Resep Cream Cheese Brownies

Cream Cheese BrowniesTiap bulan aku biasanya melakukan stock opname isi kulkas untuk memeriksa bahan-bahan kue apa saja yang masih ada dan menyingkirkan bahan-bahan yang sudah melewati tanggal kadaluarsanya.

Dan saat melakukan stock opname ini, ternyata aku punya stock 1 cup (250 gram) Cream Cheese Light. Karena ini cream light, rasanya nanggung kalau mau dibuat Blueberry Cheese Cake. Blueberry Cheese Cake sebaiknya pakai Cream Cheese yang ada tulisan Neufchatel. Nah lho bingung-bingung mau dibuat apa ya?

Akhirnya setelah browsing sana-sini, aku pun memutuskan untuk membuat Cream Cheese Brownies. Sudah terbayang lapisan coklat yang pekat bertemu dengan lapisan Cream Cheese yang creamy, hmmmm …

Bahan-bahan Brownies:

Bahan untuk lapisan coklat Brownies:

150 gram mentega atau margarin
250 gram dark cooking chocolate, potong-potong kecil
3 butir telur
125 gram gula pasir
1/4 sdt garam

50 gram tepung terigu serba guna
20 gram coklat bubuk
10 gram susu bubuk full cream
1/2 sdt Baking Powder Double Acting

Bahan untuk lapisan Cream Cheese :

250 gram cream
50 gram gula pasir
1/4 sdt garam
2 sdt kulit jeruk lemon parut (parut hati-hati jangan sampai kena bagian putihnya yang pahit)
2 sdt air jeruk lemon
2 kuning telur
100 gram White Cooking Chocolate, lelehkan

Cara Membuat

  • Untuk Lapisan Coklat: panaskan margarin/mentega, matikan api, tambahkan potongan Dark Cooking Chocolate lalu aduk sampai larut dan dinginkan.
  • Kocok telur, gula dan garam sampai kental. Lalu masukan campuran margarin leleh dan kocok rata dengan mixer.
  • Tambahkan campuran tepung sambil diayak, aduk rata dengan spatula.
  • Tuang lapisan coklat ke loyang 22x22x4 atau 30x10x4, sisihkan.
  • Untuk Lapisan Cream Cheese: kocok semua bahan sampai lembut.
  • Adonan akan terlihat agak cair, kalau mau bisa menambahkan 2 sdm tepung terigu supaya adonannya sedikit mengental dan lebih kokoh.
  • Tuang adonan ini di atas adonan Lapisan Coklat
  • Panggang di dalam oven selama 45 menit dengan suhu 180 derajat

Adaptasi resep dari Hera Rulita

Catatanku:

  • Lapisan coklatnya tidak terlalu manis, rasanya oke banget dicampur dengan lapisan cheesenya. Permukaan cheese buatanku tidak kering, malah cenderung basah sehingga mengeluarkannya dari loyang tidak bisa dibalik seperti layaknya mengeluarkan biasa. Caranya aku melebihkan kertas roti di sisi pinggir, sehingga aku keluarkan dengan cara kertasnya itu dipegang trus diangkat.
  • Kalau terlihat ada warna coklat diantara cheese, itu maksudku mau dibuat marble. Tapi apalah daya, ketika sudah dituangkan, kok ya lapisan coklatnya susah bener mau dibuat pola-pola marblenya … jadilah Cream Cheese Brownies Bercak Coklat … hahaha

Walaupun Cream cheesenya pakai yang light, tapi rasa kejunya tetap berasa banget … Mungkin kalau pakai Home Made Cream Cheese juga bisa tuh! Kalau ada yang sudah pernah coba, please share yaa…

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: