Japanese Cheese Cake

Japanesse Chesse Cake sebelum diberi toppingSuka dengan Cheese Cakenya Miki Ojisan ndak? Naah, yang ini lebih enak daripada Miki Ojisan lohh … hihihi.

Tekstur Cakenya lembut banget seperti kapas, dan wangi dari jeruk lemonnya suegeerr… Buat yang ndak cocok dengan rasa Blueberry Cheese Cake yang cheesy banget, boleh coba versi ringannya ini, seringan bobot cakenya. Ohya, untuk versi yang lebih ekonomis, bisa mencoba Cheddar Cheese Cake yang rasanya mirip-mirip dengan Japanesse Cheese Cake ini.

Bahan kue Japanese Cheese Cake

50 gram tepung terigu serba guna, ayak
50 gram tepung maizena, ayak

60 gram mentega tawar (unsalted butter)
250 gram cream , biarkan pada suhu ruang
120 ml whipped cream (yang dairy, bentuknya cair dan asalnya dari susu)

3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur (jadi total menggunakan 6 butir telur)
2 sdt kulit jeruk lemon parut (jeruk lemon impor ya, yang kuning itu loh supaya wangi lemonnya mantap)
1/8 sdt garam
125 gram gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping ingredients:
2 sdm selai apricot
2 sdm air

How-To:

  • Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm, olesi dengan mentega pengoles loyang, atau bisa juga menggunakan loyang oval. Resep ini bisa jadi 2 loyang oval. Pengalamanku sebenarnya tidak perlu pakai loyang bongkar pasang, sebab walaupun lembut seperti kapas, tapi JCC ini cukup kokoh untuk dikeluarkan dari loyang dengan cara dibalik.
  • Campur mentega, cream cheese dan whipcream dalam panci. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Lalu masukkan campuran tepung, aduk rata. Kemudian masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
  • Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak). Lalu tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream , aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata.
  • Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 60 menit dengan suhu 150C sampai permukaan matang berwarna kuning keemasan.
  • Keluarkan dari oven. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake atau hias sesuai selera

Japanesse Cheese Cake setelah diberi toppingUpdated:
JCC-ku rada menyusut sekitar 1 cm-an setelah dingin dan itu tidak apa-apa. Tapi kalau menyusutnya sampai setengah, aku duga kocokan putih telurnya terlalu kaku. Atau mungkin ada pendapat dari teman-teman lainnya?

Sebaiknya JCC ini disimpan di dalam kulkas supaya lebih tahan. Apalagi kalau mau dihias dan diberi topping, setelah dikulkasin maka akan lebih padat dan kokoh menahan hiasan.

Recipe: dari kursus cake di  NCC

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: