingkan menggunakan kompor biasa.

Ketiga, mengurangi risiko pembentukan zat berbahaya. Proses penggorengan di wajan dapat memicu munculnya reaksi kimia yang kemudian menghasilkan senyawa akrilamida. Senyawa tersebut dapat meningkatkan risiko terkena kanker, terutama apabila kalian menggoreng sumber makanan nabati. Oleh karenanya, menurut penelitian, menggunakan air fryer dapat mengurangi kadar akrilamida hingga 90%, lho.

Cara Kerja Air Fryer

Cara Kerja Air Fryer | @docelarnoceara - Instagram
Cara Kerja Air Fryer | @docelarnoceara – Instagram

Air fryer adalah teknologi alat masak terbaru yang akan memaksimalkan elemen pemanas. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak cara kerja air fryer berikut ini.

Pertama, kalian hanya perlu meletakkan makanan ke dalam wadah air fryer. Teman-teman setia Cakefever dapat menambahkan 1-2 sendok teh minyak agar makanan yang dimasak tidak menempel ke permukaan. Kalian juga bisa menggunakan aluminium foil sebagai pembungkus makanan.

Baca Juga:  Inilah 7 Jenis Alat Pemotong Kue yang Wajib Kamu Ketahui

Kedua, atur suhu dan waktu pada air fryer sesuai dengan kebutuhan. Apabila ingin memasak sayuran, gunakan 180 – 200° C selama 8 – 20 menit, untuk daging masaklah dengan suhu 180° C selama 8 – 17 menit. Perlu diingat, saat memasak kue kalian perlu mengurangi suhu dan waktu masak yang telah direkomendasikan pada resep kue.

Ketiga, perhatikan tingkat kematangan makanan. Kalian perlu mengecek atau membolak-balik sisi makanan agar matangnya merata dengan cara menekan tombol pause, lalu buka air fryer, kemudian gunakan penjepit atau spatula untuk membalikkan makanan.

Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer

Ternyata, selain memiliki banyak kelebihan, air fryer juga mempunyai kekurangan, lho. Mari kita bahas dari sisi kelebihan air fryer terlebih dahulu!

Kelebihan saat memasak menggunakan air fryer adalah alat ini akan mengolah makanan dengan sedikit atau tanpa minyak, tidak berantakan, proses memasaknya lebih cepat daripada oven biasa, dan kalian dapat menggunakan air fryer untuk memanaskan makanan.

Nah, untuk kekurangannya, air fryer memiliki ukuran lebih kecil dari oven biasa. Sehingga, tidak dapat digunakan untuk memasak makanan yang banyak dan besar. Air fryer juga tidak bisa memasak makanan secara merata. Selain itu, kalian harus merogoh kocek lebih mahal, sebab harga air fryer adalah sekitar Rp 500.000 ke atas dan cenderung memiliki daya watt cukup tinggi.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Cetakan Kue Akar Kelapa Sendiri di Rumah

Itulah informasi mengenai air fryer yang lagi booming banget dan banyak digunakan oleh rumah tangga masa kini. Apakah teman-teman tertarik untuk membelinya?

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^