Cheddar Cheese Cake

Setelah aku mencoba resep ini, rasa dan penampakannya tuh mirip banget dengan Japanesse Cheese Cake yang pernah aku buat dengan Home-Made Cream Cheese. Menurutku Cheddar Cheese Cake ini rasanya lebih yummy dan cheesy dibanding Japanesse Cheese Cake, mungkin karena pakai cheddar cheese yang memang lebih ngeju dan asin ya?

Bahan I:
130 gram susu cair (UHT atau fresh)
40 gram unsalted butter
125 gram cheddar cheese

Bahan II:
20 gram tepung terigu protein sedang
15 gram tepung maizena
2 kuning telur
1 sdt air jeruk lemon

Bahan III:
3 putih telur
80 gram gula pasir
¼ sdt  cream of tar-tar

Bahan IV (hiasan):

1 sdm selai aprikot
1 sdm air matang

How-To:

  • Siapkan loyang 18 cm, olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air. Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).
  • Campur mentega, susu cair, dan keju cheddar yang sudah diparut (Bahan I) dalam panci kecil, panaskan di atas api sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya krim tidak sampai gosong. Jika perlu, matikan api sementara krim diaduk-aduk.
  • Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan II) ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
  • Masukkan loyang berisi air ke oven, nyalakan oven dengan suhu 160°C.
  • Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga ‘soft peak’ saja. Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.
  • Cheddar Cheese Cake tanpa topping
    Cheddar Cheese Cake tanpa topping
  • Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih/bergolak, cukup sampai ada gelembung-gelembung kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya.
  • Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.
  • Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik. Pelan-pelan ya, karena cheese cake ini lembuuut sekali.
  • Penyelesaian: hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai, hias dengan buah-buahan sesuai selera.

Recipe: Elly (Aljos Mom)

Artikel ini sudah dibaca 23618 kali. Semoga bermanfaat :D

  • cakefever

    Mba Chaerani, maap telat balas postingnya niihhh …

    130 gram dan 130 ml untuk cairan biasanya tidak terlalu beda mba. Bisa coba ditimbang cairan 130ml di timbangan, ukurannya biasanya gak jauh-jauhbanget dari 130 gram … :)

  • cakefever

    Bisa… cuma jadi ada tambahan rasa asin saja. Tapi harusnya gak terlalu asin karena jumlah butternya gak terlalu banyak.

  • martha

    Mba..makasih ya resepnya…anakku n suamiku suka banget..tdnya takut gagal pas ngocok putih telurnya..tp ternyata berhasil..aku bikinnya pk loyang oval ternyata ada sisa adonan jd aku masukin ke cetakan muffin yg satuan..adonannya pas di panggang ngembang bagus banget…baunya bikin tetangga ribut hahahahaha…soalnya aku bikinnya pas jam 2 siang,pas puasa lg….

    • cakefever

      Hehehe artinya tetangganya mesti dibagi kuenya tuuh mba Martha… :D

  • cakefever

    Sama-sama Febby … :)

  • Mona Belinda

    Mba salam kenal,
    Aku udah coba resepnya. Rasanya sih oke tp kok lembek bgt ya, trus waktu akukeluarin dari loyang atasnya nempel. Apa aku krg lama manggangnya ya..?

    • cakefever

      Cheese cake ini memang lembut sekali, tapi masih cukup kokoh seharusnya. Dan atasnya itu seharusnya bisa kering jadi gak mesti pakai loyang bongkar pasang.

      Kalau masih lembek, kemungkinan memang masih belum matang sempurna. Pastikan suhu oven sudah sesuai dengan yang diminta di resep ya

  • ikka

    Saya udh nyobain resepnya mbak..klo pake cetakan cup cake bentuknya bs cantik,tp klo pake loyang besar bgtu dipotong cakenya rusak,kyk gk kokoh gt..udh gt manggangnya bs sampai 3jam baru matang,klo pake cup2 kecil gk terlalu lama n lbh cantik

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      kalau dalam loyang besar, supaya motongnya bisa rapi sebaiknya dikulkasin dulu supaya lebih set :)

  • Siti

    mbak bisa ga cream of tar-tar di ganti? kalau bisa, di ganti pake apa ya?
    mohon jawabannya

    • cakefever

      Gak usah dipakai juga gpp Siti … itu cuma untuk menjaga agar kocokan putih telurnya kokoh. Aku malah gak pernah pakai CoT, asalkan benar kocok putih telurnya sih gak masalah ..

  • susy R

    Hi mb ferona salam kenal ya..mb baking ccc ini kl pake otrik pakenya api atas atau api atas bawah?kl kita mo nambahin putel sm kutel ngefek ke pemanggangannya gak ya? Soalnya kmrn sy modif cccnya gak set2 basah terus. Apa gara2 ak modif atau salah diapi pemanggangannya karena kmrn dari awal saya pake api bawah.

  • lilik

    Hi mbak, salam kenal ya….BTW aq dah pernah nyoba bikin cheese cake, aq make oven bima yang listrik itu, pas di oven cakenya ngembang, tapi pas di keluarin dari oven kok turun alias ngempes lagi, trus jadi lembek2 gitu kuenya, trims

  • Lili

    Hi mbak, salam kenal ya… aq udah pernah nyoba cheeder cheese cakenya, aq pakai oven listrik biasa sih…kalo ditempatku namanya oven bima, pas di oven itu ngembang banget, tapi setelah diangkat kenapa ya cakenya jadi kempis gitu alias turun lagi….and hasilnya jadi lembek gitu.makasih

  • devi sita hidayat

    mba feee,, akuu uda buat ccc iniii, buat ultah suamikuuu…
    kukiraa bakal gagal,, soalnyaaa,, putih telur kurang 1, pinngir loyang lupa di oless mentega,, trusss pake acaraa kesiram air rendemannn.. hikss dikit siii..
    tapi ternyata pas mateng,, hasilnyaaa memuaskan kokkk.. tetep kyk kapass,, anakku suka bgt, suamikuu jugaa,, pinggirannya jg mulusss walaupuun lupa dioles mentega xixixi,,, oya akuu buat pake crust lhoo,, soalnya mau buat di loyang pie bongpas…

    oya mba fee,, aku belii alfoilnya bukan heavyduty (susaah nyariinya), jadi merk klin apaaa gituuu lupaa,, klinpak kl ga salah,, harganya 17ribuaann,, itu ga gampang robek juga kok mbaa.. :)

    hmmm. makasii ya mba… buat resepnya…. n tipstriknyaa…
    pelukecup*

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      ikut senaaanngg .. *pelukecupjuga*

  • dian

    mbak, kalau bikin cake ini pake oven listrik bisa gak yah…soalnya kan ada loyang yang diisi air, apa nanti airnya gak luber kebawah klo dah panas? takut terjadi kosleting listrik..trims

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      aku pernah pakai loyang listrik. Jangan sampai airnya menetes ke bawah. Luber sih nggak karena aku gak pernah isi sampai penuh, paling 3/4 penuh. Tapi harus pakai loyang gak tidak bocor ya …

  • devi sita hidayat

    mbaa fee,, liat gambarnya,, kecil kecil gitu, loyangnya yg kyk apa si mba? bongpas juga ga kl yg kecilkecil gituu…

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      loyang bolu mamon … ini gak bongpas tapi karena permukaan kuenya cukup kokoh, bisa dikeluarkan dengan cara dibalik

  • deka

    Saya udah coba mba.. tp gara2 salah liat gambar api di oven jdnya pake api atas.. udah 50 menit dipanggang eh bagian bawah msh cair.. akhirnya dipanggang lg 50 menit pake api bawah, abis itu msh agak lembek jg.. aq masukin kulkas, setelah beberapa jam pas mau dipotong masih banyak kue yg nempel ke pisau. tp rasanya emang enak si.. hehehhe :)

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      au bain marie manggangnya?

      • deka

        udah di-au bain marie dgn cara direndam langsung mba.. ternyata masalahnya pada oven listrik punya mertua, dugaanku api bawahnya udah rada rusak..:)

  • EvaNdut

    Mbak Fe dear.. kalo seandainya resep cheddar cheese cake ini basenya pake oreo atau biskuit marie + butter, bisa gak ya mbak? Matur suwun mbak.

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      ooh mau dibuat seperti blueberry cheese cake yah? yang di resep http://www.cakefever.com/blueberry-cheese-cake/ ?

      Aku belum pernah coba siy .. tapi kalo Eva mau eksperimen boleh banget loh… Karena sebenarnya tekstur kue ini seperti bolu kapas gitu, bukan seperti blueberry cheese cake yang padat dengan cream cheesenya … kabari yaah seperti apa hasilnya kalau sudah dicoba :)

  • sutria

    mau nanya,cream of tar tar itu yg bgm ya?bisa gak klu gak pke itu?atau cream of tar tar itu bisa gak di ganti bahan lain yg mudah didapat?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      seperti bubuk putih gitu. Aku selalu skip cream of tartar kok Sut … itu utk menjaga kocokan putih telur supaya stabil saja. Bisa diganti dengan air jeruk lemon atau tidak usah dipakai sama sekali juga tdk apa2…

  • lysa

    saya ingin tanya bagaimana ya cara merapikan pinggiran ccc agar terlihat rapi seperti di foto2?
    dan saya juga ingin tanya: kenapa kok pas dioven naik tinggi tapi setelah 50menit dikeluarkan dr oven langsung turun dan menyebabkan pinggiran ccc jadi keriput?
    thank u

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Pinggiran cheddar cheese cakeku yang ini sudah rapi, Lys … Gak diapa2in. Cuma dioles saja pakai mentega pinggiran loyangnya …

      Kalau kue yang menyusut tiba2, kemungkinan oven terlalu panas sehingga adonan cepat mengembang, padahal bagian dalam kue belum matang sempurna. Ketika kita keluarkan dari oven, langsung amblas. Kalau kue bagian dalam sudah matang sempurna, insya Allah gak amblas kuenya …

  • http://www.cassakarsono.wordpress.com Cassa Karsono

    Haiy mba..

    Salam kenal ya. Aku ga sengaja nemu blog mba karna lagi cari resep Blueberry Cheesecake buat ultah mamaku minggu depan. Tapi agak shock juga liat cream cheesenya mesti 1 kg. Bakal abis berapa nih modalnya?? Hihihi..

    Pas liat-liat resep lain, aku nemu resep CCC ini. Dan kayakna, aku bakal bikin ini aja nih. Lebih ekonomis. Karna rencananya aku mau bikin 2 loyang. Satu buat mamaku, satu buat mertuaku. Tar toppingnya tinggal dikasih selai blueberry juga bisa khan ya

    Doakan yaa mba smoga aku berhasil! Aku sebenernya hobi banget bikin kue, sampai dibeliin oven listrik guede sm mertua. Tapi masih suka banyak cacat sana sininya. Smoga dengan mencoba resep-resep dan tips-tips dr mba di blog ini bisa bantu aku makin jago baking. Pengin dikembangin jadi usaha toko kue juga soalnya (amin Ya Allah..). Mba pasti pahalanya banyak banget deh karna resep-resep di blog ini bisa membantu banyak orang yang pengin punya penghasilan tambahan, atau sekedar ingin menyenangkan hati orang yang disayang.

    Sukses terus ya mbaa ^_^

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Haii Cassa… maap baru sempat reply komentarnya … Blueberry cheese cake 1 kg itu untuk loyang 22 – 24 (lebih tipis) … Kalau cuma mau buat setengahnya juga bisa untuk loyang 18-20cm.

      Bikin kue memang mesti banyak berlatih dengan riang gembira, pasti deh bisa dapat jurus suksesnya :)

      Alhamdulillah, aku selalu ikut senang kalau blog sederhanaku ini bisa membantu teman-2 yang mau belajar bikin kue. Karena aku dulu juga mulai belajar bikin kue dari nol besar, gak tau apa2… bikin brownies aja gosong hehehe

  • gisella

    hallo mba.. barusan aku coba cheddar cheesecake nya .. enakkkkk =) semua suka.. butternya aku substitute pake margarine salted. tetep uenakk.. memang rada asin, tapi gurih, terus atasnya aku nga pake selai aprikot, aku ganti dengan selai bluberry, hasilnya rasanya bener2 enak, asin + manis jadi 1.. makasi mba resepnya =) keep it up ya!!

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Halo Gisella … hmmm kebayang deh tambahan rasa gurih yang dihasilkan oleh margarine.. jadi ikutan laperrr pengen bikin lagi … :)

  • saree

    hallu..mba fer..a mo nyobain bikin kue CCC ni, tp panasin airx kudu smp glembung y? kl g smp sgt g pa2? truz bt topingx slain slai apricot bs g? a dah nyoba ngebayangin pk toping yg ln ko nda nyampe2 y mba?!
    a kpingin nyobain resep2 mba fer tp yg gampang2 duyu :-D biz resep2 mba fer ok c da tips2 sgala :-)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      ihiks.. aku suka bingung klo baca komentar yang disingkat-singkat… Maklumlah faktor U nih :D

      Kalau ribet manasin airnya atau lagi males gitu, aku biasanya menuang air di loyang kotak, lalu loyang adonannya dimasukkan ke loyang kotak baru kemudian dimasukkan oven bersama-sama. Jadi airnya panas bersamaan. Air itu sebenarnya untuk mencegah bagian bawah adonan menjadi keras karena proses pembakaran…

      Untuk Topping mah itu sesuai selera aja. ada yang pakai selai blueberry, strawberry dan ada juga yang malah bikin cream cheese frosting juga … hehehe …

  • irma

    Kuenya uenak tenan. Dan kalo putih telur dipakein lemon, bagus hasilnya. Makasih mba buat resep dan step by step nya.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Sama-sama ya Ir…

  • irma

    Salam kenal mba, saya sudah coba 3x, dan berhasil semua, skr jadi kue favorit anak saya. Kayaknya bisa dijual juga nih :) Terima kasih mba utk resepnya. Oya, tadi sy baca soal CoT, secara ga sengaja saya masukkan lemon pd kocokan kuning telur + CoT hasilnya putih telurnya bagus banget. Pas buat lagi dan tidak pakai lemon, hasilnya kurang peak. Besok2 akan sy tambahkan perasan lemon lg pd putih telur.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      sipp.. aku malah klo bikin kue ini gak pakai cream of tartar… pede jaya aja klo putih telurnya bagus dan segar…

  • jatu rachma

    mbak bisa gaa buat cake ini tapi tanpa tehnik au bain. jadi dipanggang biasa, jadinya kira2 seperti apa…big hug

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Bisa.. tapi nanti kurang lembut bagian bawahnya. Jadi agak menyoklat kayak bolu biasa gitu …

  • Lily

    Terima kasih ya mba’

  • Lily

    Mba,aku kan muslim.. Jadi aku tadi googling tentang cream of tar tar,trus katanya itu haram.. Jadi bisa diganti sama apa ya mba?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      CoT itu utk menstabilkan kocokan putih telur. Gak dipakai jg gpp, yg penting kocokan putih telurnya sdh benar. Utk membantu kocokan, katanya bisa pakai perasan jeruk lemon sbg penggan cot. Tapi aku sendiri blm pernah coba :D

  • Ri ta

    Hi mba, Salam kenal, sy udh coba buat cheddar cheese cake ini, tp stlh dipanggang 2 jam kok masi blom matang yah? Sbg tambahan info, Loyang sy bungkus dgn aluminum foil krn tkt kemasukan air rendaman, suhu oven 150c, dan wktu sy masukkan Loyang adonan ke oven, air diloyang rendaman blom mengeluarkan gelembung. Krn sdh 2 jam, ccc nya nekad sy kluarin dr oven, trnyata stlh di potong, dlm nya masih basah, gimana itu yah mba? Makasih sebelumnya :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      suhu ovennya 150c terlalu rendah siy … Ohya cake-nya mengembang kah? Kalau mengembang dan dalamnya masih basah, itu kemungkinan memang masih kurang matang karena suhu ovennya terlalu rendah.

      Tapi klo bagian bawahnya saja yang basah, kemungkinan masuk air dari bawah – apalagi klo bungkusnya tidak pakai alfoil heavy duty, gampang robek.

  • Rani

    Mba…mau nanya: bisa gak ya bikin cake “biasa” aja di loyang springform? maksud saya, selain cake jenis torte; cheesecake atau dessert yang emang bagusnya pake loyang springform gitu. Pernah coba nggak buat sponge cake atau brownies atau cake kukus dan cake sederhana lainnya di loyang bongpas?

    Karena begini…saya kan butuhnya springform ukuran 9″. Tapi di mana-mana, dengan ukuran springform bulat 9″ yang saya cari itu pasti terdiri dari 3 set (hati ukuran 8″, bulat ukuran 9″, dan persegi ukuran 10″). Lha, kalau bisa untuk bikin cake blah2x (tapi kayaknya gak bisa bikin semacam chiffon deh yah?), jadi irit aja nggak usah beli loyang hati dan persegi lagi. Kalau cuman bisa bikin cheesecake, torte dan semacamnya kan sayang T___T

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Bisa atuh… itu loyang spring form itu kan loyang biasa yang dindingnya bisa dicopot-copot … :)

  • phoenix

    Yippie………. Setelah pertama bikin gagal alias bantet, akhirnya berhasil juga naklukin cheddar cheese cake. Ada yang mau aku tanyain nih mba Fe… Cakenya emang membal gitu ya? Pori-porinya cakenya rapat banget… Cenderung moist gitu. Cakenya aku simpen dalam kotak makan jadinya permukaan atas cake nempel sama tutup kotak makannya,hihi. Cakenya juara deh, ludes dalam sekejap.. Kalo liat fotonya CCC mba Fe terlihat tinggi ya cakenya.. Cake punyaku ga gitu tinggi. Apa bias disebabkan karena pengocokan putih telurnya kurang soft peak ya? Makasih ya mba Fe……… *Big Hug*

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Halo Niex… dududu maap komentarmu di sini terlewatkan aku membacanya :D Baru dibalas sekarang.

      Sekalian menjawab komentarmu yang sebelumnya tentang pengadukan keju, itu memang harus sampai jadi cream yang sempurna.

      Trus ngocok putih telurnya gak boleh masih terlihat cair, tapi juga gak boleh sampai kaku. Bedanya apa, bisa dibaca di http://www.cakefever.com/mengocok-putih-telur/

  • http://dearbarbie23.wordpress.com Merlina

    gak sabar mau coba resep ini.. wish me luck :D

  • phoenix

    mba fero,hixx3…. laporan nih hasil baking kuenya: kuenya bantet,jadi seperti ada 2 jenis kue dalam 1 loyang,setengah bantet setengah lagi engga. Saya share sedikit ya yang saya perbuat,hehe.. dimulai dari pembuatan bahan pertama: harusnya keju cheddar meleleh sempurna sehingga bentuk krim atau gimana ya mba? karena saya udah tim lama,tapi masih banyak parutan keju yang tidak meleleh. karena udah malem ngerjainnya,jadi main hajar aja, langsung saya tambahkan bahan kedua dan aduk sampai rata,tetep sih parutan kejunya masih banyak yang utuh-utuh,pada saat campur bahan kedua tidak ada masalah. lalu pembuatan bahan ketiga: putih telur langsung masukkan gula kemudian dimikser. saya kurang paham juga apa sudah soft peak belum ya… jadi hasil pengocokannya itu masih cair,tidak kental krim gitu mba. lanjutlah dicampurkan semua bahan lalu saya oven. oiya adonannya memang cair gitu mba setelah semuanya saya satukan. apakah memang cair adonannya akhirnya? gelembung kecilnya belum terlihat, loyang berisi adonan sudah saya masukkan dengan api yang digunakan adalah api sedang mengikuti petunjuk suhu bawaan di oven h*ck saya (belum beli termometer sungguhannya mba). sekitar 60 menit adonan sudah matang saat di tes tusuk dan atasnya sudah mulai kecoklatan. saat cake dipotong ternyata di dasar loyang mengendaplah parutan kejunya. anyway rasanya memang enak mba,temen-temen juga suka rasanya. huff,masih penasaran pengen bikin lagi mba…….. semangat!!! maaf nih panjang lebar sekali laporannya,hehe. saya baru belajar bikin kue dan belum pernah ikut kursus kue, lokasi rumah agak susah mba untuk ikutan kursus,hehe. makasih ya mba ferona untuk share ilmunya :D

  • http://jess_jezz93@yahoo.co.id jessica

    mau tanya dung mba, kalo pertama bikin kue itu pake oven kompornya bgusan merk ap? ukurannya

    • http://www.cakefever.com cakefever

      pake oven merek apa saja bisa bagus kok … ;)

  • phoenix

    mba fero, saya tertarik ingin membuat cake ini dengan otang. Otang saya merk h*ck nomor 3. Nah saya ingin mencoba panggang dengan au bain marie akal2an, loyang yang saya punya loyang persegi 20×20 dan 26×26. Apakah bisa mba dipanggang dengan au bain marie akal2an? Satu hal lagi di resepnya tertulis loyangnya dilapisi dengan kertas roti. Jika tidak dilapisi dengan kertas roti hasilnya akan gimana ya mba? Maaf banyak pertanyaan, masih newbie soalnya ?. Kemudian butternya bila yang salted apakah akan mempengaruhi rasa? Bagaimana dengan tepung terigu bila diganti dengan tepung terigu protein rendah? Saya kondisikan kue ini dengan bahan yang ada dirumah mba,semoga memungkinkan untuk diganti. Tapi bila memang perlu saya akan belanja lagi untuk mendapatkan bahan-bahan yang sesuai resep. Saya mau bikin kue ini sebagai kue 1 bulannya ponakan saya tanggal 18 Desember ini. Terima kasih mba ferona atas jawabannya….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Halo niex … aku jawab satu satu ya ..

      – bisa dipanggang dgn au bain marie akal2an
      – Fungsi loyang dilapisi kertas roti supaya kuenya gak lengket di loyang dan gampang dilepas. Kalo pake loyang bagus yang gak bikin kue lengket gak pake kertas roti juga gpp. Atau cara lain loyang oles dengan mentega dan taburi dengan terigu.
      – Butter diganti salted rasanya jadi lebih asin. Kejunya sendiri juga udah asin.
      – terigu protein rendah gpp, asal jangan pake protein tinggi ya .. itu buat roti soalnya.

  • heny

    Udah di coba ?????, lembut seperti kapas..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      betuulll!

  • tia

    mbaaa.. barusan bikin, fresh dr open,uenaaakkkk pwooolll mbaa
    kejunya nendang
    tp knp y kok abz dmakan kyk ada rasa keset2 gtu dilidah,apa da yg salah? thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Keset-keset gimana gituuhh? *gakngertiii* hahaha

  • http://shabbysketchpad.blogspot.com Elisa

    Mbak, mau tanya. Di rumahku kan ngga ada oven. Kalo CCC ini dikukus, jadi ngga ya? Selama ini, aku ngga pernah buat kue panggang, cm kukus aja…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Jangan pakai resep ini kalau mau buat cake kukus… coba bikin Brownies Kukus aja yang ada di blogku ya …

  • erika

    Mbak aq kok selaaalu bantat kl bikin kue hiks hiks. Brsan nyoba cCc-nya hslnya gak ngembang…rasanya kyk puding roti gt lah yg kebykan telur. Itu yg dimixer cm putih tlr aja ya mbak. Yg lain ckp diaduk dg sendok saja kah. Huhuhu pengennn dehh bisa buat 1 resep kue aja :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      iya yang dimikser cuma putih telurnya … ccc-nya itu ga ngembang? banyak sebabnya sih.. tapi intinya kue itu akan mengembang kalau telur yang dikocok mengembang sempurna, dan pengocokan rata tapi tidak terlalu lama sehingga masih ada gelembung udara di dalam adonan kue Mengaduk kocokan telur dengan bahan kering terlalu lama juga bisa bikin kue bantat.

  • ayu

    mbak, aku mau ngadu.. hiks hiks (udah sedih duluan), pertama kali bikin ccc ini sukses besar, sampai2 adik2ku minta dibuatkan untuk dikasih ke pacarnya. tapi oh tapi, pas aku buat yang kedua kok malah bantet yaa?? akhirnya aku buat lagi, bantet lagi, nggak mau ngembang sama sekali :(
    padahal yang pertama aku buatnya grasa-grusu loh,
    oia, yang pertama aku pakein loyang pyrex, ngga dibungkus alfoil, yang ke2 dan ke3 aku pake 3 loyang (tetep nggak pake alfoil), suhunya udah pas 160c, help mbaak!

    • http://www.cakefever.com cakefever

      weleh… kenapa ya kok bisa jadi bantet padahal percobaan pertama sudah sukses?

      Coba dilihat lagi apakah di percobaan ke dua dan ke tiga ada step atau proses yang tidak sesempurna percobaan 1 …

  • ambar

    mbak aku dah coba resep ccc eunak TOP deh. cuma kenapa pas dipotong ga bisa rapi ya…adonan lengket dipisau.tekstur kuenya kayak kapas gitu ya mbak..maaf kebanyakan tanya mbak yang baik hati

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Sama seperti pertanyaan Anna di bawah … tekstur kue memang seperti kapas :)

  • maryam siti

    mbaaa….aku nyesel lo ga langsung bikin waktu itu….ccc ini byk drequest, apalagi u hantaran lebaran tahun ini banyaaakkk banget! makasih ya mba…mmmuachhhh

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Waah ikut senang deeh :) sukses jualannya yaa

  • Anna

    salam kenal mb :) aq br nyoba2 bkin kue nih,trus nemu blogny mb. Resepny asik2 ya. Jd pnasaran nyoba. Izin ngopi y mb.. Btw,aq kmrn nyoba bkin ccc. Pake otang d rak bwah. Skitar 50mnt atasny dah mulai kcoklatan.aq tes tusuk,bersih. Pas aq balik malah agak hancur mb. Kyk blm mteng gt knp y?tekstur dlmny emang kyk putih telur kocok y?kalo dpotong g lengket. Apa emang gt y mb?makasi sblmny :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      tekstur dalamnya memang seperti kapas, lembut dan kurang kokoh :) Dipotong memang lengket karena dia tidak seperti kue bolu. Kalau mau tidak lengket, rendam dulu pisaunya dengan air panas, lap kering lalu potong kue ketika pisau masih hangat. Atau cara lain masukkan kuenya dalam kulkas dulu supaya set.

  • aya

    haloo…makasih resepnya baru aja aku coba. rasanya ueeeenak banget. jadinya bagus bisa ngembang. padahal aku asal ceblung2 bahan, tapi pas bikin crem cheesenya sesuai sama resep. makasih ya bu…

  • dania

    Mba,aku nyoba lagi nih…kali ini ga pake lotang bongpas krn aku curiganya slama ini gagal mlulu krn adonan kemasukan aer.skrg aku pake loyang loaf 22x12cm.tnyata adonan ga naek.segitu aja.nah lho,nyalahin apalagi nih ? :D aer rendaman panas, putih telor udh kocok smpe soft peak,butter,susu,keju dileleh dlm kondisi hangat,ga mendidih.ngocoknya jg ga brutal takut butter ngendap.hayoooo kenapa kira2…..akunya sih ga masalah ya,soalnya rasanya tetep oke wlo kurang sukses.cm ya kepikiran hahahaha……..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      hahaha… waduh, apa salahnya yaa??? … aku coba bikin lagi deh wiken depan, supaya bisa menghayati kira-kira dimana fase kritis bikin kue ini :D

      • dania

        Aku kursus ama mbak aja deh ya….biar puas ga penasaran….ngadain kursus ga mbak ?

      • http://www.cakefever.com cakefever

        ndak… lha wong aku juga masih harus banyak belajar, berlatih dan minum milo setiap hari kok, hihihi …

  • http://efnida.blogspot.com Efnida

    Mba, salam kenal ya :-) kalo ccc ini dibuat diloyang ukuran 26X26X4 cm dan dibuat 2 layer, apakah cukup kokoh kalau atasnya saya cover dengan edible ? Kebetulan ada temen pesen ccc ini untuk ultah anaknya. Makasih sebelumnya ya mba’

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Maap telat jawabnya nih… gimana akhirnya? jadi nyoba meng-cover cheddar cheese cakenya dengan edible? Klo perasaanku, klo cuma edible aja sih masih kuat… kalo dicover fondant, nah aku gak tau deh karena aku gak mendalami ilmu hias menghias kue… aku cuma bisa bikin kue cemplung-cemplung aja, yg penting enak, penampilannya yaaa standar aja :D

  • Anggia

    Hai mbak ferona…senang bgt knemu cakefever.com.. sy early beginner in baking, makanya pas bgt nemu ini..senaaaannngnyaaa… mau bikin cheddar cheese cake gini. aku punya oven listrik mini, mau tanya nih mbak, pemanansannya dgn api atas atau bawah atau keduanya ya? selama ini aku pake api bawah aja (br 2 kali bikin cake siiihh, pk api bawah aja). thx ya mbak….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Kalo manasin aja, aku pake api atas dan bawah sekaligus supaya cepat panas… Ketika adonannya sudah masuk oven, aku pakai api bawah saja …

  • Pingback: 110419 Trial Cheddar Cheese Cake « Cupcakes Bunda

  • tania

    Ini aku nyoba lagi mba,tp tetep ga ngembang…..1/2 adonan bag atas ngembang setengah bag bawah engga.tapi permukaan bag atas udh mulai coklat…..ada saran ? Aku tetep skip COT.apa kepanasan ? Aku pakai oven dikompor gas tngkt panas diangka 2. Pls help :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Aku juga biasanya skip CoT. Kompor gas panas tingkat 2 itu berapa celcius ya? :D

    • shinta

      Mba cakefever, aku ingin tanya nih. Bbrp kali aku bikin kue tp kyny berminyak bgt. Pdhl tuh uda diikutin takeran menteganya. Apa sih yg salah? Apa merk mentega mempengaruhi? ??h?ñK ??ù lho. Hehe

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Merek mentega? Mmmm rasanya tidak. Tapi memang kue yang dikasih mentega cenderung lebih berminyak daripada kue yang pakai margarin. Bolu gulungku juga masih sering berminyak klo pake mentega, Shin. Klo aku pernah tanya mba Odilia dari Detikfood, katanya memang begitu karakteristik kue yang pakai mentega, cenderung lebih berminyak… yang penting enaaak, gitu :D

  • tania

    Cake ini ngembang kan ya ? Kok aku coba ga ngembang ya ? Pdhl udah ngikutin dan yg diskip cuma cream of tar tar…..ihiks…kenapa ya ?aku pake loyang persegi pjg sih,ga da yg bulet…udh sejam anteng aja segitu ga ngembang2…apa harus panas banget ovennya ya ? *nangisdibawahbantal*

    • http://www.cakefever.com cakefever

      ngembang Nia … waduh kenapa ya gak ngembang2? … aku juga gak bisa tahu kenapa gak bisa ngembang klo gak diberi penjelasan kira2 apa yg kurang dari proses pembuatanmu. Bikin kue memang begitu, percobaan sekali dua kali kadang gagal dan kita gak ngerti kenapa. Klo baca semua ceritaku, aku juga sering gagal bikin kue dan gak kapok2 :D

  • mira oktavianto

    tks byk mb Ferona sharing infonya, berarti skrg mira tdk ragu lg dg CCC yg mr buat tnyata wajar ya kl berembun sdikit bagian bwhnya. Skrg tinggal mengalahkan kocokkan adonan gula & mentega (butter cake) selalu jd aneh spt santan pecah yg tdk diaduk saat dpanaskan…hikks entah menteganya ato telurnya yg sdh g bgs.

  • mira oktavianto

    dear mb Ferona,
    salam kenal ya..mira sdh 2x bikin CCC gagal merembes alufoil nya , akhirnya yg k3 br bhsl. yg mr mau tanyain wkt bikin yg k3 pake loyang tanpa sambungan (bake kurleb 75mnt) adonan dtes tusuk sdh bersih & dtes atasnya sdh ‘membal’ permukaannya lgsg mr angkat, tp pas dbalik kok dbagian bwhnya/kertasnya brembun & agak basah dikit sih, itu penyebabnya apa ya?
    trus spy atasnya tdk gosong td mb Ferona diatas bilang dtutup alufoil, pd saat apa/kpn bagian atasnya bs dtutup alufoil? hehehe ptanyaannya puanjang maklum beginner. Ditunggu share infonya mb Ferona…pleasee. tks byk

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ditutupnya ketika atas sudah kecoklatan, jadi menghindari permukaan kue menjadi semakin kering karena waktu panggang yang lebih lama …

      Bagian bawah berembun itu biasanya sih wajar saja karena panas kue yang dilepaskan ke bawah tidak ada ventilasi jadinya berembun kembali. Asalkan basahnya bukan karena adonan yang belum matang itu biasanya normal2 saja Ra…

  • Maria

    halo mba… salam kenal… tempo hari saya praktek cheddar CC bwt ultah Ayah,sy pke otang – au bain marie, trs cream of tar-tar saya skip. tp krn loyangnya 22cm, maka sy tambah 10% dari resep aslinya. hasilnya bagusss sekali tdk ada yg gosong atau kering, tidak benyek pokoknya passs. topping sy ganti pake cheese cream yg sy buat sendiri. tp yg jadi soal setelah 3hr disimpan dalam kulkas (sy tutup aluminium foil) kok rasa dan teksturnya berubah ya?? sebenrrnya cheese cake tahan berapa lama ya mba?? oh ya, pacar saya juga sy buatkan tp katanya terlalu lembut, supya lbh keras gmna ya mba?? makasihhhh banyak….. resepnya keren2 dan beneran bisa dipraktekkan… saya seneng bgt.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      kalau kulkasnya dinginnya cukup baik, biasanya 3-5 harian… tapi kalau yang cheddar cheese cake ini aku belum pernah simpan lebih dari dua hari siy, udah keburu habis duluan.

