Tidak hanya menjadi suguhan ketika Hari Raya tiba, juga nikmat dijadikan teman ngobrol santai bersama keluarga di rumah. Itulah sebabnya terkadang kita membuat dalam jumlah yang banyak. Ketika membuat kue kering dalam jumlah yang tidak sedikit, penting bagi kita untuk memilih toples yang tepat agar kue kering bisa awet, renyah dan selalu nikmat. Mari kita simak memilih toples kue kering berikut ini agar teksturnya tetap renyah layaknya pertama keluar dari .

Tips Memilih Toples

1. Sesuaikan Toples Dengan Kebutuhan dan Kondisi Rumah

Tips memilih toples pertama kali adalah sesuai dengan kebutuhan. Terkadang kita saat berbelanja toples seringnya tertarik dengan warna menarik, bentuk cantik, harga terjangkau dan godaan lain yang secara tidak sadar mengalihkan tujuan utama. Misalnya saja sudah direncanakan membeli toples berbahan kaca, tapi ketika sampai di toko tergoda dengan warna-warna menarik beragam toples berbahan plastik.

Nah selain sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kondisi rumah. Misalnya saja ketika kita memiliki anak kecil sebaiknya menghindari toples kue kering berbahan kaca. Karena jika tidak sengaja terjatuh maka kemungkinan besar serpihan pecahan dari kaca toples tersebut bisa membahayakan anak kita.

2. Mengutamakan Kualitas Toples

Selain sesuai kebutuhan, kualitas toples juga menjadi hal penting yang harus kita pikirkan ketika memilih toples kue kering. Kualitas yang bagus memang identik dengan harga mahal, meskipun begitu tidak jarang banyak jenis toples dengan harga terjangkau tapi tetap berkualitas. Jangan lupa juga cek kerapatan tutup toples tersebut sebelum membelinya!

3. Membersihkan Toples Sebelum Digunakan

Setelah kita memilih toples sesuai kebutuh dan kualitas penting untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu ataupun kuman yang memicu penyakit. Usahakan juga menjemurnya dibawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Jangan lupa pastikan kembali toples benar-benar bersih dan tidak ada air dengan mengelapnya terlebih dahulu sebelum digunakan menyimpan kue kering.

4. Perhatikan Kelembaban Toples

Menjaga kelembaban toples juga menjadi hal yang tidak boleh terlupakan, terlebih ketika kita jarang menggunakannya. Itulah sebabnya, agar toples tidak terlalu lembab, menimbulkan jamur maupun bau tidak sedap, kita bisa meletakkan silica gel di dalam toples. Tetapi saat kita tidak memiliki silica gel di rumah, kamu bisa menggunakan garam yang diletakkan pada wadah kecil lalu dimasukkan ke dalam toples. Dengan begitu, toples-toples di rumah akan semakin terjaga dan terhindar dari risiko jamur.

5. Simpan di Tempat yang Sejuk

Tidak hanya menjaga kelembaban, menyimpannya dalam tempat sejuk juga harus menjadi perhatian. Tujuan menyimpan toples dalam tempat yang sejuk adalah untuk menjaga makanan di dalamnya tetap renyah dan tahan lama. Selain itu, pastikan juga ketika kamu menyimpan toples sudah dalam keadaan benar-benar bersih dan kering. Usahakan meskipun ditumbuk, gunakan pembatas seperti koran ataupun kertas kardus di setiap sisinya untuk mengurangi resiko pecah karena terbentur maupun jatuh.

Pertimbangan Memilih Bahan Toples

Bahan toples untuk kue kering terutama bila menginginkan bahan yang transparan agar isi toples terlihat jelas umumnya akan terbagi atas yaitu toples berbahan kaca, toples bahan plastik, toples bahan mika dan toples bahan kristal.

Baca Juga:  Tips Membuat Roti Empuk dan Mengembang

Toples berbahan mika umumnya digunakan untuk mengemas kue yang akan dijual, karena toples berbahan mika biasanya mudah rusak dan tidak terlalu kedap sehingga harus ditambahkan selotip untuk membuat toples mika lebih kedap udara.

Untuk toples berbahan plastik, yang harus diperhatikan adalah apakah bahan toples yang digunakan sudah food grade dan tidak mengandung bahan berbahaya. Biasanya toples plastik yang berkualitas bagus juga ditandai dengan BPA-free. Selain itu ada lagi bahan Tritan yang BPA free dan BIS free. Penampilan toples dengan bahan Tritan jauh lebih bening dan transparan dibandingkan toples berbahan plastik.

Untuk penampilan prima, toples berbahan kaca ada yang berbahan borosilicate. Kaca dari bahan borosilicate lebih tahan panas daripada bahan kaca biasa.

Toples Polos Atau Bermotif?

Tidak hanya masalah warna dan bahan beragam jenis toples juga mempunyai motif menarik yang semakin membuat kita ragu untuk menentukan pilihan. Dan sebenarnya pilihan antara toples polos atau toples bermotif adalah tergantung pada selera masing-masing. Namun untuk pertimbangan saja ketika menyimpan kue kering dalam toples polos, maka bentuk maupun jenis kue kering tersebut akan lebih terlihat daripada disimpan di dalam toples bermotif.

Itulah memilih toples kue kering yang bisa kamu coba. Usahakan untuk membeli toples sesuai kebutuhan dan budget. Selain itu, jangan sampai kamu langsung menggunakan toples tersebut ketika baru saja membelinya. Usahakan mencucinya kembali dan dilap dengan kain bersih sampai kering, kemudian masukkan kue kering buatanmu, rapatkan tutup toples dan simpan ditempat yang sejuk agar tekstur renyah dari kue kering tetap terjaga.

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^