Kue kering menjadi salah satu camilan primadona ketika Hari Raya tiba. Bukan hanya karena mudah dibuat atau tampilannya yang cantik, tetapi karena juga punya masa simpan yang cukup lama yaitu sekitar 3 bulan. Tentunya banyak diantara kita yang selalu mempersiapkan jauh sebelum Hari Raya datang, bukan? Namun, permasalahannya terkadang kue kering berubah menjadi tidak renyah atau melempem. Lalu bagaimana agar kue kering yang sudah kita buat dapat bertahan lama? Apakah kita perlu menggunakan pengawet kue kering?

Nah, kalian Bagi kalian yang sedang bingung bagaimana cara untuk pengawet kue kering, simak ulasan lengkap tentang tipsnya berikut ini.

Penyebab Kue Kering Tidak Tahan Lama

Akan sangat mengecewakan saat momen Hari Raya tiba mendadak tidak renyah lagi, melempem atau bahkan rusak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Terkadang ada beberapa kesalahan yang kita lakukan saat pembuatan tersebut sehingga menjadi tidak awet. Kesalahan yang umumnya sering terjadi dan mengakibatkan kue kering tidak tahan lama adalah sebagai berikut. 

  1. Kesalahan memilih tepung sebagai bahan utama pembuatan
  2. Kesalahan saat proses pemanggangan kue kering 
  3. Mencampurkan jenis kue yang berbeda dalam satu toples
  4. Tidak rapat ketika menutup toples
  5. Langsung menyimpan kue dalam toples saat masih panas
  6. Menyimpan kue ditempat yang terpapar panas matahari langsung

Beberapa hal diatas, terkadang sering abai kita lakukan dan mengakibatkan mudah melempem sebelum momennya tiba. Itulah sebabnya, bagi kalian yang sedang berencana membuat kue kering, usahakan baca lengkap resep membuat agar bahan-bahan yang digunakan sesuai. Jangan lupa juga, perhatikan toples yang digunakan dalam penyimpanan kue kering buat kalian.

Tips Agar Kue Kering Bertahan Lama

Setelah mengetahui penyebab tidak bertahan lama, apakah salah satunya pernah kalian lakukan? Untuk itu, berikut tips dan cara yang bisa dilakukan agar buatanmu awet.

Pemilihan Tepung Yang Sesuai

Tepung merupakan bahan dasar dalam pembuatan kue kering. Selain untuk menghasilkan kue yang enak, memilih jenis tepung yang berkualitas juga mempengaruhi ketahanan kue Jadi, pastikan tepung yang kalian gunakan adalah tepung kemasan bukan tepung curah. Selain itu, kalian juga perlu menyaring dan mengayak tepung serta menyangrainya agar kue yang dihasilkan dapat lebih renyah dan tahan lama. Selain itu gunakan juga tepung terigu jenis protein rendah juga ya.

Baca Juga:  Membuat Cheese Cake dengan Au Bain Marie Akal-akalan

Memanggang Kue Dengan Tepat

Setiap jenis memiliki lama waktu memanggang yang berbeda. Namun, ketepatan dalam memanggang sangat mempengaruhi masa simpan kue tersebut. Jika kue yang dipanggang kurang kering maka akan mudah berjamur dan lapuk. Jadi, sebelum mulai memanggang pastikan memasang temperatur yang tepat pada oven sesuai yang ada dalam resep agar kue memiliki tingkat kematangan sempurna sehingga lebih tahan lama.

Dinginkan Kue Sebelum Disimpan

Sebelum kita memasukkan yang sudah dipanggang ke dalam toples, kalian harus memastikan jika kue sudah benar dingin. Terkadang hal ini sering lalai kita lakukan, padahal ketika kita menyimpan dalam keadaan panas maka akan menyebabkan uap panas dari kue menjadikan suhu dalam toples menjadi lembab. Ketika suhu dalam toples lembab, tentu kue menjadi mudah melempem atau di renyah lagi.

Simpan Dalam Toples Bersih, Kering dan Kedap Udara

Pastikan sebelum kita menyimpan kue, toples yang akan digunakan sudah bersih. Cuci toples terlebih dahulu agar kotoran tidak ada yang menempel pada dinding toples. Kemudian keringkan toples dibawah sinar matahari langsung hingga tidak ada air yang tersisa. Selain itu, pastikan juga menggunakan toples berbahan kaca atau plastik yang memiliki tutup rapat serta kedap udara agar nantinya kue kering tidak mudah melempem.

Satu Toples Untuk Satu Macam Kue Kering

Jika kalian berpikir untuk menyimpan beberapa jenis kue kering dalam satu toples yang sama untuk menghemat tempat, tanpa kalian sadari, hal tersebut dapat menyebabkan kue menjadi lebih cepat rusak. Penyebabnya adalah, aroma, kandungan bahan dan kerenyahan kue yang berbeda dapat bercampur serta menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu juga mempengaruhi tingkat kelembaban dalam toples.

Gunakan Pengawet Kue Kering

Tips berikutnya adalah menggunakan pengawet kue kering. Kita mungkin akan berpikir, apakah aman menggunakan pengawet kue kering? tentunya aman, karena pengawet kue kering disini bukan dicampurkan dalam resep membuat kue, tapi pengawet kue kering yang dimaksud adalah silica gel. Silica gel sebagai pengawet untuk kue kering berfungsi menyerap kelembaban dan menjaga kekeringan udara di dalam toples. Namun, tidak sembarang jenis silica gel yang dapat digunakan. Tentunya hanya silica gel untuk kue kering yang khusus food grade.Lalu bagaimana cara menggunakannya? Jadi, kita cukup memasukkan beberapa kantong silica gel ke dalam toples yang telah berisi kue. Namun, tidak perlu khawatir ketika kita tidak memiliki silica gel di rumah, karena bahan dapur seperti garam juga bisa digunakan.Cukup masukkan 1-2 sdt garam ke dalam kain bersih kemudian masukkan ke dalam stoples sebagai pengganti silica gel untuk pengawet kue kering.

Baca Juga:  Penyebab Gagalnya Pembuatan Pennylane’s Cookies

Simpan Ditempat Sejuk

Simpan toples kue kering ditempat yang sejuk dan hindari paparan sinar matahari langsung yang menyebabkan kue kering menjadi cepat melempem dan berjamur. Selain itu, jangan lupa simpan ditempat yang tidak berbau menyengat. Hal ini penting dilakukan agar aroma kue kering tidak terkontaminasi dengan bau-bau menyengat yang ada disekitar. Kalian juga dapat menyimpan kue di dalam kulkas.Namun, perlu diperhatikan juga saat kita menyimpannya di kulkas pastikan jika toples tertutup rapat agar embun dari kulkas tidak masuk dan menyebabkan kue kering melempem serta tidak bertahan lama.

Itulah beberapa tips dan cara agar kue kering yang kita buat dapat bertahan lama. Jadi, kalian tidak perlu risau lagi ketika membuat kue kering dalam jumlah banyak untuk momen Lebaran maupun Natal tiba. Cukup coba saja cara menyimpan kue kering diatas agar tetap awet, tidak melempem dan tentunya renyah. 

Ruli Wahyuni

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^