      Cheese cake yang ini memang lembut, kalau mau yang keras ya berarti cari resep bolu keju yang lain :D Atau buatin brownies kukus keju aja http://www.cakefever.com/brownies-kukus-keju-ala-radincake/ itu padat dan gak selembut cheddar cheese cake… ada juga cake tabur keju http://www.cakefever.com/cake-tabur-keju/, nah ini cukup lembut tapi gak selembut cake yang ini …

  • ira

    Dear Mba Ferona..
    Aku udah nyobain resep ini, ditambahin cream cheese jg dan enaaaaakkkk bgt hhe.. Tapi karna nekat pake alfoil yg biasa dan ga sabar nunggu sampe cakenya dingin, gagal deh pas dikeluarin dr loyang. Benyek2 gtu Mba, tp untungnya msh bisa diiris hihi.. Ada tips lain ngga Mba biar hasilnya lbh bagus?
    Makasi ya Mba..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ini Cheddar cheese cake maksutmu kan ya? benyek2 bagaimana kah? maap aku kurang paham penjelasanmu :D

      • ira

        Iya resep yg ini mba, aku tambahin cream cheese lg tp hasilnya jd agak basah2 gitu. Apa karna cream cheesenya atau karna au bain marienya yg ga pake alfoil yg heavy duty ya?

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Ooh Ira tambahin lagi cream cheesenya? Berarti ada komposisi bahan yang berubah ya? wajar saja kalo teksturnya juga jadi rada lembek, karena komposisi bahan di resep udah disetel supaya jadinya gak terlalu lembek. Coba diikuti sesuai takaran resep, apakah masih lembek juga :D

      • ira

        Iya Mba, susunya jg aku kurangin kok, tp cheddar cheesenya jg dikurangin. Mungkin karna ?n? kali ya.
        Tp hari minggu aku uda bikin lg kok Mba, semuanya sama ngikutin resep dan alhamdulillah sukses. Hihi..:) Mamaku jg doyan bgt, makasih ya Mba..

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Senang akhirnya Ira berhasil juga :)

        Satu pelajaran penting dalam baking adalah hati-hati dalam berimprovisasi dengan takaran bahan. Karena baking tidak seperti cooking. Baking itu sangat sensitif dengan takaran dan prosedur. Lebih ketat. Jadi kalo mengubah sesuatu dari resep, mesti bersiap2 dengan kemungkinan perubahan tekstur dan bentuk … :)

      • ira

        Iya Mba, tp klo dicoba kan ga blajar hhe.. Tp ga kapok kok, asal nti lbh hati2 lg, insya Allah. ;)

  • shinta

    Ia mba, loyang bongkar pasang maksdnya.
    Makasih y mba atas srn2nya. Kpn2 kucoba lg aah.. Heheher

  • shinta

    Oia mba.. Aku jg mw tny nihh..
    Sbnernya resep ini kl dibuat diloyang 18cm tuh akan setinggi apa y?
    Kyny aku pake yg ukuran 22cm, tp hasilnya jd ky pizza (gepeng gt). Ini ga ngembang apa gmana y? Thx

    • http://www.cakefever.com cakefever

      kalo dari 18 ke 22 pastinya memang jadi tipis Shin :D … aku sendiri belum pernah coba bikin di loyang 18.. aku selalu bikin pake loyang bolu mamon. Tapi aku duga tingginya sekitar 4-6 cm an … :)

  • shinta

    Mba, aku br nyobain nih bikin ccc nyaa.. Uda ngiler bgt jdnya hajarr aja ga pk alfol.. Pinggirnya ga coklat2 sih mbaa,, tp lantaran ovenku ga bs api bwh doang, bagian atas kuenya jd coklat gitu. Kira2 gmana y nyiasatinnya?
    Sama aku pnasaran nih putih telurnya sbnrnya tuh hrs dikocok smpe gmana y? Maaf ni byk bt nanyanya. Secara msh super newbie
    ??h?ñK ??ù
    Oiaaa,, yg super krusial nih mba, kan aku pake loyang lepas2 gt, gmana cr lepasin cakenya y? Td kudorong pk jari jdnya melesek gt deh
    (???????????????)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Tutup bagian atas loyang dengan aluminium foil shin, jadi api atas tidak langsung memanggang kue.

      Putih telur dikocok sampai soft peak itu artinya jangan dikosok sampai terlalu kaku dan permukaannya jadi kering. Jadi ketika kocokan putih telur sudah mengembang dan masih mengkilap, hentikan pengocokan … :) coba baca lebih detailnya di http://www.cakefever.com/mengocok-putih-telur/

      Loyang lepas? maksute spring form (loyang bongkar pasang) ? atau loyang yang bagian dasarnya berlubang, Shin? aku ngeluarinnya ya biasa aja kayak ngeluarin bolu gitu… loyangnya dibalik, karena kuenya cukup kokoh …

  • Irma

    Mba fe… kalau air jeruknya diganti dgn air nutrisari dengan ukuran yang sama gmn ya?, trus klu butternya yg salted apa terasa asin cakenya? n manggangnya pakai api bawah or atas-bawah?… maaf banyak nanya secara amatir bngt di dunia baking. Thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Nutrisari gak pernah coba. Pls share ya klo Irma sdh coba.

      Butternya yg salted memang asin.

      Panggang api bawah ya …

  • ana

    mba, kalo cream of tar tarnya di skip bisa ga?

    sekalian tanya, fungsi cream of tar tar itu apa ya?

    makasih untuk resepnya..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      aku selalu skip cream of tartar. Fungsinya untuk membuat kocokan putih telur stabil. Jadi kalau sudah bisa ngocok putih telur dengan baik, cot-nya diskip aja gpp…

  • ati

    dear mbak fe…up date gak yah… baru nemu websitenya ternyata keren, jd suka bgt baca2 postingannya meski postingan yg lama2.. baru2 ini nyoba bikin ccc, pake au bain marie ini dan juga pake yg akal2an, di oven listrik yg aku punya. pake au bain marie, eh bocor..soale gak nemu yg heavy duty alfoilnya, yah sudahlah basah2 blenyek gitu. pake yg akal2an gak terlalu basah, tapi kok lembek juga yah, gak kayak yg blueberry cheese cake itu…kenapa yah? apa emang hasilnya gak padet kayak Blueberry cheese cake gitu? penasaran bgt niiihhh… answer yah pleeeeeease…pengen bikin kue buat ultah anakku yang suka keju…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Cheddar cheese cake beda tekstur dg blueberry cheese cake. Lebih ringan spt cotton cake dan tidak benyek lho. Benyeknya itu kyk msh basah ya?

  • maryam siti

    Mba….izin copas ya!!! BIar kalo, mau praktek ga usah nyari2 lagi!! Makasih bangEt resep2 yg lainnnya terutama macaroni svhotelnya yg bayak Dpesan ma pElanggannku!!! Mdh2an dg ccc_nyA juga! Dulu pernah praktek ccc ini, tp gagal n aku nyerah!! Sampe2 resepnya aku hapus, mdh2an. U saat ini aku berhasil!!!

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Boleeh … wah senangnya bisa nambah penghasilan ;)

      Cobain deh CCC-nya, gampang kok … Nanti crita2 yaa kalo sudah dicoba …

  • thatha

    Mba…saya tertarik banget sama resep cheddar chese cake ini, tapi krn saya pemula..saya mau tanya2 dulu..klo mau buat cheddar chese cake, harus pakai loyang bongkar pasang yaa??ga bisa pakai loyang biasa?? Trus biasanya klo beli kertas alumunium foil yg heavy duty ?î mana?? Tq

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Cheddar cheese cake bisa pakai loyang biasa, karena cukup kokoh untuk dibalik …

  • http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fgracewahani.multiply.com%2F&h=b30e7 grace

    mba makasihhh bgt ya resep + tips2nya.. aku udah coba uenakk tenan rek..totaly works..! sooo happy :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ikut senaanngg :)

  • Micko

    Sejak baca d majalah Halal kalau cream of tar tar di ragukan kehalalannya, aku jadi menghindari semua resep yg pake ingredients ini. Ada gak ya mbak merk cream of tar tar yg ada label halalnya. Sebelumnya thanks atas kemurahan hatinya dalam berbagi ilmu.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Aku belum pernah tahu, karena memang jarang sekali menggunakan Cream of Tartar. Untuk referensi tempat bertanya, mungkin bisa ke http://www.detikfood.com/kanal/905/makanan-halal … nanti bulan November, katanya akan ada konsultan halal dari LPOM MUI yang bisa kita tanya2, juga ada search box untuk mengetahui merek makanan yang kita makan sudah terdaftar halal atau belum.

    • http://www.dunialely.wordpress.com dunialely

      kl yg aku baca dari sini ->> http://www.buzzle.com/articles/cream-of-tartar-substitute.html , sepertinya gak halal krn cream of tartar ini adalah residunya fermentasi wine. make sense sih kl gak halal. yg gak mau pake cream of tartar, bisa diganti pake cuka ato lemon. berapanya, nah itu yg aku kurang ngerti :P

    • http://www.dunialely.wordpress.com dunialely

      eh, trnyata perbandingannya sama kok, kalo mau diganti pk cuka ato air lemon, hehee… (source: http://www.wikihow.com/Substitute-Cream-of-Tartar)

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Thanks infonya ya Ly.. ada juga yang bilang, garam halus juga bisa dipakai untuk menstabilkan kocokan putih telur …

  • Silvia

    Oalah, pantesan aja cakenya jadi cepet berubah warna.. iya Mbak, aku kemarin sempet netes ada sedikit adonan aku masukin ke cup aluminium foil, hasilnya cantik banget.. kalau mau dicemplungin, ada tips untuk melaspisnya nggak ya Mbak? Aku serem nanti rembes. Sempet kepikiran untuk beli loyang tanpa sambungan sih.. hehehe.

    Tapi dulu aku sempet ngintip tipsnya siapa (lupa), yang loyangnya ditumpuk-tumpuk biar nggak rembes..

    Makasih banget ya Mbak udah respon pertanyaan n ngasi jawaban utk kebingunganku.. halah.. hehehee..

    • Silvia

      Maap Mbak, jadi malah kalimatku yg ngebingungin.. kemarin adonan cheesecakenya ada yang aku masukin ke cup alfoil terus aku iseng dicemplungin ke loyang isi airnya.. dipanggangnya bareng sama yang loyang bongpas.. kalo yang di cup jadinya cantik dan lembut banget.. Memang aslinya teksturnya lembut2 kapas gitu ya Mbak?

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Iya, cheddar cheese cake ini mirip2 japanesse cheese cake. Lembut seperti kapas :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Pake tiga loyang, tapi pastikan juga loyang yg menyentuh air tidak bocor juga :)

      Utk bungkus pakailah aluminium foil heavy duty. Jangan pakai yg biasa, terlalu tipis. Klo aku bungkus tiga lapis. Bagian atasnya aku selotipin spy rapat. Pada saat membungkus, tiap lapisnya pelototin dulu ada bagian alfoil yg robek atau tidak.

      • Silvia

        Sip.. nanti dicoba lagi deh Mbak.. aku suka banget ama rasanya tapi disimpen di kulkas kelamaan jadi kering.. heheheehe.. thanks a lot ya Mbak tipsnya.. makasih banget udah bersedia jawab pertanyaanku

  • Silvia

    Halo Mbak, aku barusan praktekin Cheddar Cheese cakenya.. pake metode au bain marie yang akal-akalan. Nah, aku manggang pake oven gas di suhu 160, kenapa malah retak ya? Udah gitu setelah 50 menit, pas aku tusuk malah belum matang (adonannya masih cair dan nempel di tusuk gigi). Akhirnya aku panggang lagi 30 menit, dan akhirnya loyang yang isi CC aku lapisin loyang satu lagi dan aku cemplungin ke loyang yang isi air. Hehehe.. soalnya aku takut nggak mateng..

    Setelah ekstra 30 menit itu, permukaannya rada ambles dan kecoklatan, karena takut gosong jadi aku angkat aja. Sekarang lg di kulkas, tapi pas aku coba potong sih hasilnya bagus..

    Apa gara-gara ovennya kepanasan jadinya permukaannya retak ya Mbak?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Syl, apakah retaknya seperti gambar di http://www.cakefever.com/tips-bikin-blueberry-cheese-cake/ ? Permukaan cake retak biasanya memang karena suhu oven yang terlalu panas. Oven yang terlalu panas membuat permukaan cake cepat mengering dan gosong sementara bagian dalam cake belum sempat matang sempurna. Itulah sebabnya kenapa cakenya terlihat sudah kering, tapi pas dites tusuk ternyata bagian dalamnya masih basah.

      Dugaanku -maap kalo salah, karena Sylvi pakai metode au bain marie akal2an, membuat letak loyang menjadi sangat dekat dengan bagian atas oven. Menurut tukang oven langgananku, bagian terpanas oven itu justru di bagian atas :) Jadi kalau mau au bain marie akal2an, pastikan cake tidak terlalu dekat dengan atap. Kalo di http://www.cakefever.com/au-bain-marie-akal-akalan/ aku meletakkan loyang air di bagian bawah dan loyang adonan di rak atas yang sebenarnya lebih rendah dari rak tengah. Di ovenku terdapat tingkatan rak yang rapat-rapat untuk membuat kue kering, jadi posisi loyang adonan tetap tidak terlalu tinggi, bahkan lebih rendah daripada rak tengah. Duh mudah2an penjelasanku yang ribet ini mudah2an bisa dimengerti yah?

      Kalau tidak memungkinkan, maka mau tidak mau loyang adonan harus direndam dan diletakkan di rak tengah supaya bagian permukaan cake tidak cepat gosong.

