Kenali Perbedaan Sponge Cake dan Butter Cake

Bagi para baking beginners yang sedang mencoba aneka resep kue, bisa jadi dua jenis kue ini bakal jadi kue pertama yang ingin dibuat, dan . Memang ada banyak jenis cake lainnya seperti chiffon cake, cotton cake, pound cake, genoise cake, angel food cake dan lain sebagainya, tapi pada dasarnya cake dibagi dua seperti ini berdasarkan metode pembuatannya. Kalau aku biasa menyebutnya, cake padat ( cake) atau cake ringan (sponge cake).

Namun terkadang, karena saking miripnya tampilan dari dan , banyak orang yang masih tetap susah untuk membedakan kedua jenis 2 kue ini. Oleh sebab itulah, bagi teman-teman yang ingin membuat resep Sponge Cake dan , kenali dulu perbedaannya seperti bahan, cara membuat maupun teksturnya agar tidak terbalik ataupun salah menyebutkan namanya.

Berikut adalah penjelasan perbedaan Sponge Cake dan Butter Cake.

Apa itu Sponge Cake

Sponge Cake adalah jenis kue yang mengandalkan telur dan udara sebagai pengembangnya, dan tidak menggunakan baking soda ataupun baking powder. Resep dasar dari Sponge Cake hanya terdiri dari telur, gula dan tepung. Sponge Cake dibuat dengan cara mengocok telur utuh (kuning dan putih telur) bersama gula sampai mengembang sempurna. Setelah itu baru masukkan tepung terigu dan lakukan aduk balik adonan hingga tercampur dengan rata. Sponge cake sampai di tahap ini sudah jadi, namun biasanya masih ditambahkan margarin atau mentega cair untuk menambah rasa gurih.

Untuk mendapatkan tekstur Sponge cake yang sempurna, selain kocokan telur yang kental mengembang, faktor lainnya adalah suhu pemanggangan yang tepat. Suhu yang dibutuhkan untuk memanggang Sponge Cake adalah berkisar 180 – 200 derajat celcius, tergantung dari tinggi loyang yang digunakan. Semakin tinggi loyangnya, maka suhu akan lebih rendah, agar sponge cake yang tinggi tersebut bisa matang sampai ke dalam. Bila suhu tinggi digunakan untuk sponge cake dalam loyang tinggi 7cm, maka permukaan cake akan cepat kering sementara bagian dalam cake belum sempat matang. Berapa lama waktu panggang? Ini sangat tergantung pada kondisi oven masing-masing ya. So tetap, kenali oven masing-masing 🙂

Bolu gulung ala cakefever

Sponge Cake berbentuk bolu gulung

Karena cara pembuatannya ini, tekstur Sponge Cake menjadi lebih empuk, ringan, tidak rapuh serta memiliki cita rasa tawar dan tidak dominan. Karena teksturnya yang ringan, Sponge Cake sering juga digunakan untuk pembuatan cake yang disusun berlapis atau bolu gulung. Dan untuk memperkaya rasa Sponge Cake biasanya paling cocok diolesi sirup dan buttercream.

Apa Itu Butter Cake

Memiliki karakteristik yang berbeda dengan Sponge Cake, Butter Cake merupakan jenis kue dengan tekstur padat sehingga mudah kering di suhu ruangan. Untuk bahan pembuatan Butter Cake sendiri tidak jauh berbeda dengan Sponge Cake, hanya saja untuk pembuatan Butter Cake, anda membutuhkan margarin atau mentega lebih banyak dari pada Sponge Cake. Misalnya untuk pembuatan Sponge Cake dengan 8 telur kita membutuhkan 100 gram margarin atau mentega, sedangkan untuk Butter Cake kita harus memberikan sekitar 250 gram margarin atau mentega.

Lapis Surabaya ala Cakefever

Lapis Surabaya adalah contoh Butter Cake

Selain itu, dalam proses pembuatan Butter Cake yang dilakukan pertama kali adalah mengocok margarin atau mentega dan gula sampai light dan agak fluffy, kemudian tambahkan telur dan aduk kembali sampai rata. Setelah semua tercampur rata, baru kita masukkan tepung terigu. Itulah sebabnya, tekstur Butter Cake terasa lebih padat, halus dan mengenyangkan serta sering digunakan untuk cake decoration karena teksturnya yang kokoh untuk menahan aneka dekorasi kue.

Demikian yang bisa kita ketahui tentang perbedaan Sponge Cake dan Butter Cake. Meskipun memiliki bahan dasar yang kurang lebih sama, namun terdapat perbedaan dalam proses pembuatan. Hal ini yang mengakibatkan Sponge Cake dan Butter Cake menjadi berbeda, terutama dari teksturnya. Dari dua jenis cake ini, maka bisa dikenali tipe cake lainnya yang memiliki metode sama. Misalnya chiffon cake adalah tim Sponge Cake. Sementara pound cake adalah tim Butter Cake. Sederhananya adalah bila telur dengan gula dikocok sampai mengembang terlebih dahulu baru dimasukkan bahan berikutnya maka ia adalah tim sponge cake. Namun bila atau mentega atau margarin yang dikocok dengan gula terlebih dahulu, baru kemudian telur dan bahan lain menyusul maka ia adalah tim Butter Cake.

Baca Juga:  8 Jenis Tepung Non Gluten yang Aman Dikonsumsi

Pertanyaannya adalah lalu Lapis Legit itu termasuk tim Sponge Cake atau tim Butter Cake?

Mariiii …

Artikel Lainnya:

No Comments

Leave a Comment