Wednesday, December 7

Apa Saja Kegunaan Chopper? Ini Perbedaannya dengan Blender!

Sekilas mirip dengan blender, namun bukan berarti chopper juga memiliki kegunaan yang sama dengan blender. Ketahui kegunaan chopper pada artikel Cakefever berikut ini.

Apa Itu Chopper?

Food Chopper atau yang biasa disebut dengan chopper saja merupakan salah satu peralatan memasak yang bisa dipakai untuk membantu dalam proses pengolahan bahan makanan sebelum dimasak (food prepping). Secara garis besar, fungsi kegunaan chopper memang bisa dikatakan mirip dengan blender. Namun kedua peralatan tersebut memiliki perbedaan terutama dari fungsi, cara kerja, dan juga jenis makanan yang dapat diolah.

Chopper sendiri merupakan sebuah alat food prepping yang berguna untuk memotong, mengiris, menggiling, dan juga mencampur bahan makanan. Pada mesin chopper terdapat set mata pisau yang berguna untuk memotong bahan makanan. 

Secara ukuran, biasanya chopper hanya memiliki wadah yang kecil. Wadah chopper biasanya hanya dapat menampung 1 sampai 4 cangkir. Terdapat dua macam chopper yang ada di pasaran, yaitu chopper manual yang memerlukan tenaga manusia untuk mengoperasikannya dan chopper listrik yang dapat bekerja secara otomatis.

Aneka Kegunaan Chopper

Sebenarnya apa kegunaan chopper? Secara umum, kegunaan chopper adalah untuk memotong, menggiling, mencincang, serta mencampur berbagai bahan makanan. Alat yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk dapat mengolah bahan makanan yang kering serta cenderung keras. Selain itu, mata pisau yang ada pada chopper cenderung berukuran cukup besar.

Dengan karakteristik tersebut, banyak sekali kegunaan chopper yang dapat membantu untuk proses food prepping. Chopper dapat dipakai untuk mencincang dan menghaluskan daging, membuat bumbu dapur halus, memotong dan menghaluskan kacang-kacangan, mengolah berbagai rempah-rempah, memotong dan menghaluskan sayuran, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Rekomendasi Perlengkapan Penting Baking Beginners

Perbedaan Chopper dan Blender

Food Choppers | The Spruce Eats
Food Choppers | The Spruce Eats

Terkadang banyak masyarakat yang masih tertukar antara mesin chopper dan blender karena kedua mesin tersebut dapat menghaluskan banyak makanan. Namun, kedua mesin tersebut sebenarnya memiliki cukup banyak perbedaan. Selain kegunaan chopper yang memang berbeda dengan blender, berikut merupakan aspek-aspek perbedaan lain antara mesin chopper dengan blender.

1. Dimensi Ukuran

Apabila dijajarkan bersebelahan, ukuran dari mesin chopper akan terlihat jauh lebih kecil ketimbang mesin blender. Blender pada umumnya akan mempunyai wadah pengolahan yang tinggi ke atas. Berbeda dengan chopper yang merupakan bentuk lebih kecil dan sederhana dari alat food processor. Dimensi yang jauh lebih kecil tersebut memungkinkan chopper lebih mudah disimpan ketimbang blender yang berukuran tinggi.

2. Fungsi dan Kegunaan

Secara fungsi, kegunaan chopper lebih banyak ketimbang blender. Chopper dapat berguna untuk memotong, menghaluskan, menggiling, mencincang, mencacah, serta mencampur makanan. Dengan mata pisau yang lebih besar ketimbang blender, chopper dapat mengolah bahan makan yang masih kering dan keras. Selain itu juga chopper dapat mencincang dan menghaluskan daging.

Sedangkan untuk blender, alat ini hanya berfungsi untuk mencampur serta menghaluskan bahan makanan. Blender memiliki mata pisau yang lebih kecil dibandingkan dengan chopper. Dengan karakteristik tersebut, blender lebih cocok untuk memproses bahan-bahan makan lunak seperti buah dan sayuran bertekstur lunak. Maka dari itu, tidak heran jika blender sering dipercaya untuk membuat jus, saus, pesto, puree, dan juga smoothies.

Baca Juga:  Inilah 7 Jenis Alat Pemotong Kue yang Wajib Kamu Ketahui

3. Cara Kerja

Agar dapat memanfaatkan kegunaan chopper, pengguna mesin hanya perlu memasukkan bahan-bahan makanan yang ingin diolah ke dalam wadah chopper. Namun, sebelum dimasukkan ke chopper pastikan bahan yang ingin diolah sudah dicuci dan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah dimasukkan, pengguna dapat langsung mengoperasikannya dengan cara manual untuk chopper manual dan dengan mengatur kecepatan mesin untuk chopper listrik.

Secara umum, tahapan menggunakan blender sebenarnya tidak berbeda jauh dengan chopper. Namun pada blender, bahan-bahan yang ingin dihaluskan dan dicampur perlu terlebih dahulu ditambahkan cairan. Hal ini berfungsi agar mata pisau berukuran kecil pada blender dapat berputar dengan lebih lancar.

4. Kapasitas

Karena secara ukuran chopper lebih kecil ketimbang blender, maka kapasitas bahan makanan yang dapat ditampung di dalam wadah pun juga lebih kecil. Pada chopper, wadah hanya mampu menampung bahan makanan berukuran 1 sampai 4 gelas saja. Sedangkan untuk blender, kapasitasnya lebih banyak. Blender dapat menampung bahan olahan hingga mencapai 2 liter banyaknya. Bahkan beberapa blender ada yang dapat menampung bahan lebih banyak.

5. Tekstur hasil olahan bahan makanan

Hasil olahan bahan makanan dari chopper lebih bervariasi karena kegunaan chopper yang juga banyak. Misalnya jika pengguna menghaluskan bawang, tentu tekstur dari bawang akan menjadi semakin lembut. Lain halnya apabila chopper dipakai untuk memotong bahan makanan yang lebih besar dan kering, tekstur yang dihasilkan kemungkinan besar akan jadi lebih kasar.

Baca Juga:  Macam Macam Ukuran Loyang Tulban & Bedanya dengan Loyang Chiffon

Sedangkan untuk blender, tekstur yang akan dihasilkan akan cenderung lembut menyerupai bubur. Hal ini bisa terjadi karena biasanya blender digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang kaya akan air. Dalam pengoperasiannya juga, blender memerlukan cairan agar mata pisau dapat bergerak lebih lancar.

Berikut tadi merupakan artikel mengenai serba-serbi tentang chopper beserta dengan kegunaan chopper dan perbedaannya dengan blender. Semoga setelah membaca artikel ini, Kamu jadi dapat mengetahui lebih dalam tentang chopper dan dapat menggunakannya sesuai dengan fungsinya.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^