  • yuniar

    mbak,

    tadi malam aku praktek pakai resep mbak Ferona, pakai otang, hasilnya bagian atas cakenya agak gosong, padahal baru dipanggang 20 menitan, apa apinya kegedean ya?
    akhirnya api aku kecilkan, takut tambah gosong…eh ternyata ga dan jadi juga cake-nya, meskipun penampilannya ga bisa kuning keemasan kayak punya mbak Ferona.
    thanks resepnya ya mbak

  • http://www.an4n.blogspot.com nan

    makasi udah berbagi resep dan ilmu
    ijin nyoba resepnya ya mbak :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Silakan Nan… Share ya hasilnya gimana ;)

  • meifiyane

    buat bikin cheddar cheese cake..kan ada cream of tar tar?semacam apa yach mbak..?hehe klo gak ada cream of tar tar pake apa?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Penstabil kocokan putih telur, Mei. Seperti bubuk.
      Kalau telurnya segar, diskip aja. Kalau telurnya kurang segar, biasanya pake CoT ini untuk memastikan kocokan putih telurnya bisa ngembang bagus.

      Aku lebih suka mengurangi bahan-2 additif yang tidak pengaruh ke rasa.

  • meifiyane

    hallo mbak..hehe ktemu lagi..^.^;V
    aku mau nanya..saya liat d blog yang laen dia pake air jeruk lemonnya 1 sdm.. **mungkin sesuai selera yach..tapi yang mbak mah cukup sdt air jeruk lemonnya..
    nah klo disubstitusi nya ke garam halus.. berarti (1 sdt air jeruk lemon= 1 sdt garam halus)..hehe gtu bukan..?

    maap banyak nanya..makasih^.^;V

    • http://www.cakefever.com cakefever

      hmm substitusi air jeruk lemon dengan garam halus? buat apa mei?

  • Rainy Hasibuan

    Hai..hai mbak Fe, aku udah nyobain CCC-nya. wah, ternyata ga seribet yang aku kira lho. Asal ngikutin step by step yang ditulis mbak Fe.Lembut banget ya mbak. Hubby yang biasanya ga doyan cake yang lembut, malah doyan, katanya yummyyy…! Btw..kog tampak atasnya ga sekuning kecoklatan JCC ya?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      tampak atas cake yang aku bikin atau Rainy bikin? iya ya, lebih pucat daripada JCC … :D Aku juga rada heran. Apa harus dipake api atas supaya jadi kecoklatan cantik gitu ya?

      Kapan-kapan coba lagi deh bikinnya :D

  • ari

    saya udah coba… hasilnya… maknyus u kue yg pake keju cheddar. skrg jadi resep andalan saya, trust me…it works.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Alhamdulillah kalau bermanfaat yaa …

  • Rainy Hasibuan

    Mbak, kalo bikin cheddar cheese cake ini kan harus dipanggang au bain marie. Nah, klo saya mau bikin didalam cup kertas bisa ga? Apakah tinggal ditaruh didalam loyang lalu dimasukkan kedalam loyang yang berisi air lagi? Soalnya, kalo tertarik untuk dibikin cup cake juga.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      hmmm … dalam cup kertas harusnya bisa ya … masukkan cup kertas ke loyangnya, trus kalo loyangnya bisa direndam ya direndam.. kalau tidak bisa, letakkan loyang berisi air di rak bawah … Kalo dah dicobain, please laporan yaa, aku juga ingin tahu bisa atau tidaknya.. karena belum pernah coba juga :D

  • Lynn

    sis, itu ukuran susu cairnya bener yah 130 gram? biasanya kalo bahan cair itu pake ukuran ml atau cc. cuma mau pastiin aja. thank you yah

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Resep aslinya pakai ukuran gram. Ditimbang pakai timbangan. Tapi kata teman-teman yang coba gram dengan ml ukuran cairan gak terlalu beda jauh atau malah katanya sama aja kok.

  • astried

    mbak, cheddar cheese cake ini kalo dibuat dalam cup, untuk cupcake aman ga?
    maksudnya bisa ga diletakkan dalam paper case keriting biasa?
    tampangnya enak sekali ya….

    • http://www.cakefever.com cakefever

      @astried, bisa kok dibuat seperti cupcake .. yang ada di foto di http://cakefever.com/cheddar-cheese-cake/ itu juga pake loyang bolu mamon yang mirip loyang cupcake cuma lebih besar aja. Aku malah ndak pakai kertas keritingnya, dioles aja dinding loyangnya.

  • Dewi Fatimah. S

    Nanya lagi yaa..(boleh kan..hehe)
    Loyang bolu Mamon tuh kaya gimana ya mba?Kalo beli, bilangnya gitu sama tukangnya?Maaf ya mba soalnya aku ga ngerti..Makasiih banget!

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Loyang bolu mamon itu loyang satuan, kecil-kecil kayak loyang cupcake. Hanya saja ukurannya sedikit lebih besar dari loyang cupcake. Aku beli di TBK Titan Kelapa Gading. Bilangnya loyang bolu mamon, mereka udah ngerti kok … :)

  • Dewi Fatimah. S

    Hai mba aku lagi nie..

    Ngeliat tampilannya..mmm yummy banget! Aku ijin pake resepnya ya, mau bikinin buat temenku.Karna dia ga suka kue yang berbau coklat aku pilih resep ini deh..

    Oiya..whisk itu sendok adukan khusus kue itu ya mba? Kalo pake sendok biasa bisa ga?

    Makasih banyak sebelumnya..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Whisk itu adukan kawat. Sangat memudahkan untuk mengaduk cairan dan bahan kering. Tapi kalo gak ada, pake sendok biasa juga okeh kok… Yang penting ngaduknya yang rata yaa….

  • indah

    Mb, salam kenal yah..
    Saya baru mo belajar buat cheese cake niy hehe
    Mo tanya utk penggunaan cream of tar tar
    saya pernah baca klo cott itu diragukan halal / enggaknya..
    kira2 klo engga pake apa ya pengaruh di kuenya..
    ada bhn penggantinya ga?
    Makasih ya..

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Di http://cakefever.com/reference/ingredient-substitution/ ada pengganti cream of tartar. Kalo cream of tartarnya dipakai saat mengocok putih telur, aku biasanya ndak pakai. Kalau ndak salah itu untuk membantu proses pengocokan putih telurnya, CMIIW ya. Kalo mau diganti bisa pakai air jeruk lemon saja, 1/2 sdt cream of tartar untuk 1 1/2 air jeruk lemon.

  • http://www.cakefever.com cakefever

    Loyangnya ukuran 18 cm. Tapi pas aku coba, aku pakai loyangnya bolu mamon, dapat sekitar 6 loyang. Untuk cupcake juga bisa kok.

  • nuri

    Mbak,resep ini loyangnya utk uk brp? dibuat cupcake adonannya boleh jg kayaknya.

  • http://www.cakefever.com cakefever

    Halo Sari, aku ngaduknya pake whisk aja, ndak perlu pake mikser.

  • sari

    hi mba salam kenal, kyny jd tertarik mo nyoba bikin cheese cake yg murah meriah, klo pas nympur or ngaduk adonan keju dgn terigu n telur itu pakai mixer atau diaduk manual aj y.trims