Cake Tabur Keju

Salah satu syarat cake potong menurutku, cakenya harus cukup ringan dan tidak terlalu padat, supaya gak buat terlalu kenyang. Cake Tabur Keju ini adalah salah satu cake potong temannya Cake Pisang Coklat. Pakai resepnya Uceu dari milis Orange Kitchen.

Cake Tabur Keju ini aku panggang di loyang persegi 28×28 cm, jadinya cukup tipis dan manis dipotong kecil-kecil untuk kudapan di resepsi. Cake Tabur keju ini teksturnya cukup ringan, sehingga tidak terlalu padat dan tidak mengenyangkan. Persis seperti kriteria cake potong yang aku harapkan πŸ™‚

Bahan Cake:


10 kuning telur
5 butir putih telur
100 gram gula pasir
1 sdt emulsifier

60 gram tepung terigu protein sedang
1 sdm susu bubuk
1 sdm tepung maizena

100 gram mentega, cairkan
100 gram parut (untuk isian)
150 gram parut (untuk ditabur)
butter cream secukupnya untuk olesan

Cara membuat Cake Tabur Keju:

Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan mentega.

Kocok telur dan gula sampai mengembang.

Masukan terigu, susu bubuk dan maizena sambil diayak ke dalam kocokan telur, lalu perlahan-lahan aduk rata.

Masukan mentega cair, aduk balik sampai rata. Pakai teknik pancing supaya lebih mudah. Caranya ambil sedikit adonan telur, masukkan ke mentega cair, aduk rata sampai kental. Masukkan mentega yang sudah kental ini ke dalam adukan telur dan tepung.

Masukkan 100 gram keju cheddar parut, aduk rata. Catatan: Supaya keju tidak semuanya mengendap di dasar cake, sebelum keju dimasukkan ke dalam adonan, campur dulu parutan keju dengan terigu yang diayak halus. Aduk rata keju dengan tepung halus ini sampai semua keju parut tertutup rata dengan tepung. Lalu masukkan keju yang sudah tertutupi terigu ini ke dalam adonan lalu aduk dengan spatula (jangan dimixer lagi yaa!). Aduknya cepat saja, tidak usah lama-lama. Dan jangan menuangkan sekaligus kejunya, tetapi bagi dalam beberapa tahap supaya keju tidak menumpuk dan tidak terlalu lama mengaduknya.

Tuang adonan dalam 2 loyang persegi 20 cm (aku pakai 1 loyang 28 cm, jadinya Cake ini tipis. Memang disengaja karena untuk kue potong)

Panggang hingga matang. Kira-kira 30 menit dengan suhu 160 C. Lakukan tes tusuk untuk memastikan sudah matang atau belum.

Setelah matang dinginkan. Setelah benar-benar dingin, baru oles dengan buttercream, dan taburi keju parut.

Jangan tanya resep buttercream-nya yaa… aku gak buat buttercream untuk kue ini, beli jadi aja di Toko Bahan Kue … hehehe πŸ˜€

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: